Daftar Game Yang Dilarang Pemerintah, Alasannya Aneh!

Situs Tryout Online SBMPTN dan UTBK Terbaik

Ternyata ada beberapa game yang dilarang oleh pemerintah di seluruh dunia. Alasan pelarangannya pun seringkali nyeleneh dan terkesan aneh. Hal ini tentu dapat kita cermati dan bandingkan bagaimana pemerintah Indonesia juga beberapa kali sempat melakukan hal yang sama.

Di negara kita, game seperti PUBG dan Free Fire pernah mendapat isu miring terkait pengharamannya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Meski tidak sampai jadi sebuah larangan, namun itu menjadikan para pecinta kedua game tersebut meradang.

Hal semacam ini pada dasarnya tidak hanya terjadi di sini saja. Beberapa negara lain di seluruh dunia pun juga memiliki catatan kasus terkait game yang di larang pemerintah. Berikut adalah daftar lengkapnya.

Game yang Dilarang Pemerintah

Setidaknya ada lima game yang bisa kami rangkum dengan persoalan pelarangan di sebuah negara, lengkap dengan alasannya.

1. Pokemon

Game Pokemon, Game Yang Dilarang Pemerintah

Pasti kamu sudah sering mendengar atau bahkan memainkan sebuah game yang menggunakan nama dan karakter dari serial animasi Pokemon.

Ini karena Pokemon merupakan sebuah franchise game yang sukses menghasilkan banyak sekali seri permainan di seluruh dunia.

Tingkat kepopuleran game Pokemon ternyata membawa ia masuk ke dalam daftar game yang dilarang oleh pemerintah. Adapun negara yang mengharamkan game ini adalah Kerajaan Arab Saudi.

Satu hal yang menjadi dasar dari pelarangan game Pokemon adalah terkait paham zionismenya.

Pemerintah Arab menganggap bahwa pertarungan yang ada di dalam game itu merupakan kegiatan adu domba hewan layaknya paham zionisme. Yang mana itu tidak sejalan dengan paham Islam.

2. The Darkness

Game The Darkness, Game Yang Dilarang Pemerintah

The Darkness menjadi salah satu game yang di larang oleh pemerintah Singapura. Alasan di balik peraturan tersebut adalah karena terlalu banyak adegan sadis dan mengerikan di dalamnya.

Bayangkan saja, untuk bisa memenangkan permainan, kamu harus melakukan aksi pembunuhan. Di mana cara yang dapat kamu gunakan adalah dengan mencabik, menusuk, menembak, atau menggabungkan ketiga metode tersebut. Kesemuanya menampilkan bagian-bagian efek gore yang sangat tidak manusiawi.

Dengan alasan itulah, Singapura kemudian menjadikan The Darkness sebagai game yang dilarang oleh pemerintah. Adapun yang menjadi aneh adalah, ternyata pelarangan tersebut hanya berlaku untuk game The Darkness versi Xbox 360. Sementara yang ada di PlayStation 3 tidak mendapat larangan.

3. PUBG Mobile: Game yang Dilarang di Indonesia

PUGB Mobile, Game Yang Dilarang Pemerintah

PUBG Mobile adalah salah satu game bergenre fps yang sangat populer di negeri kita ini. Bahkan berkali-kali bisa menorehkan kebanggaan lewat prestasi e-sportnya di kancah dunia. Meski begitu, ternyata ada saja respon buruk terhadap game ini.

Pemerintah Provinsi Aceh sempat mengharamkan PUBG Mobile. Alasannya adalah karena tidak sesuai dengan syariat Islam.

4. EA Sports MMA

EA Sports MMA, Game Yang Dilarang Pemerintah

Jika ketiga game sebelumnya mendapat larangan karena ada bagian dalam game yang tidak sesuai. Ternyata ada juga game yang di larang dengan alasan lain dan ini bakal membuat kamu geleng-geleng kepala.

Pelakunya adalah pemerintah Denmark. Di sana EA Sports MMA tidak boleh kamu mainkan karena alasan ada iklan minuman energi di dalamnya. Jadi alasannya bukan karena unsur kekerasan yang ada dalam pertarungan game.

Harus kamu ketahui, bahwa Denmark adalah salah satu negara yang melarang adanya iklan minuman energi. Alasannya jelas, karena terkait kesehatan dan obesitas.

5. Mortal Kombat 11

Mortal Kombat 11, Game Yang Dilarang Pemerintah.

Daftar game yang di larang terakhir yakni Mortal Kombat 11. Khusus seri game yang satu ini, Mortal Kombat banyak mendapat kecaman dari banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Adapun negara lain yang melarang Mortal Kombat 11 seperti Jepang, China, hingga Ukraina.

Tidak ada yang salah dari Mortal Kombat 10 atau seri sebelumnya. Tapi khusus untuk seri 11 ini, bahkan kamu tidak akan bisa mengaksesnya melalui platform apapun.

Alasannya adalah karena terdapat simbol palu arit di dalam game. Banyak negara menganggap bahwa Mortal Kombat 11 mempromosikan paham komunisme.

Meski simbol tersebut hanya menempel pada pakaian dari salah satu karakter yang ada di dalam Mortal Kombat 11 saja.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama