8 Cara Mengatasi Kecanduan HP Paling Efektif

8 Cara Mengatasi Kecanduan HP Paling Efektif

8 Cara Mengatasi Kecanduan HP Paling Efektif – Cara lepas dari handphone bukanlah perkara yang mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Untuk kamu yang sudah terlanjur kecanduan, cara melupakan hp bisa dikatakan mustahil. Karena sedikit-sedikit pasti akan selalu teringat.

Meskipun telah terlanjur kecanduan, Tapi kamu harus belajar cara mencegah ketergantungan pada handphone. Jika tidak, maka pola hidup kamu akan buruk dan tidak terkontrol. Efek sampingnya, kamu akan sulit menata hidup kamu dengan baik.

Paksakanlah!!

Mungkin itu kalimat yang tepat, sebab jika tidak dipaksakan untuk berhenti ketergantungan dengan handphone maka kamu akan selamanya kecanduan.

Bukan berarti tidak boleh menggunakan handphone, tapi lebih menjaga jarak sedikit dengan handphone dan tidak terlalu sering menggunakannya.

Jika kamu ingin mencobanya, mungkin tips dibawah ini bisa membantu kamu mengatasi kecanduan Hp atau smartphone.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Mantan Menyesal Seumur Hidup

8 Cara Mengatasi Kecanduan HP Paling Efektif

1. Hapus Aplikasi Yang Bikin Kecanduan

Yang bikin kecanduan bermain hp tuh yah justru aplikasi atau game yang ada di hp kamu.

Karena asik, bikin lupa waktu dan akhirnya jadi lengket banget sama hp. Pengen tau perkembangan dari aplikasi tersebut entah itu sosial media atau game.

Dalam hal ini bukan berarti gak boleh pakai media sosial atau ngegame ya, tapi coba alihkan hp dengan sesuatu yang lain.

Seperti buku, atau ganti bermain hp dengan bermain laptop. Jadi, penggunaan hp terlalu sering karena sudah teralihkan.

2. Perbanyak Sosial Dengan Orang Terdekat

Nah, kalo kumpul sama temen-temen coba buat janji kalo kalian gaboleh main hp waktu kumpul. Atau sewaktu sedang berkumpul dengan keluarga, pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan yang bisa kamu habiskan dengan keluarga dibanding dengan fokus pada hp saja.

3. Matikan Notifikasi Aplikasi

Pasti pernahkan yang awalnya cuma mau cek notif, eh malah ke asikan, jadi kelamaan main hpnya. Jadi, matiin aja notifnya. Ganggu banget sumpah buat kamu dan pasti bawaannya pengen mainin hp terus.

Kalo kamu punya pacar atau gebetan, bilangin aja ke dia kalo kamu mau belajar terbiasa jarang menggunakan hp terlebih dahulu. Karena hal itu juga demi kebaikan kamu kan.

4. Ganti HP Dengan Buku

Coba kalo kemana-mana bawa buku, supaya kalo lagi ada waktu luang bisa baca buku dari pada main hp. Beli buku novel atau komik kesukaan kamu.

Dan bawalah untuk dibaca supaya kamu ada kerjaannya, yaitu membaca dibanding dengan menundukkan kepala terus main hp terus kan.

Intinya sih cari sesuatu yang bisa menjadi pengalihan kamu dari hp.

5. Matikan HP 1 Jam Sebelum Tidur

Biasanya kalo main hp sebelum tidur bikin jadi susah tidur, nah coba matiin hp 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Jauhin hp pokonya kalo mau tidur, ganggu banget!.

6. Hindari Penggunaan PowerBank

Jangan ketergantungan dengan powerbank adalah salah satu cara untuk menghindari keseringan bermain hp, kalo bisa jangan dibawa deh powerbanknya.

Karena kalo kamu bawa, hp kamu akan terus hidup meskipun batrenya sekarat dan berpotensi akan kamu mainkan terus menerus. Yah paling tidak sisakan sedikit batre hp kamu takutnya ada keperluan yang mendadak.

7. Simpan HP Dalam Tas

Saat ini banyak sekali orang yang menggunakan HP ketika sedang berkumpul dengan teman atau sedang dijalan sekalipun.

Bahkan, kecanduan bermain hp yang kamu rasakan akan menciptakan dampak negatif buat diri kamu ataupun sekitar kamu.

Misalkan jadi asik sendiri sewaktu ngumpul bareng teman atau menjadi pusat perhatian penjahat yang memungkinkan hp kamu diambil.

Kalo HP gak bener-bener dibutuhin waktu berpergian, lebih baik simpen aja di dalam tas supaya gak ngecek hp mulu.

8. Mengetahui Dampak Kecanduan HP

Kalo kamu udah tau banyak tentang bahayanya, mungkin bisa bikin kamu ga terlalu sering main hp lagi. Karena udah tau dampak bahaya keseringan menggunakan hp.

Dengan mengetahui dampaknya, kamu akan sedikit was-was dan khawatir yang akhirnya membuat kamu takut jika terlalu sering menggunakan hp.

Nah itu dia beberapa tips cara mengatasi kecanduan HP paling efektif, jika kamu mencoba dan membiasakannya maka kamu pasti bisa terbiasa tanpa menggunakan hp sesering mungkin.

Leave a Comment