Pengertian Login Dalam Internet Dan Fungsinya

Pengertian Login Dalam Internet Dan Fungsinya

Sering kali kita menemukan istilah Login di berbagai tempat ketika sedang menggunakan internet. Entah itu sosial media, aplikasi, game ataupun website.

Login sendiri merupakan pemberian hak akses ketika ingin menggunakan suatu layanan secara online, setelah melakukan pendaftaran akun dengan cara membuat username dan password.

Pendaftaran ini berfungsi untuk menyimpan data Login kita, sehingga sistem dapat mengenali dan memberikan izin untuk menggunakan layanannya.

Berikut adalah contoh Login yang paling sederhana :

  1. Ketika ingin membuka email, kita harus Login terlebih dahulu untuk masuk.
  2. Ketika ingin update status di Facebook, kita perlu Login.
  3. Ketika ingin menggunakan aplikasi atau game seperti Mobile Legend, PUBG dan Free Fire, kita perlu Login untuk bisa memainkannya.

Tanpa Login, beberapa layanan tidak bisa digunakan dan kita tidak memiliki keterikatan terhadap apapun, seperti hanya sebatas menggunakan tanpa bisa memiliki. Yah kurang lebih seperti mencintai diam-diam, dekat tapi tidak jadian.

Keberadaan halaman Login ini sangatlah penting, karena berfungsi sebagai pintu akses untuk melakukan verifikasi data, sebelum masuk menuju sistem atau layanan online.

Bisa juga bertujuan untuk menyatakan suatu kepemilikan atau keanggotaan pada layanan tertentu, nantinya sistem akan mengetahui dan mengizinkan kita untuk mengaksesnya.

Lalu, seberapa pentingkah Login dalam internet? kenapa harus ada Login? dan apa itu Login? berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Login

Login adalah proses masuk ke suatu sistem dengan memasukan data seperti username, emaiil dan password yang sebelumnya data tersebut sudah tersimpan ke dalam database.

Sehingga ketika memasukan data seperti username dan password, sistem dapat mengenali dan mempersilahkan pengguna (user) untuk masuk. Sistem yang dimaksud adalah sistem pada website, aplikasi, game, sosial media dan lain sebagainya yang di dalamnya terdapat fitur Login.

Agar bisa melakukan Login, kamu perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Walaupun begitu, masih banyak layanan yang mengizinkan pengguna untuk melakukan Login tanpa harus mendaftar akun terlebih dahulu.

Hal ini disebabkan karena seiring perkembangan teknologi, cara untuk Login sudah sangat bervariatif, tidak perlu mengisi formulir yang terkesan cukup ribet. Mulai dari menggunakan email, nomor hp atau bahkan sosial media, kamu sudah bisa melakukan Login.

Jadi sederhananya, Login adalah tindakan masuk atau proses masuk ke suatu sistem.

Meskipun begitu, Login bukanlah satu-satunya istilah yang digunakan untuk melakukan tindakan masuk. Ada juga istilah lain dengan arti yang sama, yaitu Sign In.

Perbedaan Login dan Sign In terletak pada penggunaannya saja, artinya tetap sama. Tergantung dari si pemilik sistem, apakah ingin menggunakan kata Login atau Sign in.

Arti Kata Login Berdasarkan Penggunaannya

Terdapat juga arti Login dalam bahasa gaul dan arti Login dalam meme yang sering kali ditemukan di sosial media seperti Facebook, dimana arti Login tersebut merujuk pada istilah Absen, Hadir atau Bergabung pada suatu diskusi, obrolan, suatu postingan atau penanda bahwa orang tersebut akan masuk ke dalam game.

Kesimpulan

Kesimpulannya, dalam bahasa gaul Login memiliki konteks ke arah absen atau menghadiri. Sedangkan secara umum, artinya adalah masuk.

Nah itu dia pengertian Login dalam internet yang dapat ditemui diberbagai aplikasi, game atau website, semoga bermanfaat dan penjelasannya dapat dipahami dengan mudah.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama