Skip to main content

Atelophobia, Takut Terhadap Ketidaksempurnaan

Pengertian Atelophobia, Takut Terhadap Ketidaksempurnaan

Atelophobia merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, 'atelo' yang berarti tidak sempurna, sedangkan 'phobia' yang berarti takut. Jadi, Athelophobia adalah ketakutan pada ketidaksempurnaan.

Atelophobia sering disebut sebagai perfeksionisme yang ekstrem.

Dr. Gail Saltz, Profesor Psikiatri di Rumah Sakit Presbyterian New York, Weill-Cornell Medical College, menjelaskan bahwa Atelophobia lebih dari sekadar perfeksionisme, melainkan rasa ketakutan irasional sejati untuk membuat kesalahan.

Mereka juga terobsesi dengan kesalahan yang mereka buat, atau membayangkan kesalahan yang bisa mereka buat.

Pikiran ini dapat menyebabkan mereka mengalami kecemasan yang luar biasa, membuat mereka merasa panik, mual, sesak napas, pusing, atau mengalami detak jantung yang cepat.

Penyebab Atelophobia

Penyebab dan Ciri-Ciri Atelophobia

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan adanya Atelophobia, yakni salah satunya faktor biologis genetika atau keturunan. Penyebab lainnya adalah trauma atau pengalaman hidup seseorang.

Boduryan-Turner juga mengatakan bahwa perfeksionisme adalah kepribadian yang diperkuat dengan lingkungan, selain dari pengalaman.

Ciri-Ciri Penderita Atelophobia

Nurani Ruhendi Putri, M. Psi, Psikolog Klinis Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta mengatakan bahwa, Atelophobia muncul ketika seseorang dihadapkan pada stimulus yang membuatnya cemas.

Atelophobia disebutkan fobia yang spesifik, karena stimulusnya merupakan hal yang spesifik. Dalam hal ini ketidaksempurnaan yang membuat dia merasa cemas atau takut.

Salah satu ciri-ciri seseorang yang mengidap Atelophobia di antaranya:

  1. Takut untuk berbuat kesalahan
  2. Selalu berupaya untuk sempurna
  3. Menghindari situasi yang memungkinkan dirinya untuk berbuat salah.
  4. Gejala fisik yang ditimbulkan dapat berupa serangan panik seperti kesulitan bernapas atau susah bergerak.

Bona Sardo Hutahaean, M. Psi, Psikolog Klinis mengatakan dampak yang ditimbulkan dari Atelophobia yang dibiarkan secara terus menerus, akan menyebabkan si penderita mengalami kecemasan yang berlebih pada hidupnya hingga takut untuk melakukan berbagai hal.

Untuk itu, kita perlu mengatasi Atelophobia. Yakni di antaranya:

  1. Memberanikan diri untuk melawan stimulus penyebab ketakutannya dan meyakinkan diri bahwa ketidaksempurnaan adalah sesuatu yang wajar karena setiap manusia memiliki keterbatasan.
  2. Dengan psikoterapi, pengobatan, dan perubahan gaya hidup.
  3. Konseling Psikolog.

Sampai sini dapat disimpulkan bahwa setiap manusia tentunya tidak bisa menjadi sempurna seutuhnya, selalu merasa ada yang kurang pada dirinya. Tapi percayalah, dengan bersyukur, manusia bisa menjadi pribadi yang paling sempurna untuk dirinya sendiri.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->