Skip to main content

Cara Membuat Folder Baru di Laptop atau Komputer

Cara Membuat Folder Baru di Laptop atau Komputer

Dengan cara membuat folder baru di laptop atau komputer, kamu bisa menyimpan berbagai file dengan rapih. Pasalnya, file yang berserakan tak beraturan sering kali terhapus karena ketidaksengajaan. Alih-alih ingin menghapus file yang dirasa tidak penting, malah file paling penting yang terhapus.

Kesel banget gak sih? pastinya hampir semua dari kita pernah mengalaminya ya kan?

Nah, selain mencegah file terhapus, salah satu manfaat membuat folder baru di laptop atau komputer adalah untuk mengelompokan setiap file yang kita punya berdasarkan jenisnya.

Misalkan kita punya file lagu, video, foto dan softcopy seperti PDF. File-file tersebut nantinya akan memiliki lokasinya masing-masing, sehingga tidak tercampur dan membuat kita bingung nantinya.

Sehingga dengan adanya folder, kamu tidak akan lupa lagi meletakan file dan dapat dengan mudah membedakan file mana yang pernah melakukan perubahan. Contohnya seperti berikut ini.

Cara Membuat Folder Baru di Laptop dan Komputer

Cara Membuat Folder Baru di Laptop atau Komputer

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat folder baru di laptop atau komputer, yaitu melalui layar desktop dan melalui file exploler. Kedua cara tersebut pada intinya sama saja, perbedaannya hanya terletak pada lokasi dibuatnya folder tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Membuat Folder Baru di Desktop Windows

Desktop adalah layar utama yang ditampilkan ketika laptop atau komputer baru saja dihidupkan dan terdapat beberapa shortcut/icon aplikasi yang sudah terinstall.

1. Pertama pergi ke halaman depan desktop.

2. Klik kanan mouse > New > Folder.

3. Apabila menggunakan laptop tanpa mouse, bisa klik kanan trackpad > New > Folder.

4. Berikan nama folder dan tekan tombol enter pada keyboard.

5. Selesai.

Cara Membuat Folder Baru di di Laptop dan Komputer Melalui Desktop

Cara Membuat Folder Baru di File Exploler

File exploler adalah tempat untuk mengelola file dan folder yang disimpan di dalam partisi harddisk. File exploler sendiri biasanya terdiri dari My Computer, Local Disk (C:) untuk menyimpan hasil installasi sistem dan Local Disk (D:) untuk menyimpan media.

Umumnya kita harus menyimpan berbagai macam media di Drive D:, karena ketika laptop atau komputer mengalami masalah pada sistem, partisi inilah yang bisa diselamatkan.

1. Masuk ke file exploler.

2. Masuk ke Local Disk yang kamu inginkan.

3. Klik kanan mouse > New > Folder.

4. Klik kanan trackpad > New > Folder apabila menggunakan laptop tanpa mouse.

5. Berikan nama folder dan tekan enter pada keyboard.

6. Selesai.

Cara Membuat Folder Baru di Laptop dan Komputer Melalui File Exploler

Akhir Kata

Kesimpulannya adalah dengan membuat folder, setiap file yang ingin kita simpan ke dalam laptop atau komputer menjadi lebih rapih dan tertata dengan baik. Sehingga meminimalisir kehilangan file karena tidak sengaja dan juga memudahkan kita mengingat lokasi file yang disimpan.

Sekian penjelasan pada artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->