Skip to main content

Macam-Macam Storage Device Komputer Dan Fungsinya

Macam-Macam Storage Device Komputer Dan Fungsinya

Macam-macam storage device komputer merupakan sekumpulan perangkat keras penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data yang sudah diproses ke sebuah media yang memiliki batas kapasitas tertentu. Nantinya data tersebut bisa diolah atau di edit kembali dari tempat penyimpanan.

Kapasitas yang dimiliki media penyimpanan data pada komputer ini berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan pengguna. Mulai dari yang kapasitasnya paling rendah seperti disket, memory card dan CD, kapasitas sedang seperti flashdisk dan kapasitas besar seperti harddisk.

Sebagai media penyimpanan data, storage device dapat menampung beragam data. Mulai dari foto, musik, video, program komputer sampai laporan kerja dan tugas sekolah dengan berbagai macam format. Karena fungsinya untuk memasukan data yang ingin disimpan, maka storage device ini masuk ke dalam kategori input device.

Selain menyimpan data, storage device juga berguna untuk melakukan pemrosesan sistem komputer agar kinerjanya lebih cepat dan maksimal. Dalam beberapa kasus, semakin besar penyimpanannya maka semakin cepat juga komputer memproses sistem dan programnya.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah macam-macam storage device komputer beserta fungsi dan gambarnya yang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu media penyimpanan internal dan media penyimpanan eksternal

Macam-Macam Storage Device Komputer Dan Fungsinya

Saat ini, Storage Device dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan letak penggunaannya, yaitu internal storage dan eksternal storage. Tapi secara teknis kedua jenis tersebut memiliki fungsi yang sama.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh perangkat penyimpanan komputer.

Perangkat Penyimpanan Internal

Sebuah perangkat penyimpanan yang ada di dalam CPU dan sudah terhubung dengan komputer sejak komputer belum dihidupkan. Salah satu kelebihan dari media ini adalah dikususkan untuk menyimpan installasi sistem operasi dan pengolahan pemrosesan data.

1. RAM (Random Access Memory)

Media Penyimpanan Data RAM

Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara. Media penyimpanan ram sangat penting untuk kinerja suatu komputer atau laptop, karena ram juga berpengaruh dalam proses cepat atau lambatnya suatu komputer atau laptop.

Semakin tinggi kapasitas Ram, semakin baik kinerja komputer atau laptop dan semakin cepat. Kapasitas RAM memiliki penyimpanan sebesar 512MB, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB atau mungkin lebih. 

2. Magnetic Tape

Storage Device Magnetic Tape

Magnetic Tape adalah salah satu peralatan yang digunakan untuk penyimpanan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial.

3. ROM (Read Only Memory)

Storage Device ROM

ROM adalah media penyimpanan yang berfungsi hanya untuk membaca saja dan bersifat permanen. Dengan kata lain, program atau data yang tersimpan tidak akan hilang atau berubah walaupun aliran listrik dimatikan, berbeda dengan RAM, yang sifatnya sementara dan jika aliran listrik mati, maka data atau program yang kita jalankan akan menghilang.

4. Harddisk Internal

Storage Device Harddisk

Harddisk Internal adalah perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Harddisk internal berada di dalam sebuah komputer atau laptop dan kapasitasnya sangat besar, kita bisa menggantinya dengan kapasitas yang di inginkan dan sesuai dengan kebutuhan.

5. SSD (Solid State Drive) Internal

Storage Device SSD Internal

SSD adalah perangkat penyimpanan yang mempunyai akses data paling cepat diantara perangkat penyimpanan lainnya. Hal itu yang membuat SSD sering kali digunakan untuk menyimpan hasil installasi sistem operasi dan program aplikasi saja.

Kapasitas yang dimiliki kurang lebih sama seperti harddisk, mulai dari 128GB sampai 1 TB (TerraByte). Sayangnya, harganya yang mahal membuat pengguna low entry biasanya memilih menggunakan SSD dengan kapasitas yang standar, tidak sampai 1 TerraByte

Komputer yang menggunakan SSD tidak akan merasakan yang namanya lag atau lemot, karena dari segi kecepatan SSD lebih unggul.

Media Penyimpanan Eksternal

Media penyimpanan data eksternal ini merupakan perangkat peripheral atau perangkat tambahan yang posisinya berada di luar komputer dan biasanya dipasang sejak komputer sudah dihidupkan.

Disebut perangkat tambahan karena hanya diperlukan apabila pengguna komputer memerlukan media penyimpanan tambahan yang lebih dari yang sudah ada.

Kelemahan dari media ini adalah tidak bisa digunakan untuk menyimpan installasi sistem operasi.

1. Flashdisk

Storage Device Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas tertentu, ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.

Media penyimpanan flashdisk mungkin akan selalu berubah kapasitasnya seiring perkembangan teknologi, dengan berbagai desain yang untuk dan kecil, media penyimpanan ini dengan sangat mudah dibawa kemana-mana.

2. Memory Card/Micro SD

Storage Device Memory Card

Memory Card adalah media penyimpanan data berbentuk sebuah kartu atau chip yang umumnya digunakan pada smartphone atau kamera. Meskipun begitu, memory card juga bisa digunakan untuk komputer dengan alat bantu card reader agar isinya dapat dibaca.

Kapasitas yang dimiliki kurang lebih sama seperti flashdisk, dengan ukuran paling besar sekitar 128GB-512GB untuk saat ini.

3. Harddisk Eksternal

Storage Device Harddisk Eksternal

Harddisk Eksternal adalah sebuah media penyimpanan yang keberadaannya diluar dari bagian dalam komputer atau laptop, Kapasitasnya sangat besar dibandingkan dengan harddisk internal dan praktis bisa dibawa kemana saja. Tapi sayangnya, harga untuk harddisk eksternal cukup mahal dibandingkan dengan harga harddisk internal.

4. SSD (Solid State Drive) Eksternal

Storage Device SSD Eksternal

SSD Eksternal adalah media penyimpanan tambahan pada komputer dengan kecepatan pemrosesan yang tinggi dibandingkan dengan harddisk. SSD memiliki harga yang jauh lebih mahal namun komputer akan mengalami peningkatan performa ketika menggunakannya.

5. CD (Compact Disk)

Storage Device Compact Disk

CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.

4. Floppy Disk (Disket)

Storage Device Floppy Disk

Floppy Disk atau biasa dikenal dengan sebutan disket adalah perangkat penyimpanan yang kapasitasnya paling kecil. Perangkat ini berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang hanya dibekali sekitar 1,44MB sampai 5MB saja.

Untuk teknologi yang sudah berkembang pesat seperti sekarang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi untuk file atau data yang sangat besar, karena sudah ada harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Meskipun begitu, perangkat ini masih saja dipakai untuk keperluan penyimpanan data ringan.

Cloud Storage

Penyimpanan data digital atau biasa disebut dengan cloud storage merupakan sebuah media penyimpanan yang ada di internet dan dikhususkan untuk menyimpan berbagai data virtual. Nantinya data yang tersimpan bisa diunduh atau digunakan kembali apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Di internet, cloud storage berbentuk sebuah websiteSalah satunya seperti menyimpan file di Google Drive, yang menjadi salah satu website penyimpanan online terbaik dan terpercaya milik google saat ini. Kapasitas yang diberikanpun cukup besar, sekitar 50GB sampai 100GB.

Akhir Kata

Sekian penjelasan mengenai macam-macam storage device atau perangkat penyimpanman pada komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->