Skip to main content

Mathematics Anxiety, Phobia Terhadap Matematika

Mathematics Anxiety, Phobia Matematika

Bagi orang yang menyukai matematika, mereka dapat menemukan hal-hal yang mengasyikkan saat mempelajari matematika. Namun, ada sebagian orang yang tidak menyukai matematika juga karena dianggap cukup sulit untuk dipahami.

Memiliki rasa takut terhadap matematika memang boleh-boleh saja dan dapat dimaklumi, mengingat masalah menghitung bukanlah hal yang mudah. Tapi jika terlalu berlebihan, dikhawatirkan akan menimbulkan phobia terhadap matematika atau dikenal juga dengan istilah Mathematics Anxiety.

Apa Itu Mathematics Anxiety?

Pengertian Mathematics Anxiety

Mathematic Anxiety adalah sebuah gangguan psikologis dimana seorang penderitanya mengalami rasa tegang, takut, dan cemas ketika melihat sesuatu yang berkaitan dengan matematika.

Apa Gejala Mathematics Anxiety?

Gejala orang yang mengidap penyakit mathematics anxiety yaitu ketika melihat hal-hal yang berkaitan dengan matematika timbul perasaan takut, kepala terasa nyeri, terkena serangan panik, bahkan menyebabkan mual.

Apa Penyebab Mathematics Anxiety?

Rasa takut terhadap matematika ini bisa terjadi karena ada pengalaman buruk yang terjadi di masa lalu dalam pelajaran matematika. Phobia ini juga dapat disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran matematika dan kurangnya latihan soal-soal matematika.

Bagaimana Cara Mengatasi Mathematics Anxiety?

Untuk mengatasi phobia yang satu ini kamu perlu menerapkan cara berikut. Antara lain:

  1. Latihan pernapasan.
  2. Menanamkan pemahaman bahwa matematika itu mudah dipahami.
  3. Berlatih mengerjakan soal matematika.
  4. Menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Memberanikan diri untuk mengajukan pertanyaan saat pembelajaran matematika berlangsung.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa takut matematika secara berlebihan tidaklah baik. Jangan sampai karena phobia matematika, membuat kamu mengalami kesulitan ketika menghitung angka-angka yang sederhana.

Apabila telah diajarkan masih kurang bisa dan tidak mengerti, kamu bisa minta tolong teman, orang terdekat atau bahkan guru untuk mengajari kamu dengan cara yang lebih mudah kamu pahami.

Untuk guru, biasanya mereka akan menawarkan atau peka terhadap anak yang kurang bisa terhadap suatu pelajaran, khususnya matematika dan biasanya guru menawarkan diri untuk memberikan jam tambahan khusus untuk belajar.

Demikian penjelasan mengenai phobia matematika atau biasa disebut dengan Mathematics Anxiety, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->