Mengenal Apa itu RAM Quad Channel dan Kelebihannya

Pengertian RAM Quad Channel

Pasti diantara kamu ada yang pernah denger istilah Quad Channel dalam komputer, sampai akhirnya kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa itu RAM Quad Channel? Seberapa pentingkah dalam komputer?

Nah pada artikel ini saya akan menjelaskannya secara detail mulai dari pengertian RAM Quad Channel, kelebihan menggunakan RAM Quad Channel, hingga cara memasang RAM Quad Channel.

Apa itu RAM Quad Channel?

RAM Quad Channel adalah sebuah komputer yang memiliki 4 Slot RAM pada perangkat keras motherboard yang dipasangkan 4 keping RAM. Jadi, setiap slot terisi 1 keping RAM.

RAM Quad Channel pada komputer beroperasi secara bersamaan dalam mengolah sistem dan pemrosesan data pada komputer, sehingga hal itu yang membuatnya bekerja lebih cepat dibandingkan hanya menggunakan sekeping atau dua keping RAM saja.

Istilah RAM quad channel atau komputer yang menggunakan 4 keping RAM (Random Access Memory) memang jarang sekali terdengar secara umum.

Hal itu dikarenakan orang yang menggunakan komputer quad channel masuk dalam kategori pengguna kelas atas dengan kebutuhan yang berat-berat seperti merender video, design 3Ganimatorgaming dan lain sebagainya.

Bayangkan saja, untuk menggunakan RAM Quad Channel maka setidaknya kamu harus menyiapkan motherboard yang memiliki 4 slot RAM dan juga menyiapkan 4 keping RAM, dimana setiap kepingnya memiliki harga yang cukup mahal.

Tentunya tergantung dari kapasitas dan merk yang kamu dipilih.

Maka dari itu, komputer dengan 4 keping RAM ini jarang sekali digunakan dan tidak terlalu dikenal, sehingga kebanyakan pengguna komputer hanya menggunakan single channel dan dual channel saja yang dirasa sudah cukup memenuhi kebutuhan aktifitas penggunaan komputer yang tidak terlalu berat.

Cara Memasang RAM Quad Channel

Karena memiliki 4 Slot RAM, kamu bisa menggunakan kapasitasnya hingga 32GB RAM Quad Channel, yang artinya setiap slot diisi dengan 1 keping RAM Dengan kapasitas sebesar 4GB (4GBx4).

Tapi untuk memasang RAM Quad Channel, kamu tidak boleh sembarangan. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena nantinya bisa menyebabkan RAM tidak terbaca sampai kinerja RAM kurang maksimal.

Misalkan kamu memiliki RAM DDR3, maka jika ingin menggunakan RAM DDR3 Quad Channel, semua semuanya harus memiliki tipe yang sama.

Setelah memperhatikan tipe RAM, pastikan juga kamu sudah mengetahui jumlah maksimum kapasitas RAM yang bisa dibaca oleh motherboard.

Jika motherboard hanya sanggup membaca sampai 16 GB saja, maka ketika kamu menggunakan kapasitas RAM hingga 32 GB, hal itu akan sia-sia. Karena yang akan terbaca hanyalah kapasitas maksimumnya saja.

Selain itu ada juga frekuensi, latency, daya, kapasitas dan merknya yang harus sama. Tapi untuk masalah merk dan kapasitas, kamu bisa menggunakannya walaupun berbeda sekalipun.

Setelah memperhatikan semua aspek diatas, kamu bisa memasang RAM Quad Channel di komputer kamu dengan cara membongkar CPU (kesing komputer), lalu buka penjepit RAM pada motherboard, pasangkan RAM, lalu kencangkan RAM dengan penjepit sampai berbunyi "KLIK".

Kamu bisa melihat gambar dibawah ini mengenai penjepit RAM yang dimaksud.

Cara Memasang RAM Quad Channel

kelebihan RAM Quad Channel

Quad channel lebih baik dari dual channel, sedangkan dual channel lebih baik dari single channel. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan multi RAM jauh lebih baik dari pada menggunakan sekeping RAM saja.

Quad channel sendiri memiliki kelebihan dalam hal pemrosesan sistem dan data komputer sehingga membuat kinerjanya menjadi sangat cepat. Seperti melakukan kegiatan multitasking, yang membuat kamu bisa membuka banyak tab pada web browser ataupun membuka banyak program sekaligus tanpa takut komputer mengalami lag dan loading.

Apa 4 slot RAM pada motherboard bisa dipasangkan Dual Channel

Seandainya motherboard memiliki 4 slot RAM, sedangkan kamu hanya memiliki 2 keping RAM saja, tentunya kamu tetap bisa memasangnya. Itu artinya komputer kamu akan menggunakan Dual Channel.

Bahkan dipasangkan satu keping RAM pun tidak masalah, Itu artinya komputer kamu akan menggunakan Single Channel.

Motherboard yang mendukung Quad Channel memiliki slot RAM dengan 2 warna yang berbeda, misalkan warna merah dan biru.

Jika ingin memasang dual channel saja, maka pasangkanlah RAM pada slot dengan warna yang sama.

Jangan sampai memasangnya pada warna yang berbeda, karena nantinya akan terbaca hanya single channel.

Cara Memasang RAM Yang Benar

Kesimpulan

Meskipun quad channel masuk dalam kategori pengguna kelas atas, tapi saya rasa semua orang berhak menggunakannya sekalipun bukan orang-orang kelas atas yang memiliki banyak uang.

Dengan catatan, orang tersebut benar-benar membutuhkannya. Seperti untuk membuka program-program komputer yang banyak memakan RAM. Karena kalo untuk sekedar pamer atau terlihat keren saja, akan sangat mubazir banget.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu RAM Quad Channel pada komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan mengenai jumlah RAM yang dapat dipasangkan pada komputer.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama