Cara Membuat Menu dan Sub Menu di WordPress

Cara Membuat Menu dan Sub Menu di WordPress

Taukah kamu cara membuat menu dan sub menu di WordPress sangatlah mudah, dibandingkan dengan platform pesaingnya yaitu blogger.com, yang mengharuskan kita mengoding terlebih dahulu untuk membuatnya.

Nah untuk membuat menu di WordPress, kita tidak butuh mengoding. Hanya klik-klik saja, kita sudah bisa membuatnya. Hal itu dikarenakan sudah menjadi kelebihan dari WordPress yang diyakini oleh banyak orang sebagai CMS terbaik dan paling mudah digunakan dalam urusan membuat atau mengelola Website.

WordPress adalah platform multifungsi yang digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Mulai dari company profile, portofolio hingga toko online.

Dalam proses pengelolaannya, terdapat sebuah dashboard yang digunakan untuk melakukan berbagai macam pengaturan pada website. Mulai dari membuat artikel, menginstall plugin, hingga membuat menu di WordPress.

Sebagai bentuk navigasi atau peta situs, kamu dapat mengarahkan pengunjung ke seluruh halaman website. Sehingga memungkinkan beberapa artikel yang sudah kamu buat dapat dibaca oleh orang yang ingin mengetahuinya walaupun tidak mencarinya.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat topik apa saja yang dibahas pada Website, yang membuatnya betah berlama-lama karena tertarik membaca setiap kategori artikel yang kita tampilkan melalui navigasi menu.

Cara Membuat Menu di WordPress

Untuk membuat menu di WordPress, pastikan semua artikel telah dimasukan ke dalam kategori artikel. Hal ini bertujuan agar setiap artikel dikelompokan berdasarkan pembahasannya dan kategori tersebutlah yang akan digunakan nantinya untuk membuat menu di WordPress.

Untuk masalah tema, kamu bebas menggunakan yang mana saja. Mungkin yang berbeda hanya masalah tampilannya saja.

Untuk cara membuatny, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Masuk ke Dashboard WordPress (namadomain.com/wp-admin)

2. Pilih Appearance >Menus.

3. Buat menu terlebih dahulu dengan cara klik Create a New Menu.

Cara Membuat Menu di WordPress

4. Masukan nama menu > ceklis kotak Primary Menu > pilih Create Menu

Langkah-Langkah Membuat Menu di WordPress

Sampai sini menu WordPress telah dibuat, kita hanya perlu mengisinya saja agar bisa menampilkannya dihalaman website. Oke lanjut.

5. Pilih menu Categories > View All pilih kategori yang ingin ditampilkan pada menu > pilih Add to Menu.

Kalo sudah, save menu.

Cara Menambahkan Menu di WordPress

Setelah mengikuti cara ini, kamu sudah berhasil membuat menu di WordPress dan akan tampil di halaman website secara otomatis. Untuk mengatur urutan atau posisi menu, tinggal geser aja kategori postingan ke atas atau kebawah.

Berhasil Menambahkan Menu di WordPress

Kalo menunya gak tampil gimana?

Setelah mengikuti cara diatas namun menu tidak tampil, gak perlu khawatir.

Masih ditempat yang sama, kamu pergi ke Manage Location, pada primary menu, pilih menu yang sudah dibuat tadi. Pada artikel ini, menu yang telah dibuat bernama "Menu Utama."

Cara Membuat Menu Dari Halaman Pages di WordPress

Selain menggunakan kategori postingan, kamu juga bisa menggunakan halaman Pages atau halaman statis. Dimana menu pada halaman Pages ini berfungsi sebagai informasi tambahan saja.

Misalkan membuat halaman disclaimer, halaman produk dan lain sebagainya.

Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu masuk ke Appearance > Menus. Karena sebelumnya kita sudah membuat menu, maka tinggal masukan saja halaman Pages dengan cara menceklis kotak-nya dan pilih Add to Menu.

Jangan lupa, kalo sudah klik save menu.

Cara Membuat Menu Dari Halaman Pages di WordPress

Cara Membuat Link di Menu WordPress

Kalo kamu ingin membuat menu di WordPress yang mengarah ke suatu halaman berdasarkan link yang sudah ditentukan sebelumnya, kamu bisa melakukan kustomisasi link.

Caranya sama seperti sebelumnya, pada halaman Menus pilih Custom Link. Lalu Masukan URL dan isi nama menu, setelah itu pilih Add to Menu.

Seperti biasa, save menu jika sudah.

Cara Membuat Link di Menu WordPress

Cara Membuat Sub Menu (Menu Dropdown) di WordPress

Untuk menghindari banyaknya menu yang tampil di halaman website, kita perlu mengelompokan lagi menu-menu yang sudah ada sebelumnya agar lebih rapih.

Perhatikan struktur menu WordPress yang telah dibuat sebelumnya, hasilnya cukup berantakan karena terlalu banyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa membuat Sub Menu atau menu dropdown, yang ketika diklik akan menampilkan menu lainnya. Sehingga menu yang tampil terlihat lebih sedikit dan rapih.

Berikut adalah langkah-langkah membuat Sub Menu di WordPress.

1. Buatlah sebuah menu custom Link seperti cara diatas.

2. Silahkan masukan nama menu dan pada bagian URL, isi dengan simbol #. Hal ini dilakukan agar menu tersebut tidak memiliki tujuan ketika di klik.

Kemudian klik Add to Menu.

3. Tinggal kita masukan saja menu lainnya dibawah menu custom link tersebut.

4. Atur posisi menu lainnya dengan cara menariknya sedikit lebih ke dalam atau ke arah kanan, tinggal geser aja.

Berikut adalah gambarannya,

Cara Membuat Sub Menu di WordPress

Sederhananya, apabila ingin membuat sub menu di WordPress, jangan sejajarkan posisi menu-menu tersebut.

Setelah disimpan, hasilnya akan seperti ini:

Contoh Hasil Membuat Sub Menu di WordPress

Bagaimana? sedikit lebih rapih bukan?

Itulah salah satu manfaat menggunakan Sub Menu, terlebih lagi apabila kamu memiliki berbagai banyak topik yang dibahas dan banyak informasi yang ingin kamu tampilkan.

Dengan begitu website kamu bisa memuat banyak informasi, terlihat lebih rapih dan clean, sekaligus hemat tempat.

Kesimpulan

Dengan mengikuti cara ini kamu sudah mengerti bagaimana cara membuat menu di WordPress dan mengatur tata letaknya dengan cara drag and drop saja yang pastinya sangat praktis.

Setiap tema WordPress memiliki tampilan yang berbeda, namun untuk masalah pengelolaan menu, mulai dari membuat, mengedit dan menghapus tetap melalui Appearance > Customize.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama