Skip to main content

12 Kerja Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar Tanpa Modal

12 Kerja Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar Tanpa Modal

Kerja online dari rumah untuk mahasiswa dan pelajar tanpa modal merupakan salah satu jenis pekerjaan yang paling diinginkan oleh kita yang masih berada di bangku pendidikan untuk sekedar menambah uang jajan atau meringankan beban orang tua.

Selain pekerjaannya yang fleksibel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, kerja online untuk mahasiswa dan pelajar pun cukup beragam, mulai dari yang harus memiliki keahlian khusus sampai yang tidak sama sekali, contohnya seperti kerja online input data atau mengetik.

Kabar baiknya lagi, kerja online membuat kamu memiliki pengalaman bekerja dan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan nyata sebagai penunjang karir ketika nanti sudah lulus.

Kerja Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar Tanpa Modal

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai kerja online dibayar ini, yaitu melakukannya sendiri seperti menawarkan diri atau menggunakan situs-situs freelance.

Tapi disini kita akan membahas semua jenis kerja online yang bisa dijadikan opsi untuk kamu pilih sebagai mahasiswa ataupun pelajar, berikut adalah pilihannya.

1. Penulis Artikel

Kerja online menulis artikel merupakan salah satu yang paling banyak dicari, disini kita dituntut untuk bisa menulis sesuai dengan judul dan pembahasan yang diinginkan oleh client.

Umumnya, untuk menjadikan keahlian menulis ini menjadi sumber penghasilan bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Pertama, Bergabung ke situs freelance dan tawarkan diri kamu pada pekerjaan yang berhubungan dengan menulis. Disini, harga yang ditawarkan biasanya berasal dari client.

Kedua, Gabung ke grup yang sekiranya membutuhkan jasa penulisan, contohnya seperti grup blogger. Kamu bisa menawarkan jasa penulisan kamu sesuai dengan jumlah kata dan kualitas tulisan, misalkan 500 kata untuk 12 Ribu atau berapapun yang sekiranya pantas dihargai untuk jasa kamu.

Artikel yang ditulis harus sesuai dengan permintaan client dan disinilah kurang enaknya apabila kamu tidak terbiasa.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa menulis pembahasan apapun sesuai dengan keinginan kamu dan tetap bisa mendapatkan penghasilan, caranya adalah dengan menjadi seorang blogger.

Penghasilan dari blogger cukup besar apabila diseriuskan, mulai dari Google Adsense, Artikel Review hingga Content Placement.

2. Youtuber

Bagi kamu yang tertarik dalam bidang video, khususnya yang memiliki keahlian dalam edit mengedit video, youtube menjadi pilihan yang pas untuk menghasilkan uang secara online.

Sekalipun kamu tidak terlalu pandai mengedit, video yang dikemas semenarik mungkin, informatif dan unik, membuat channel youtube kamu bisa berkembang cukup pesat.

Cara mendapatkan penghasilannya bisa melalui Google Adsense dan juga content placement dalam bentuk video, dimana video orang lain diupload di channel kita untuk mendapatkan bayaran.

Jika serius dijalankan, maka penghasilan yang bisa kamu bisa sangat besar. Namun, butuh ketelatenan dan kesabaran untuk membangun sebuah channel besar. Jadi jangan malas untuk berproses ya.

3. Desain Grafis

Kalo kerja online dirumah dan tanpa modal yang satu ini harus memiliki keahlian menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw dan sejenisnya.

Target pasar desain grafis memiliki cakupan yang sangat luas, tidak hanya dibutuhkan oleh perorangan aja, kerap kali perusahaan atau startup membutuhkannya.

Seorang desain grafis sering kali ditawarkan pekerjaan juga loh, jadi syukur-syukur kamu memiliki pekerjaan yang tetap dengan gaji yang sesuai dibidang kamu.

Tapi untuk meniti karir dibidang ini, kamu bisa memulai dengan menawarkannya di grup-grup facebook yang memiliki pengguna terbanyak. Sisanya bisa kamu ambil tawaran dari situs freelance deh.

4. Dropship

Kamu punya jiwa-jiwa bisnis? cobain nih kerja online sebagai dropshipper.

Dropshipper adalah pekerjaan menjual suatu produk milik orang lain dengan harga yang kamu naikan.

Enaknya dari pekerjaan ini adalah kamu bisa berjualan dan membuka usaha toko online tanpa harus menyetok, mengemas dan mengirim produknya.

Bisa dibilang, kamu adalah tangan kedua dari si pemilik barang atau bahasa kerennya, kamu menjadi bagian marketingnya nih.

Harga produk yang awalnya 120 ribu, bisa kamu naikan menjadi 150 ribu. Perlu diingat nih, gaboleh sembarangan naikin harga, karena kalo kemahalan juga tidak terlalu baik.

Target pasar yang bisa coba yaitu melalui instagram atau facebook

Tapi sebelum itu pastikan kamu sudah memiliki agen atau seller yang memiliki produk yang ingin kamu bantu jual.

Alur dropshipper adalah sebagai berikut:

Pembeli memesan barang ke kamu > pembeli membayar ke kamu > kamu memesan barang ke pemilik produk sesuai dengan pesanan pembeli > kamu membayar ke pemilik produk > produk dikemas dan dikirimkan ke alamat pembeli.

Saya sendiri pernah mencobanya melalui instagram dan penghasilannya lumayan besar sih, yang membeli kebanyakan dari kaum perempuan dengan produk yang saya jual waktu itu tentang pakaian.

Karena tidak semua orang mengerti cara beli di marketplace seperti lazada, tokopedia, shopee dan segala macamnya, maka bisnis dropship ini menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan online bagi mahasiswa ataupun pelajar.

Tapi disini syaratnya kamu harus punya Mobile Banking ya, biar gampang transfer, nerima dan cek uang-nya.

5. Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu pekerjaan untuk mempromosikan suatu brand atau produk melalui media digital atau internet.

Digital marketing juga menjadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan, karena setiap perusahaan atau jasa membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang pemasaran.

Pekerjaan yang dilakukan seorang digital marketing biasanya lebih ke arah mengelola produk atau jasa agar bisa dicapai oleh banyak orang melalui jalur promosi.

Contoh pekerjaannya misalkan mengelola instagram, endorse, memiliki sosial media dengan pengikut yang banyak, memasarkannya melalui website pribadi yang memiliki banyak pengunjung dan juga mengandalkan Google Ads.

6. Jasa Desain Web Menggunakan WordPress

Ada yang bilang bikin website itu harus pinter ngoding dan terbilang cukup susah, namun sayangnya pernyataan tersebut dipatahkan oleh hadirnya WordPress.

WordPress adalah platform CMS (Conten Management System), yang artinya kamu bisa membuat website dan mengelola seluruh kontennya menggunakan sistem yang telah termanajemen dengan baik.

Baik itu company profile, personal web, e-commerce, forum dan lainnya bisa kamu buat hanya menggunakan WordPress saja. Tinggal drag&drop saja, maka kamu sudah bisa membuat website yang dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya perusahaan.

Untuk kerja online membuat website ini perlu memiliki hosting dan domain terlebih dahulu sebagai pondasinya.

Kalo masih belajar dan coba-coba membuat website melalui website, kamu bisa mencoba rekomendasi tempat beli domain dan hosting murah, dengan diskon dan support terbaik dalam menunjang karir kamu sebagai jasa membuat website.

7. Jasa Pembuatan Skripsi, Jurnal Ilmiah dan Tugas

Bagi sebagian mahasiswa, jasa pembuatan skripsi, jurnal ilmiah dan tugas sangatlah dibutuhkan. Sering kali mereka yang belum siap atau tidak mengerti, lebih memilih membayar dari pada membuatnya sendiri.

Dari situlah kamu bisa memanfaatkannya menjadi peluang untuk menghasilkan uang.

Kamu bisa menentukan harga yang sesuai dengan jasa yang kamu tawarkan, apakah hanya penulisanya saja atau beserta project-nya juga. Apabila dengan projectnya, harganya tentu lebih mahal. Karena waktu yang dikeluarkan juga tentunya cukup banyak.

8. Kerja Online Input Data (Data Entry)

Kerja online input data atau biasa disebut dengan data entry merupakan pekerjaan yang tergolong cukup mudah dilakukan. Pasalnya, kamu hanya diberikan sebuah data yang nantinya harus kamu input dan rapihkan kembali.

Salah satu contoh pekerjaan input data ini adalah seperti mengetik ulang data yang udah ada ke dalam excel. Beberapa juga ada yang harus menginput data penjualan ke toko online atau ke database mereka.

Tapi banyaknya lebih sering input data ke excel. Kamu bisa menawarkan diri di situs freelance atau sosial media.

Di dalam perusahaan, pekerjaan ini memiliki jumlah gaji yang cukup, tidak besar dan tidak kecil. Karena tugas kita yang hanya input-input saja.

9. Menjual Foto

Punya hobi fotografi? Nah pas banget, dari pada punya hasil jepretan yang hanya disimpan saja, kamu bisa menjualnya. Foto apapun bisa kamu jual asalkan milik pribadi.

Misalkan foto bunga, orang, pemandangan, dan lain sebagainya.

Untuk menjalankan pekerjaan ini, syaratnya cukup kualitas foto bagus, tidak mengandung unsur negatif seperti sara, dan resolusi gambar yang harus disesuaikan dengan kebijakan dari setiap tempat yang kamu gunakan untuk menjual hasil foto kamu.

Beberapa tempat yang bisa kamu coba untuk menjual hasil foto kamu diantaranya: Shutterstock, Dreamstime dan iStockphoto.

10. Jasa Ketik Tugas

Kalo sebelumnya ada menulis artikel, kalo sekarang adalah jasa ketik. Secara teknis pekerjaannya sama saja, yang membedakannya hanya tujuannya saja.

Jika menulis artikel untuk kepentingan informatif yang berisi hal-hal bermanfaat atau sekiranya yang penting orang lain tau, sedangkan jasa ketik tugas lebih ditujukan kepada teman-teman yang malas mengerjakan tugasnya dan berhubungan dengan ketik-mengetik.

Oh iya, kamu juga bisa menawarkannya secara online loh agar bisa mencakup sacara luas. Jadi tidak hanya teman-teman dekat kamu saja, semua orang yang berada di dalam circle pertemanan sosial media atau internet kamu juga agar bisa mengetahuinya.

11. Jasa Voice Over

Memiliki suara yang menarik dan dirasa unik, bisa juga dijadikan sebagai media penghasil uang loh. Kamu bisa menawarkan jasa voice over, pengisi suara atau dubbing kepada mereka yang membutuhkannya, jika mereka tertarik, kamu bisa mengerjakannya dari rumah dan mengirimnya secara online.

Hanya saja, voice over lebih banyak berhadapan dengan noise atau suara bising. Tapi tentunya kamu bisa mengakalinya dengan aplikasi edit video seperti Adobe Audition atau Audacity.

Kalo dirasa ribet, kamu bisa mengisi celah pintu kamar tidur dengan draft stopper.

12. Jadi Editing Video

Selain untuk keperluan sosial media seperti instagram dan youtube, kemampuan editing video juga bisa kamu tawarkan. Beberapa orang mungkin ada yang kurang mengerti cara mengedit video, memberi efek dan memperbagusnya, sebagian juga mungkin ada yang tidak memiliki waktu untuk memegang pekerjaan Editing Video.

Dari permasalahan tersebut kamu bisa mengambil peluang yang ada dengan menawarkan kemampuan kamu dalam hal editing video. Disitus freelance, banyak sekali yang membutuhkan jasa ini.

Jadi, kamu juga bisa menawarkannya secara online melalui internet menggunakan sosial media yang kamu miliki ya, agar banyak orang yang tau kalo kamu membuka jasa editing video.

Untuk peralatannya, cukup menyediakan flashdisk, harddisk eksternal atau media penyimpanan online, untuk proses pengiriman hasil videonya. Disesuaikan dari target pasar yang kamu incar, apakah orang terdekat atau sekala luas.

Akhir Kata

Jika pandai melihat kesempatan dan peluang, banyak hal yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Kunci utamanya adalah tetap sabar dengan proses, nikmati setiap kesenangan dan kejenuhan yang mungkin dialami nantinya.

Tidak ada hasil yang instant tanpa adanya sebuah proses. Beranikan diri untuk mencoba dan berusaha, maka kamu bisa mengetahui kapasitas kamu sebagai manusia, khususnya dalam hal mencari penghasilan secara online.

Sekian penjelasan mengenai kerja online dibayar untuk mahasiswa dan pelajar tanpa modal yang bisa dikerjakan dari rumah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->