Skip to main content

Cara Mengatasi Grub Rescue Pada Linux

Cara Mengatasi Grub Rescue Pada Linux

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara mengatasi Grub Rescue pada linux yang terjadi akibat adanya masalah pada file GRUB, baik karena kerusakan ataupun hilangnya file GRUB itu sendiri.

Beberapa penyebabnya bisa terjadi karena kamu menginstall dual bot windows dan Linux atau bisa juga terjadi karena partisi linux dihapus.

Hal ini membuat komputer atau laptop tidak bisa booting atau masuk ke dalam sistem operasi, hanya menampilkan layar hitam dengan pesan error Entering Rescue Mode.

Cara Mengatasi Grub Rescue Pada Linux

Error grub rescue pada linux ditandai dengan komputer yang tidak mau booting dengan tampilan layar hitam dan disertai pesan error seperti berikut ini:

error: no such partition.

Entering rescue mode...

grub rescue>_

Nah untuk mengatasinya, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama, cari letak partisi linux kamu. Gunakan perintah ls untuk melihat beberapa partisi dengan penamaan seperti (hd0, msdos6), (hd0, msdos5), (hd0, msdos4) dan lain sebagainya.

grub rescue > ls

2. Kemudian cek default partisi yang digunakan saat booting. Gunakan perintah set.

grub rescue > set


Mengecek partisi yang digunakan linux dan lokasi path saat booting

Pada bagian prefix akan terlihat partisi yang digunakan dan lokasi path saat booting. Kemungkinan path ini tidak mengarah ke folder konfigurasi boot. Disini tugas kamu adalah merubah path-nya.

3. Coba ingat-ingat partisi linux kamu berada di mana. Semisal kamu yakin partisi linux kamu di (hd0,msdos3) maka gunakan perintah berikut:

grub rescue > set boot=(hd0,msdos3)

grub rescue > set prefix=(hd0,msdos3)/boot/grub

grub rescue > insmod normal

grub rescue > normal

Apabila masih belum berhasil, kemungkinan path-nya masih salah. Coba ulangi dengan menggunakan partisi yang lain, misalkan (hd0,msdos4) dan lainnya.

Cara Mengatasi Grub Rescue Setelah Hapus Partisi Linux

Menghapus partisi menjadi salah satu alasan bagi sebagian orang yang membutuhkan ruang penyimpanan pada harddsiknya. Namun, kalo asal menghapus yang ada malah terjadi error grub rescue seperti ini.

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, coba perbaiki dari sisi struktur partisinya melalui bootable windows. Berikut adalah caranya:

1. Buat terlebih dahulu bootable windowsnya menggunakan CD atau Flashdisk. Untuk masalah windowsnya, bisa menggunakan windows 7, 8 ataupun 10.

2. Lakukan proses install ulang seperti biasanya sampai muncul logo windows dan tulisan install now.

3. Pilih Repair Your Coimputer.

Install Windows 7 di Komputer

Kalo kamu menggunakan windows 10 dan tidak muncul tampilan seperti diatas, coba gunakan kombinasi tombol shift + f10 secara bersamaan.

4. Pilih Command Prompt.


5. Jika Command Prompt sudah terbuka, ketikan perintah berikut:

Bootrec.exe /fixmbr

Perintah Bootrec.exe fixmbr

Pastikan muncul tulisan the operation completed successfully, yang menandakan perintahnya sudah berhasil dieksekusi untuk memperbaiki partisinya.

itu menandakan kalau perintahnya sudah selesai di eksekusi dan berhasil memperbaiki partisinya. Sampai sini sudah selesai dan silahkan restart komputer kamu untuk memastikanya. Selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->