Skip to main content

Cara Menghidupkan Komputer Beserta Gambarnya

Cara Menghidupkan Komputer Beserta Gambarnya

Mengetahui cara menghidupkan komputer dengan benar, merupakan ilmu paling dasar ketika ingin menggunakan sebuah komputer. Kamu bisa belajar secara otodidak ataupun membaca panduan cara menghidupkan komputer beserta gambarnya.

Meskipun hanya bagian dasarnya saja, hal ini sangat penting dipelajari. Karena bisa menjadi peluang besar untuk bisa bekerja dikantor yang umumnya membutuhkan keahlian sebuah komputer.

Mulai dari cara menyalakan komputer, kamu akan mengerti sedikit demi sedikit langkah-langkah mengoperasikan komputer dengan benar hingga mengenal bagian-bagiannya, seperti pengkabelan pada perangkat yang terpasang, sampai menjalankan aplikasi yang dibutuhkan.

Apa itu Komputer?

Sebagaimana yang dikutip oleh Wikipedia, komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Sedangkan komputer sendiri terdiri dari berbagai perangkat keras, seperti Monitor, CPU, Keyboard dan Mouse yang saling terhubung satu sama lain agar komputer dapat dioperasikan dengan baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, komputer dibuat untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Seperti membuat tugas, membuat laporan, menyimpan data dan mencari berbagai informasi secara digital melalui internet.

Meskipun cara menghidupkan komputer terdengar sangat mudah, namun untuk pemula pastinya akan ada perasaan takut karena khawatir akan terjadi kesalahan ketika nantinya ingin menggunakan komputer.

Cara Menghidupkan Komputer Dengan Benar

Umumnya cara menghidupkan komputer sangatlah mudah, cukup menekan tombol power pada CPU saja.

Namun sebelum itu, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan serta dilakukan secara bertahap untuk memastikan semua komponen komputer sudah berfungsi semestinya.

Mulai dari memeriksa arus listrik yang terhubung dengan komputer sampai memeriksa kelengkapan semua perangkat yang paling dibutuhkan untuk membuat komputer menyala.

Dengan mengikuti panduan langkah-langkah cara menghidupkan komputer yang baik dan benar, membuat komputer kamu bisa tahan lama digunakan untuk jangka panjang.

Nah, agar lebih jelas, berikut adalah tahapan-tahapan menyalakan komputer yang benar.

1. Menghubungkan Perangkat Komputer

Macam-Macam Port Komputer

Ada beberapa perangkat penting yang dibutuhkan oleh komputer agar bisa dioperasikan, mulai dari keyboard, mouse dan monitor. Ketiga perangkat tersebut wajib ada atau komputer tidak bisa digunakan meskipun menyala.

Kamu juga boleh menambahkan perangkat lain seperti speaker untuk mendengar musik dan printer untuk mencetak file-file penting.

Setelah memastikan semua perangkat tersedia, hubungkan perangkat tersebut ke bagian belakang CPU komputer dengan cara mencolokannya saja sesuai dengan port yang digunakan.

Misalnya Mouse dan Keyboard dihubungkan dengan port USB dan Monitor dihubungkan menggunakan Port HDMI atau VGA.

2. Menghubungkan Kabel Power ke Stop Kontak

Proses Booting Untuk Menghidupkan Komputer

Komputer memiliki yang namanya kabel power dan fungsinya adalah untuk mengalirkan arus listrik dari stop kontak. Kabel power harus tetap terhubung dengan stop kontak selama komputer digunakan.

Pada bagian belakang CPU, terdapat sebuah port untuk memasang kabel power. Umumnya berada di bawah, tapi bisa juga diatas tergantung dari model casing yang kamu gunakan.

Ciri khasnya memiliki lapisan kabel yang tebal, sedikit kaku dan panjang. Pada bagian konektornya, terdapat 3 port (lubang) dan sisi lainnya untuk menghubungkannya ke stop kontak atau stabilizer.

Setelah mencolokan kabel power ke CPU, selanjutnya hubungkan juga ke stop kontak atau stabilizer. Masih dibagian belakang CPU, terdapat tombol ON/OFF. Ubah posisinya menjadi ON.

