Cara Membuat Halaman Login dan Register di WordPress

Cara Membuat Halaman Login dan Register di WordPress

Membuat halaman login dan register di WordPress, memungkinkan seseorang bisa mengakses dashboard WordPress untuk tujuan tertentu. Kebanyakan orang menggunakannya untuk membuat halaman member area di WordPress, sehingga menciptakan sistem membership pada websitenya. 

Entah itu untuk mengajak seseorang menjadi penulis tamu atau sekedar menjadi pengguna pada suatu website agar bisa melakukan pembelian dan pengecekan terhadap produk yang dibeli.

Meskipun dapat mengakses dashboard, orang yang mendaftar dapat kita batasi pergerakannya dengan memberikan peran yang tidak akan mengganggu bagian manajemen website nantinya.

Misalkan saya membuat halaman login dan register di WordPress untuk keperluan toko online, lalu saya membatasi status keanggotaan mereka hanya sebagai pembeli. Dengan kata lain, mereka hanya bisa melakukan pembelian, pengecekan status order, alamat pengiriman dan informasi lainnya terkait data diri.

Persiapan Membuat Halaman Login dan Register di WordPress

Karena disini saya mencontohkannya untuk keperluan toko online, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti:
  1. Plugin WooCommerce
  2. Plugin Ultimate Member

WooCommerce untuk menyediakan fitur dan halaman jual beli produk di website.

Sedangkan Ultimate Member untuk menyediakan fitur member area di WordPress mulai dari halaman user, login, register, logout, reset password dan sebagainya.

Cara Membuat Halaman Login dan Register di WordPress

Ada tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan sebelum membuat halaman login dan register di WordPress, mulai dari mengaktifkan izin pendaftaran akun baru, mengatur role user, menginstall plugin, setting plugin dan menampilkannya di website. Berikut adalah caranya.

#1 Mengaktifkan Izin Pendaftaran

Meskipun formulir pendaftaran member berhasil dibuat, tanpa adanya izin mendaftar, yang akan muncul hanyalah pesan penolakan seperti "User registration is currently not allowed", yang artinya pendaftaran tidak diizinkan.

Untuk mengaktifkannya, cukup pergi ke Setting > General. Lalu ceklis Anyone can register.

#2. Mengatur Role User

Role User adalah pemberian peran terhadap setiap pengguna yang terdaftar, dari sinilah kita bisa membatasi apapun yang bisa mereka lakukan nantinya.

Kamu bisa mengaturnya dilokasi yang sama seperti sebelumnya, yaitu dibagian Setting > General. Lalu pilih role Customer.

Bisa juga pilih Author kalo untuk kepentingan guest post. Jadi, yang mendaftar hanya bisa membuat artikel saja.

Cara Memberikan Izin Register dan Mengatur Role di WordPress

#3. Install Plugin Ultimate Member

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita akan dibantu oleh Plugin Ultimate Member untuk membuat halaman member area di WordPress secara otomatis.

Silahkan install dan aktifkan plugin Ultimate Member

Install Plugin Ultimate Membership

2. Pergi ke menu Pages > All Pages.

Disini kita hanya memastikan saja apakah halaman berikut ini ada, karena memang seharusnya ada secara otomatis setelah mengaktifkan plugin.

Cara Membuat Membership Dengan Plugin Ultimate Member

Tapi ada beberapa kasus, halaman tersebut tidak otomatis terbuat. Saya sendiri pernah mengalaminya. Untuk mengatasinya, akan saya buatkan artikelnya nanti.

4. Mengatur Halaman Member Area

Kita juga akan memastikan apakah halaman member area sudah terhubung dengan halaman yang sesuai.

Caranya pergi ke menu Ultimate Member > Setting.

Mengatur Halaman Member Area di WordPress

Secara default, semua halaman sudah terhubung dengan semestinya. Tapi kamu juga bisa mengganti dan memilih halaman mana yang ingin kamu gunakan.

Sebagai contoh, saya merasa halaman My Account yang dibuat oleh plugin Ultimate Member kurang cocok dengan website toko online yang saya buat. Karena tidak bisa mengecek status orderan dan alamat pengiriman.

Halaman My Account Ultimate Membership

Dan saya ingin mengganti halaman tersebut dengan halaman My Account milik plugin WooCommerce yang juga otomatis terbuat apabila sudah mengaktifkannya.

Halaman My Account WooCommerce

Disini kita cukup mengganti halamannya saja pada bagian setting plugin Ultimate Member.

Mengganti Halaman Ultimate Member

5. Menampilkan Tombol Login dan Register di Website.

Pada tahap ini kita hanya perlu menampilkannya saja di website agar bisa dilihat oleh semua orang. 

Kamu bisa menampilkannya menggunakan menu dengan cara pergi ke Appearance > Menus.

Selanjutnya buatlah sebuah menu yang berisi halaman member area yang dibutuhkan.

Cara Membuat Halaman Form Login dan Register Tampil di Website WordPress

Atau kalo kamu menggunakan page builder bawaan seperti yang ada pada tema Astra Pro, kamu bisa melakukannya dengan cara pergi ke menu Appearance > Customize.

Customize Tema WordPress

Pilih Header Builder.

Pilih Header Builder Pada Cutomize WordPress

Setelah itu tinggal kamu atur, apa saja yang ingin kamu tampilkan dibagian header.

Mengatur Tampilan Header Dengan Header Builder

Menampilkan Login, Register dan Logout di Website WordPress

Kalo terasa membingungkan dan sulit untuk menampilkan dibagian header, kamu bisa meletakannya di sidebar kok. Tinggal tambahkan saja widget dibagian sidebar.

Akhir Kata

Nah sampai sini kamu sudah berhasil membuat halaman member area di WordPress yang di dalamnya berisi form login, register, logout dan akun. Gampang banget kan? pastinya dong ya. 

Sekian penjelasannya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama