Pengertian Light Pen dan Fungsinya

Pengertian Light Pen Pada Komputer dan Fungsinya

Pada artikel ini saya akan menjelaskan pengertian Light Pen beserta fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya yang biasa digunakan pada komputer atau laptop untuk melakukan desain grafis.

Pengertian Light Pen adalah perangkat keras komputer yang digunakan sebagai alat sensor layar sentuh untuk menggantikan fungsi tangan atau pointer (kursor) dengan tujuan untuk melakukan desain grafis.

Bentuk Light Pen sendiri menyerupai pena, pulpen atau pensil layaknya digunakan untuk menulis ataupun menggambar pada media kertas. Hanya saja media yang digunakan pada Light Pen adalah media yang memiliki sensitifitas terhadap sentuhan, seperti papan khusus desain grafis (digitizer) dan monitor Touchscreen.

Light pen dikategorikan sebagai input device (perangkat masukan) karena memasukan sebuah perintah ke dalam komputer, sedangkan media layar untuk menampilkan hasilnya sebagai output device (perangkat keluaran).

Sensor yang dimiliki Light Pen dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer dan kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Fungsi Light Pen

Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan melakukan desain gambar pada media screen monitor ataupun digitizer. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Cara Keja Light Pen

Cara menggunakan Light Pen adalah dengan menunjuk ujung alat ke layar monitor komputer yang peka terhadap cahaya, dengan begitu apabila Light Pen ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka sensor ektronik tersebut akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program dalam komputer.

Selain menggunakan layar pada monitor touchscreen, biasanya penggunaan Light Pen sering kali dilengkapi dengan papan gambar yang nantinya dihubungkan ke komputer melalui sebuah kabel. Setelah itu, apapun yang digambar pada papan gambar tersebut, akan ditampilkan pada layar monitor.

Kelebihan Light Pen:

1. Direct pointing device (kendali langsung di permukaan layar).

2. Tidak memerlukan koordinasi antara mata dengan tangan.

3. Pengguna dapat langsung mengubah atau memanipulasi apa yang tampak pada layar komputer.

4. Sangat berguna sebagai pointing dan positioning device.

Kekurangan Light Pen:

1. Saat menggunakan Light Pen, sebagian layar tertutup oleh tangan.

2. Physical Fatigue (kelelahan) atau melelahkan tangan.

3. Tangan jauh dari keyboad.

4. Light Pen harus di angkat.

5. Light Pen dapat mengganggu layar.

6. Gampang rusak atau patah.

7. Mudah Hilang

Akhir Kata

Nah itu dia penjelasan mengenai pengertian Light Pen, beserta fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama