Drone Militer Elang Hitam Buatan Indonesia Paling Canggih

Drone Militer Elang Hitam Buatan Indonesia Paling Canggih

Indonesia saat ini sudah memiliki Drone militer canggih yang bernama Elang Hitam. Hasil karya anak bangsa ini merupakan hasil kerjasama antara 6 lembaga dengan PT Dirgantara Indonesia. Drone ini berjenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) yang akan digunakan oleh TNI Angkatan Udara.

Pada awalnya pengembangan drone ini dimulai sejak tahun 2015 yang melibatkan Ditjen Pothan Kemhan, PT Dirgantara Indonesia, TNI, BPPT, dan ITB. Pada proses pengembangan tersebut telah disepakati bahwa Drone ini nantinya akan digunakan dan dioperasikan oleh TNI AU.

Umumnya, Drone yang diketahui oleh banyak orang memiliki ukuran minimalis, dengan tambahan kamera untuk memantau dari ketinggian pada saat diterbangkan.

Sedangkan Drone buatan Indonesia yang bernama Elang Hitam ini memiliki bentuk yang besar, sehingga lebih cocok dipanggil dengan pesawat tanpa awak. Tidak hanya sekedar untuk memata-matai, drone Elang Hitam telah dilengkapi dengan senjata karena akan digunakan untuk keperluan militer.

Kelebihan Drone Militer Elang Hitam Buatan Indonesia

Drone Militer Elang Hitam Buatan Indonesia

Meskipun buatan negara sendiri, kita tidak boleh meremehkannya. Karena kelebihan yang dimiliki oleh Drone Elang Hitam ini dapat bersaing dengan Drone buata negara lainnya. Berikut adalah ulasan mengenai kelebihannya.

1. Mampu Terbang Selama 30 Jam 

Drone Elang Hitam memang dirancang dengan desain yang super canggih. Keberadaannya memang bertujuan untuk membantu mengawasi keamanan Indonesia dari udara. Drone yang satu ini bisa take off dan landing sekitar 700 meter dan bisa terbang dengan ketinggian sekitar 20.000 feet

Kecepatan yang dimiliki oleh Drone Elang Hitam ini bisa sampai 235 km/jam denga lama terbang hingga 30 jam. Panjang dari Drone buatan Indonesia ini sekitar 8,3 meter dan sayapnya 16 meter

2. Memiliki Tugas Menjaga Keamanan

Drone Elang Hitam ini memiliki tugas yaitu untuk menjaga keamanan melalui udara. Dibekali kemampuan terbang selama 30 jam, membuat Drone ini bisa bekerja secara maksimal dalam menjalankan tugasnya. Tentunya penerbangan tanpa mengandalkan pilot ini sangat menguntungkan dan aktivitas pengawasan bisa lebih efisien. 

Hadirnya Drone Elang Hitam buatan Indonesia ini diharapkan mampu menjaga keamanan NKRI dari jalur udara. Kebutuhan akan pengawasan udara ini terus ditingkatkan karena adanya berbagai ancaman dari terorisme, penyelundupan, perbatasan, pencurian sumber daya alam, pembajakan, dan lainnya. 

3. Dapat Digunaka Sebagai Mata-Mata

Dengan memanfaatkan durasi terbang yang cukup lama, menjadikan Drone ini sebagai sistem pertahanan yang handal dan super canggih. Dimana Drone ini bisa digunakan sebagai mata-mata untuk mendukung proses pengawasan, penargetan, pengintaian, dan kegiatan intelijen.

Spesifikasi Drone Elang Hitam

Spesifikasi
Keterangan
Power Plant
-
Engine
4-Stroke Engine
Take Off Power
110-150 HP
Propeller
Two Blades
Aircraft Weight
-
Max Gross Take-off Weight
1115 kg
Empty Weight
575 kg
Max Payload Capacity
300 kg
Fuel Capacity
420 kg
Performance
-
Operational Radius
250 km (LOS)
Cruising altitude
3000-5000 m
Ceiling
7200 m
Maximum Endurance
Up to 30 h
Maximum Cruising Speed
700 m
Maximum Cruising Speed
235 km/h
Take-off Distance
700 m
Landing Distance
500 m
Aircraft Dimension
-
Length
8,30 m
Wingspan
16 m
Height

1,02 m

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama