Perbedaan Log in dan Sign in Dalam internet

Perbedaan Log in dan Sign in Dalam internet

Apa sih perbedaan Login dan Sign in? kok sering banget ya lihat istilah tersebut dalam internet, entah itu saat menggunakan aplikasi, di dalam game ataupun saat mengunjungi website.

Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya-tanya mengenai perbedaan Login dan Sign inBegitupun dengan saya, beberapa kali sempat bertanya-tanya ketika melihat kedua istilah tersebut digunakan ditempat yang berbeda. Namun pada akhirnya tujuannya sama saja, yaitu sama-sama digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi, sistem atau layanan online.

Sampai akhirnya saya berpendapat, baik menggunakan Login ataupun Sign in, tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap suatu sistem. Mungkin juga suka-suka si pemilik aja gitu, ingin menggunakan yang mana untuk proses masuknya.

Atau bisa juga hanya sebatas variasi atau mungkin juga ada seni tersendiri bagi si developer (si pembuat sistem), ketika menggunakan salah satu istilah Login dan Sign in.

Jadi kesimpulannya, Login maupun Sign in memiliki arti, tujuan dan fungsi yang sama, yaitu untuk melakukan proses masuk. Jika tertarik, kamu bisa baca artikel mengenai pengertian Login dalam internet dan fungsinya.

Perbedaan Login dan Sign in Dalam Internet

Meskipun secara umum maknanya sama, namun tentu saja terdapat perbedaan antara Login dan Sign in. Jika tidak, untuk apa istilah tersebut ada kan?

Yah walaupun tidak terlalu berpengaruh banget sih, tapi setidaknya kamu memiliki gambaran mengenai sedikit perbedaan dari kedua kata tersebut.

Nah mau tau apa aja bedanya? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Perbedaan Login dan Sign in Dari Segi Penggunaan

Salah satu alasan kenapa terdapat perbedaan antara Login dan Sign in adalah untuk menghindari kesalahan yang terjadi pada user ketika ingin masuk ke dalam sistem atau aplikasi.

Karena terdapat kata Sign up yang digunakan untuk mendaftar, sedangkan Sign in untuk masuk. Kedua kata tersebut sangatlah mirip, jika digunakan secara bersamaan, tentunya butuh waktu bagi user untuk membaca dan menyadarinya.

Maka dari itu, sebagai pembeda maka digunakanlah kata Login.

Penyebutan yang benarpun sebenarnya "Log in", tapi cenderung banyak yang menerapkannya digabung menjadi "Login".

Dan seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, suka-suka developer-nya aja.

Salah satu aplikasi yang menerapkan kata Sign in dan Sign up secara berdampingan adalah aplikasi Zoom. Buat mereka yang tidak terbiasa, mungkin ada beberapa kali kejadian salah mengklik, yang awalnya niat ingin masuk, ternyata mengklik halaman mendaftar.

Penggunaan Sign in Pada Aplikasi Zoom

2. Perbedaan Login dan Sign in Dari Segi Penyebutan

Sign in adalah proses masuk pertama kali ke suatu sistem dengan cara mengetikan username dan password setelah melakukan Sign up (daftar).

Setelah berhasil untuk pertama kalinya masuk ke suatu sistem, lalu keluar dan masuk kembali ke sistem tersebut, maka tindakan tersebut dikenal dengan sebutan Login.

Meskipun pada saat proses masuknya, tombol masuknya menggunakan kata "Sign in" dan bagaimanapun juga, kata Login lebih familiar terdengar di telinga.

Sedangkan Pengertian Login sendiri adalah proses masuk ke suatu sistem secara berulang-ulang tanpa harus melakukan Sign up terlebih dahulu untuk masuk ke suatu sistem.

Yang artinya, akun kamu sudah tersimpan ke dalam database sistem. Jadi untuk masuk dan keluar sistem secara terus menerus, tinggal Login saja dengan memasukan informasi akun seperti username dan password.

Kamu bisa keluar masuk ke dalam sistem aplikasi sesuka kamu, karena informasi akun kamu sudah terverifikasi dan dinyatakan sebagai pemilik atau tanda keanggotaan.

Salah satu contohnya, ketika kamu keluar masuk ke akun Facebook, itu bisa disebut dengan Login.

Contoh Penggunaan Login Pada Facebook

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan Login dan Sign in dalam internet, intinya mau digunakan seperti apapun dan digunakan dimanapun, Login dan Sign in akan tetap memiliki arti sebagai "Proses Masuk" pada suatu sistem.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama