Cara Menyimpan File di Google Drive

Cara Menyimpan File di Google Drive

Menyimpan file di Google Drive merupakan cara cerdas untuk mengamankan data dari kehilangan yang tak terduga.

Baik di komputer, laptop atau hp, semua file yang tersimpan dapat menghilang sewaktu-waktu tanpa kamu sadari.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari kerusakan perangkat itu sendiri, terhapus oleh virus, akibat reset sistem sampai ketidaksengajaan yang sering kali terjadi.

Oleh karena itu, penting sekali menggunakan media penyimpanan online sebagai alternatif seperti Google Drive ini.

Google Drive sendiri merupakan sistem cloud yang dikelola oleh Google sebagai media penyimpanan digital secara online. Hanya dengan terhubung ke internet, kamu dapat mengamankan berbagai macam file.

Dengan kapasitas sebesar 15 GB yang diberikan secara gratis pada akun gmail, kamu bisa meng-upload banyak file di Google Drive. Mulai dari foto, video, hingga dokumen Microsoft Office dengan berbagai format seperti docx, ppt, dan xlsx.

Salah satu kelebihan ketika menyimpan file di Google Drive adalah kamu bisa berbagi file hanya menggunakan link yang bisa diakses oleh semua orang, tentunya dengan izin yang kamu berikan terlebih dahulu.

Dari kelebihan tersebut, sering dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan secara bersamaan. Dimana kamu dan beberapa orang lainnya bisa mengedit dan menulis secara bersamaan hanya menggunakan 1 file saja.

Hal itu bisa dilakukan karena Google Drive juga terintegrasikan dengan Google Dokumen yang cara kerjanya mirip sekali dengan Microsoft Office. Mereka memberinya nama Google Docs, Google Sheets dan Google Slides.

Jika sewaktu-waktu membutuhkannya, kamu bisa menyimpannya ke media fisik dengan cara download file di Google Drive itu lagi.

Penasaran bagaimana cara menggunakan Google Drive untuk menyimpan berbagai macam file? Berikut adalah ulasannya.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Kamu hanya perlu mengupload file ke Google Drive untuk melakukan penyimpanan, bisa dilakukan melalui komputer, laptop atau hp android.

Apabila ingin lebih mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan perangkat dengan layar monitor yang lebar. Jika ingin lebih praktis, bisa menggunakan perangkat yang bisa dibawa kemanapun.

Tinggal disesuaikan saja ya, ingin menyimpan file kamu yang ada di perangkat yang mana.

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Komputer atau Laptop

Sebelum dimulai, pastikan kamu sudah login ke akun gmail kamu dan sudah memiliki file-file yang ingin kamu simpan di Google Drive. Untuk caranya, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka Goole Drive melalui web browser favorit kamu.

2. Setelah itu, klik kanan pada halaman kosong dan pilih upload file.

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Komputer atau Laptop


3. Pilih file yang ingin kamu upload ke Google Drive dan pilih open.

Disini saya akan mencontohkannya dengan file PDF.

Mengupload File PDF ke Google Drive

4. Jika sudah, tunggu sampai selesai. Kamu bisa melihatnya progressnya dibagian kanan bawah layar.

Proses Upload File ke Google Drive Lewat Komputer atau Laptop

Itu dia caranya, gampang bukan?

Selain cara diatas, ada cara lain yang paling gampang, yaitu tinggal drag & drop (tarik dan lepas) file ke halaman kosong yang ada di Google Drive.

Maka secara otomatis, file kamu akan tersimpan.

Cara Mengupload File ke Google Drive Dengan Cara Drag & Drop

Agar file yang tersimpan lebih tertata rapih, kamu bisa buat folder di Google Drive terlebih dahulu, layaknya membuat folder di Komputer yang bertujuan untuk mengkategorikan setiap file agar tidak berantakan.

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat HP Android

Kalo kamu malas menggunakan Komputer atau laptop, kamu bisa meng-upload file di Google Drive lewat hp Android, menggunakan aplikasinya secara langsung yang bisa kamu install di Playstore.

Apabila hp kamu iPhone, saya kurang yakin apakah cara ini bisa atau tidak. Tapi silahkan dicoba aja ya, sependek yang saya tau, seharusnya bisa-bisa aja sih.

Untuk caranya, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Install dan buka aplikasi Google Drive.

2. Pilih tombol plus (+) dan pilih upload.


Cara Mengupload File di Google Drive Lewat Hp Android
Pilih Upload Untuk Mulai Mengupload File di Google Drive Lewat HP

3. Selanjutnya pilih file yang ingin kamu upload.

Disini saya akan mencontohkannya dengan meng-upload foto.

Mengupload File Foto di Google Drive Lewat HP

5. Sampai sini kamu sudah berhasil mengupload file di Google Drive lewat hp, tinggal tunggu saja sampai progressnya selesai.

Peroses Upload File di Google Drive Lewat HP Selesai

Apakah Kapasitas Google Drive Bisa Ditambah?

Kapasitas 15GB adalah gratis pemberian dari Google untuk pemilik akun gmail. Apabila kamu masih merasa kurang, kamu bisa mengupgrade-nya dengan cara berlangganan setiap bulannya untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar.

Tapi untuk beberapa kasus, kamu juga bisa mendapatkan kapasitas yang lebih besar, yaitu 100GB.

Bonus kapasitas tersebut di dapatkan tergantung dari hp yang kamu gunakan, karena ada beberapa hp yang memberikan layanan tambahan berupa kapasitas Google Drive.

Apakah Menyimpan File di Google Drive Aman?

Sejauh saya menggunakan Google Drive, file yang tersimpan aman-aman saja dan sangat dimudahkan karena bisa berbagi dengan beberapa teman sekaligus dengan cepat.

Masalah aman atau tidaknya, saya pikir itu tergantung dari penggunaan kamu sendiri. Mulai dari pemakaian email yang jorok, menautkan email ke aplikasi yang tidak jelas dan pemberian hak akses file secara sembarangan ke orang lain, dapat menyebabkan data tidak aman.

Jika tidak terlalu berkepentingan, jangan memberikan izin akses ke siapapun. Kecuali memang teman dekat atau rekan kerja yang berada di dalam satu project yang sama.

Akhir Kata

Nah Itu dia cara menyimpan dan mengupload file di Google Drive melalui beberapa perangkat yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah, selamat mencoba.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama