Jika Saldo ATM BNI 0 Apakah Akan Terblokir?

Jika Saldo ATM BNI 0 Apakah Akan Terblokir

Jika Saldo ATM BNI 0 Apakah Akan Terblokir? - Saat ini memiliki rekening tabungan merupakan salah satu hal yang relatif cukup umum. Sudah banyak orang-orang yang memiliki kesadaran untuk menabung dan menyimpan uangnya di bank-bank besar yang ada di Indonesia karena dirasa lebih aman.

Salah satu bank yang banyak dilirik oleh para nasabah adalah Bank BNI. Bank ini merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia dan tergolong sebagai bank BUMN seperti halnya bank BRI. Oleh karena itu, Bank BNI menjadi bank yang cukup kredibel karena terdapat keterlibatan pemerintah dalam proses pengelolaan dan pengawasannya.

Setelah membuka rekening di Bank BNI, umumnya kamu juga akan mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan untuk transaksi tanpa perlu ke teller bank. Namun terkadang karena banyak faktor, kamu menjadi jarang dan bahkan lupa untuk melakukan transaksi maupun mengisi rekening tabungan yang ada di Bank BNI tersebut.

Apakah ATM BNI Akan Terblokir Jika Tidak Diisi dan Saldonya 0?

Setelah lama tidak melakukan pengisian rekening, mungkin banyak juga diantara kamu yang akan bertanya-tanya mengenai status rekening BNI yang dimiliki tersebut. Jadi apakah saldo rekening ATM BNI yang tidak diisi dan saldonya 0 akan terblokir?

Kalau yang ditanyakan adalah rekening tabungannya, maka besar kemungkinan rekening tabungan kamu tidak akan terblokir asalkan saldonya memang masih mencukupi untuk melakukan biaya administrasi dan kartu ATM bulanan.

Namun kalau saldo yang kamu miliki direkening cukup minimal (berada dalam batas saldo minimum sesuai yang dipersyaratkan) dan rekening tersebut sudah lebih dari 6 (enam) bulan tidak diisi, ada kemungkinan bahwa rekening tersebut sudah terblokir. Terlebih kalau biaya administrasi perbulannya relatif cukup besar.

Sebagai contoh, anggap bahwa saldo di rekening tabungan kamu tinggal Rp 60.000 dengan biaya administrasi bulanan untuk rekening dan ATM adalah sebesar Rp 15.000 per bulan. Maka dalam waktu 4 bulan maka saldo tersebut akan habis digunakan untuk pembayaran biaya bulanan dan besar kemungkinan rekening tersebut akan diblokir pada bulan-bulan berikutnya kalau tidak diisi.

Lain halnya kalau saldo di BNI kamu masih banyak, maka rekening tidak akan diblokir meski lama tidak diisi. Namun ada peluang bahwa yang akan dinonaktifkan adalah kartu ATM kamu. Sebab jika tidak ada transaksi berturut-turut lebih dari 6 bulan maka kartu ATM yang kamu miliki akan dinonaktifkan oleh pihak Bank sebagai tindakan keamanan.

Untuk mengaktifkannya kembali, kamu bisa mengunjungi ke kantor cabang terdekat atau tempat kamu membuka rekening dengan membawa dokumen penunjang seperti kartu identitas, buku tabungan, dan kartu ATM kamu.

Cara Mengetahui ATM BNI Masih Aktif Atau Tidak

Sebagai nasabah yang sudah lama tidak menggunakan rekening pasti akan penasaran bagaimana dengan kondisi akun kita yang sudah lama terlantar. untuk dapat mengetahui jawabanya maka kita harus melakukan cara dibawah ini untuk dapat melihat status rekening kamu.

1. Melakukan Cek Langsung Melalui ATM

Kamu bisa berkunjung ke ATM BNI paling dekat untuk melakukan transaksi seperti cek saldo atau transfer uang. Jika transaksi berjalan lancar, maka rekening BNI kamu masih aktif dan bisa dipakai.