Tombol ON OFF Untuk Menghidupkan Komputer

Agar tegangan arus listrik menjadi stabil, kamu perlu menggunakan yang namanya Stabilizer. Tidak menggunakannya pun tidak masalah, selama arus listrik ditempat kamu stabil, yah paling tidak satuan watt nya besar.

Karena arus listrik yang tidak stabil dapat memperpendek umur peralatan elektronik yang memiliki tegangan besar seperti komputer, maka dari itu Stabilizer sangat dibutuhkan.

Kabel power harus berada di posisi terakhir pemasangan setelah perangkat komputer lainnya, hal ini bertujuan agar kamu tidak kesetrum ketika menyentuh CPU komputer.

3. Menghidupkan Monitor dan CPU

Menghidupkan Komputer dan Monitor

Setelah memastikan kabel pada perangkat-perangkat komputer sudah terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah menghidupkan layar monitor dengan cara menekan tombol power yang umumnya terletak pada bagian depan atau belakang.

Posisi tombol power monitor ini berbeda-beda, untuk versi terbaru saat ini yang berbentuk LED, paling sering berada di bagian belakang. Ada juga yang berada dibagian depan monitor dan bagian sampingnya.

Setelah monitor menyala, sekarang komputer siap untuk dihidupkan. Cari dan tekan tombol power komputer. Kamu bisa melihat tombol ini berada dibagian atas atau depan CPU, tergantung dari model yang digunakan.

Jika komputer mengalami error, layar monitor akan menampilkan tanda kerusakan seperti pesan peringatan sampai monitor tidak mau menampilkan apapun. Bunyi beep pun sering kali keluar sebagai pertanda.

Tetapi jika komputer berhasil dihidupkan tanpa masalah, maka layar monitor akan menampilkan tampilan Booting. 

4. Menunggu Proses Booting

Booting adalah sebuah proses memuat sistem komputer sebelum bisa digunakan. Lamanya proses booting membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 3 menit. Paling cepat bisa beberapa detik saja, tergantung dari spesifikasi dan komponen yang digunakan.

Ciri-cirinya adalah terdapat logo sistem operasi Windows (jika menggunakan windows) ditengah layar disertai dengan background hitam dan loading yang berulang-ulang. 

Proses Booting Untuk Menghidupkan Komputer

5. Komputer Siap Digunakan

Setelah melewati proses booting, maka komputer bisa langsung digunakan.

Tapi sebelum itu, berikan jeda beberapa detik setelah monitor menampilkan layar desktop atau tampilan awal. Karena jika baru saja hidup dan langsung membuka sesuatu, terkadang akan menyebabkan lag, patah-patah atau bahkan error. terlebih lagi jika komputer kamu memiliki spesifikasi yang rendah.

Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala Ketika Dihidupkan

Sering kali ketika menghidupkan komputer, tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada saja masalah yang mungkin dialami, mulai dari munculnya pesan error sampai tidak menampilkan apapun pada layar monitor

Sebelum memutuskan penyebabnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Memeriksa Kabel Yang Terpasang Pada Komputer

Kabel yang belum terpasang dengan baik sering kali menjadi penyebab kenapa komputer tidak mau menyala.

Untuk mengatasinya, kamu bisa periksa kabel power komputer, kabel power Monitor, kabel HDMI atau VGA. Silahkan lepas, kemudian pasang lagi. Pastikan sudah terpasang dengan kencang.

2. Meng-install Ulang Komputer

Komputer berhasil menyala namun terdapat sistem error pada saat booting atau sesudah masuk ke tampilan desktop.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan install ulang sistem operasi secara mandiri atau meminta bantuan teman yang bisa melakukannya.

3. Mengganti Perangkat Komputer

Solusi terakhir adalah apabila komputer benar-benar tidak mau menyala sama sekali, biasanya hal ini disebabkan oleh perangkat yang rusak dan paling umum kerusakan terjadi pada perangkat RAM, Harddisk atau Motherboard.

Untuk memastikan perangkat mana yang rusak, tentunya bukanlah hal yang mudah. Kamu bisa mengeceknya sendiri dengan cara membongkarnya atau membawanya ke service komputer apabila tidak berani melakukannya sendiri. 

Penutup

Informasi pada artikel ini ditujukan untuk pemula dan sekedar menambah wawasan bagi yang belum paham bagaimana cara menghidupkan komputer yang baik dan benar disertai dengan gambarnya.

Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->