Skip to main content

3 Perbedaan JPG dan PNG Dalam Format Gambar

Perbedaan Format Gambar JPG dan PNG

Perbedaan JPG dan PNG masih sering menjadi pertanyaan oleh sebagian orang, mengingat kedua format tersebut merupakan yang cukup banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari fotografi sampai desain grafis.

Format pada gambar jumlahnya cukup banyak, namun tidak semua kompatibel untuk digunakan pada beberapa aplikasi atau perangkat. Tidak heran jika format gambar JPG dan PNG yang cukup terkenal, karena dari segi penggunaannya kedua format tersebut bisa fleksibel digunakan dimana saja dan untuk keperluan apa saja.

Meskipun menjadi format gambar yang paling banyak digunakan, JPG dan PNG tidaklah sama dan tentunya memiliki perbedaan.

JPG adalah salah satu jenis standar format pada foto. JPG dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Group (JPG), organisasi yang bergerak di bidang IT pada tahun 1992.

PNG (Portable Network Group) adalah salah satu format yang hadir pada pertengahan 1990-an sebagai pengganti dari format GIF (Graphics Interchange Format). Format ini merupakan salah satu format foto yang memiliki fitur kompres tanpa mengurangi kualitasnya sedikit pun.

Berikut ini adalah perbedaan antara format gambar JPG dan PNG.

1. Kualitas Gambar

JPG menggunakan metode kompres lossy compression (jika foto di kompresi akan menurunkan kualitas gambar), sedangkan PNG menggunakan metode format lossless compression (jika foto dikompresi tidak memengaruhi kualitas gambar).

2. Pemakaian

Format JPG biasanya dipakai untuk foto pada kamera, sedangkan PNG biasanya digunakan untuk gambar hasil ilustrasi, seperti animasi atau vektor. Karena garis yang dibuat pada karya tersebut tidak pecah dan kualitas tetap sama seperti pengaturan.

3. Fitur Khusus

Format JPG memiliki fitur EXIF, yaitu fitur yang memungkinkan foto menyimpan informasi berupa lokasi, tanggal, dan waktu pada saat foto diambil. PNG memiliki fitur transparency, yaitu salah satu fitur yang membuat foto menjadi transparan (tidak memiliki latar belakang).

Akhir Kata

Mungkin masih banyak lagi perbedaan-perbedaan yang mendasar hingga perbedaan lebih jauhnya, tetapi saya hanya membahas sedikit saja dan dirasa sudah sangat cukup.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan format gambar JPG dan PNG, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->