2. Melakukan Transfer atau Menerima Transfer

Mengetahui apakah rekening BNI masih aktif atau tidak yaitu dengan cara menerima atau mengirim uang ke rekening orang lain. 

Apabila rekening yang ingin di transfer tidak ditemukan, padahal nomor rekening benar maka sudah dapat dipastikan bahwa rekening tersebut sudah mati dan tidak dapat diggunakan lagi.

Jika memang kamu ingin mendapatkan rekening kamu kembali maka tidak ada cara lain selain membuat yang baru. proses pembuatan rekening baru bisa dilakukan secara offline atau online melalui smartphone.

3. Melakukan Panggilan ke Call Center BNI

Kamu bisa bertanya secara langsung terkait status rekening ATM BNI kamu melalui call center BNI di

Untuk memeriksa kartu ATM BNI atau Rekening BNI kita masih aktif atau mungkin tidak lain ialah mengontak Call Center BNI di 1500046. Berikut adalah caranya:

  • Persiapkan hp dan pulsa
  • Telfon ke 1500046
  • Ketika sudah tersambung ke customer services, katakan bahwa kamu ingin mengecek status rekening BNI , apakah masih aktif atau tidak.

  • Biasanya mereka akan meminta data diri seperti Nama, Nomor Kartu ATM BNI dan Nomor Rekening.

  • Tunggu beberapa saat sampai customer services BNI selesai melakukan pengecekan.

  • Customer Services akan memberitahukan status rekening kamu. Apabila sudah terlanjur diblokir, kamu bisa datang ke cabang BNI terdekat dirumah kamu.
  • Selesai.

4. Mengunjungi Kantor Cabang BNI Terdekat

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi kantor Cabang BNI terdekat, silahkan bawa KTP, Buku Tabungan beserta kartu ATM BNI. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut ini.

1. Datang ke kantor cabang BNI Terdekat

2. Ambil nomor antrian ke satpam dan jelaskan tujuan kamu datang kesana.

3. Setelah giliran kamu dipanggil, jelaskan ke customer services mengenai masalah kamu.

4. Customer Services akan melakukan pengecekan data.

5. Jika saldo ATM BNI 0 dan terblokir gara-gara tidak pernah diisi, customer services bisa membantu untuk mengaktifkannya kembali atau membuatkannya yang baru.

Apakah Kartu ATM BNI Ada Masa Berlakunya?

Tentunya ada. Kartu ATM BNI memiliki masa berlaku yang bisa dilihat pada bagian depan kartu, dimana biasanya tertera bulan dan tahun kartu tersebut kadarluarsa.

Akhir Kata

Meskipun ada kemungkinan rekening BNI kamu diblokir, namun ada juga kasus dimana rekening tersebut masih aktif walaupun saldo BNI 0 tidak pernah diisi.

Kasus tersebut biasanya akan memakan uang yang masuk untuk biaya administrasi selama kartu tersebut tidak digunakan.

Sebagai contoh, kartu ATM BNI kamu memiliki saldo 0 dan tidak terpakai selama 4 bulan, dimana perbulannya Rp 15.000. Ketika kamu ingin menggunakan rekening tersebut kembali dan ternyata tidak terblokir, lalu kamu mengisi saldo sebesar Rp 100.000.

Uang yang kamu isi ke rekening tersebut bisa langsung terporong sejumlah biaya administrasi yang tidak dibayarkan sebelumnya. Dengan kata lain, kamu perlu memastikannya terlebih dahulu sebelum menggunakan rekening yang sudah lama tidak terpakai.

Jadi seperti itulah kurang lebih jawaban untuk menjawab pertanyaan Saldo ATM BNI 0 tang tidak diisi, apakah akan terblokir atau tidak. Semoga artikel bisa membantu permasalahan kamu, selamat mencoba.

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama