Skip to main content

Cara Membuka Control Panel di Windows 10

Cara Membuka Control Panel di Windows 10

Cara membuka control panel di Windows 10 mungkin akan kurang dimengerti oleh sebagian orang yang masih awam banget dengan sistem operasi tersebut, karena Windows 10 sendiri terbilang baru meskipun saat ini sudah ada versi windows 11 keluaran terbaru yang disebut-sebut lebih ringan dan powerfull dengan segala kelebihan yang ditawarkan.

Namun bagi pengguna windows 7 dan windows 8, membuka control panel di Windows 10 akan sedikit membingungkan apabila belum terbiasa dengan tampilannya yang cukup berbeda dari sebelumnya.

Perubahan yang ingin dilakukan pada komputer, kebanyakan harus melalui control panel. Sebab, disanalah tempat segala pengaturan sistem pada komputer dapat diubah, diganti dan dihapus.

Jadi sederhananya, control panel adalah pusat pengendali untuk melakukan sebuah pengaturan pada sistem komputer sesuai dengan keinginan pengguna. Seperti uninstall aplikasi, mengatur jam, mengatur sistem keamanan komputer, hingga mengetahui perangkat apa saja yang terhubung.

Dari sini sudah jelas bahwa control panel merupakan bagian yang paling penting dan selalu dibutuhkan. Maka dari itu penting sekali mengetahui cara membuka control panel, khususnya di Windows 10.

Cara Membuka Control Panel di Windows 10

Cara Membuka Control Panel di Windows 10

Salah satu hal yang saya suka dari Windows 10 adalah fitur pencarian cepat yang dimilikinya, kita bisa membuka aplikasi, membuka pengaturan, hingga file tanpa harus mengetahui lokasinya secara langsung.

Biasanya, membuka control panel di Windows 7 dan Windows 8 harus melalui start menu yang bergambar logo windows di pojok kiri bawah.

Sedangkan jika menggunakan Windows 10, cukup menggunakan search box saja. Berikut adalah caranya.

1. Pada search box, ketik Control Panel.

2. Lalu tekan Enter atau klik kiri pada mouse.

3. Selesai, control panel berhasil dibuka.

Cara Membuka Control Panel di Windows 10 Melalui Search Box

Lalu bagaimana kalo seandainya search box atau search icon windows 10 tidak ada? Nah, kemungkinan besarnya kolom pencarian tersebut hilang karena disembunyikan.

Untuk menampilkannya, klik kanan taskbar > search > show search box.

Cara Menampilkan Search Box di Windows 10

Akhir Kata

Sekian penjelasan mengenai cara membuka control panel di Windows 10. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan bantu sebarkan ke teman-teman lainnya untuk menambah wawasan mengenai Windows 10, khususnya bagian-bagian dasar seperti yang dijelaskan pada artikel ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->