Cara Membuat Galeri Tab Gambar di Elementor

Cara Membuat Galeri Tab Gambar di Elementor

Mungkin membuat galeri gambar menggunakan plugin Elementor di WordPress sudah terlalu biasa, hanya menampilkan sedertan gambar dalam bentuk grid dan terkesan biasa saja.

Tapi pernah kah kamu mencoba membuat galeri tab gambar di Elementor? Jika belum, cobain deh. Mungkin akan membuatmu lebih tertarik membuat galeri gambar dengan tampilan yang sedikit berbeda dari biasanya.

Seperti yang kebanyakan orang tau bahwa plugin Elementor adalah page builder pada WordPress yang digunakan untuk membuat custom halaman website dan menjadikan setiap bagiannya sesuai dengan keinginan kita.

Salah satu fitur yang membuat saya tertarik dan kagum dengan plugin Elementor ini adalah dapat membuat galeri tab gambar.

Apa itu Galeri Tab Gambar?

Galeri tab gambar adalah salah satu widget yang digunakan untuk menampilkan gambar berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Sederhananya, gambar yang ingin ditampilkan bisa difilter atau disesuaikan dengan mengklik tab menu yang tersedia.

Widget ini sangat membantu untuk menampilkan gambar-gambar hasil project, produk, dan sebagainya untuk keperluan portofolio.

Jika kamu penasaran seperti apa bentuknya, berikut adalah tampilannya.

Contoh Galeri Tab Gambar di Elementor

Dari segi tampilan memang terlihat sama seperti widget galeri pada umumnya, hanya saja terdapat tab menu yang menjadi kategori untuk menampilkan gambar ketika diklik.

Kalo kamu tertarik dan ingin mencoba membuatnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Membuat Galeri Tab Gambar di Elementor

Widget ini hanya tersedia di Elementor versi Pro saja. Maka dari itu, pastikan kamu telah memilikinya. Baik itu dengan cara mengupgradenya, membeli atau menggunakan hosting yang sudah memfasilitasinya.

Keuntungan menggunakan versi pro juga tentunya sudah jelas, dapat memenuhi kebutuhan kamu dalam membuat halaman website dengan berbagai tampilan menarik dan fungsi lainnya yang tidak kalah keren dengan website hasil kodingan.

Jadi istilah harus menguasai koding untuk membuat website dapat terbantahkan dengan WordPress dan bantuan dari plugin page builder seperti Elementor.

Nah. untuk membuat galeri tab gambar di Elementor, berikut adalah caranya.

1. Buat halaman baru dan edit dengan Elementor.

2. Cari widget Gallery dan seret ke dalam halaman.


Seret Widget Gallery di Elementor ke Halaman Website

3. Ubah bagian type menjadi Multiple.

4. Berikan judul untuk tab menu pada kolom title.

5. Lalu pilih gambar yang ingin dimasukan.

Settingan Galeri Tab Gambar

Sampai sini kamu telah berhasil membuat sebuah galeri gambar dengan satu tab menu di dalamnya. Untuk menambahkan tab menu lainnya, kamu bisa klik Add Item dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

Kamu juga bisa memilih layout dan jumlah kolom yang akan digunakan untuk menampilkan gambar.

Untuk beberapa pengaturan lainnya seperti pemilihan warna teks, posisi widget, jenis font dan lain sebagainya, kamu bisa mengeksplornya sendiri pada bagian style dan advanced.

Akhir Kata

Membuat galeri tab gambar di Elementor ini menurut saya sangat worth it sih untuk dipakai, apabila ingin membangun suatu website yang di dalamnya terdapat halaman untuk menampilkan gambar-gambar keren dari karya yang pernah kamu buat.

Sekian penjelasannya, semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama