6 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Sering kali penyebab laptop cepat panas diabaikan begitu saja, padahal ada beberapa dampak yang kita rasakan. Mulai dari rasa tidak nyaman saat menggunakan, kinerja laptop yang menurun, sampai yang paling parahnya adalah bikin laptop rusak.

Penyebab laptop cepat panas bisa timbul dari berbagai macam faktor, untuk yang paling umum biasanya disebabkan oleh 3 hal, yaitu penggunaan laptop itu sendiri, komponen dan sistem yang dijalankan.

Penggunaan laptop yang tidak baik bisa menyebabkan laptop cepat panas, seperti digunakan terus-menerus dalam sekala waktu yang lama. Misalkan 6-8 Jam penggunaan, padahal laptop tidak baik digunakan dalam waktu yang terlalu lama kecuali laptop tertentu yang dikhususkan untuk penggunaan yang lama.

Lalu yang disebabkan oleh kerusakan komponen sering kali menyebabkan komputer tidak berjalan dengan maksimal, pada umumnya komponen yang paling berpengaruh dalam suhu laptop adalah heatshink atau kipas pendingin pada laptop.

Ada juga yang disebabkan oleh sistem yang dijalankan, terkadang kamu harus tau spesifikasi atau takaran kekuatan laptop yang kamu miliki itu seberapa kuat. Jangan memaksakan laptop tetap menjalankan berbagai aplikasi dengan spesifikasi yang rendah, hal itu akan membuat laptop overheat atau kemungkinan terburuknya adalah terbakar dan rusak.

Tapi jangan khawatir, setiap masalah pasti ada penyebabnya, dan setiap masalah pasti ada solusinya. Sebelum mengambil tindakan, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu penyebabnya. Berikut adalah hal-hal yang dapat membuat Laptop menjadi cepat panas.

Baca Juga: Alasan Saya Tidak Menggunakan Antivirus Pada Komputer/Laptop

6 Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Bikin Laptop Rusak

1. Laptop Terlalu Lama Digunakan

Biasanya karena lagi asik banget main laptop sampai gak sadar kalo kamu terlalu lama menggunakan laptop. Jangankan Laptop, semua barang elektronik kalo dipakai terlalu lama pastinya akan panas. Usahakan menggunakan Laptop itu sewajarnya aja ya, maksimal 2-3 Jam. Selain untuk mengantisipasi Laptop cepat panas, kamu juga bisa mencegah hal-hal negatif lainnya loh seperti mencegah mata minus.

2. Laptop Menggunakan Mode Sleep

Mode Sleep adalah mode dimana laptop terlihat mati tetapi sistem Laptop masih bekerja. Karena sistem masih bekerja, disitulah laptop akan menjadi panas. Lebih parahnya ketika Laptop kamu dalam keadaan Mode Sleep dan kamu masukan ke dalam tas untuk dibawa berpergian, panas yang dihasilkan bisa menciptakan radiasi dari laptop kamu.

Radiasi yang tercipta sangat besar dan membuat punggung kamu akan sakit atau perut kamu akan terasa keram. Saya sering melakukan Mode Sleep dan langsung saya masukan kedalam tas dengan posisi bawah laptop mengarah ke punggung dan benar-benar besar radiasi yang dihantarkan.

3. Menggunakan Laptop Yang Ter-Charger

Pernah gak kalian lagi butuh laptop atau ngejar waktu banget dan baterai Laptop kalian Lowbat yang akhirnya membuat kalian harus menggunakan Laptop dalam keadaan ter-Charger? Pasti hampir semua orang pernah ya, termasuk saya sendiri. Nah penggunaan Laptop yang ter-Charger akan mempercepat laptop kamu menjadi panas.

Kalo pemakaian laptopnya dalam durasi yang gak terlalu lama, mungkin panasnya gak terlalu. Tapi kalo sudah terlalu lama ditambah adanya penghantar listrik dari Laptop yang tercharger, itu akan membuat Laptop cepat Panas.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan

Kita sebagai manusia yang diberikan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan aja kadang suka pusing, stress dan banyak pikiran akhirnya kadang melamun, diajak ngobrol gak nyambung dan biasanya suka lola gitu kalo mikir.

Hal itu pun berlaku untuk laptop yang kita gunakan. Ketika sebuah laptop dipaksa menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan, hal itu membuat laptop menjadi cepat panas dikarenakan laptop harus bekerja keras demi memenuhi kebutuhan kita.

5. Heatsink Tidak Berjalan Dengan Baik (Heatsink = Kipas/Pendingin Laptop)

Laptop kamu ada kipas pendinginnya gak nih? karena beberapa laptop ada yang menggunakan kipas pendingin ada juga yang engga nih. Heatsink atau sebutan lainnya kipas pendingin ini biasanya tidak ada pada laptop yang ukurannya slim atau tipis (Biasanya ya..).

Heatsink ini sangat berpengaruh banget nih untuk membuat udara di dalam Laptop tetap stabil, sehingga Laptop tidak mudah panas. Tapi kalo heatsinknya bermasalah, yah Laptop kamu bakalan cepet panas banget.

6. Menggunakan Laptop Pada Permukaan Yang Tidak Rata

Disini ada yang pernah main Laptop dikasur? hayoo ngaku… Nah, jangan keseringan deh ya main Laptop dikasur. Soalnya permukaan kasur itu gak rata, jadi udara panas yang ada di dalam Laptop jadi sulit keluar. Lebih baik main laptopnya di meja aja ya, soalnya meja kan rata sehingga bisa memudahkan laptop mengeluarkan hawa panasnya.

Kesimpulan

Setiap laptop yang cepat panas setiap kali digunakan, tentunya memiliki masalah yang berbeda-beda seperti yang sudah dijelaskan. Kamu juga bisa menekan suhu panas laptop dengan menggunakan alat yang bernama Colling Pad (Papan Pendingin Laptop), bentuknya seperti stand laptop dengan kipas dibawahnya yang siap mendinginkan laptop kamu.

Jika masih belum teratasi sebaiknya silahkan lakukan perbaikan ke toko komputer terdekat ya.

Leave a Reply