Alasan Kenapa Windows 10 Gak Perlu Antivirus Tambahan

Alasan Kenapa Windows 10 Gak Perlu Antivirus Tambahan

Alasan Kenapa Windows 10 Gak Perlu Antivirus Tambahan – Saat pertama kali saya mengenal windows 10, saya selalu bertanya-tanya, apakah windows 10 perlu antivirus tambahan?


Karena siapa yang tidak takut dengan virus, sebuah kejahatan sistem yang dapat menghilangkan file dan juga merusak sistem komputer kita. Hal yang terkadang membuat saya sangat jengkel jika sudah terkena.
Tapi setelah saya mulai memahami windows 10, saya menemukan jawabannya. 
Yaitu, ternyata windows 10 tidak butuh yang namanya antivirus tambahan.

Kenapa gak butuh?
Banyak sekali alasan yang meyakinkan saya bahwa windows 10 tidak membutuhkan antivirus, salah satunya adalah karena adanya Windows Defender.

Apakah Windows Defender saja cukup untuk windows 10?


Menurut saya SANGAT CUKUP.
Jika teman-teman mau tau alasannya, saya akan menjelaskan beberapa pengalaman saya menggunakan windows 10 bersama Windows Defender sebagai antivirus saya. Berikut adalah alasannya :

1. Windows Defender Sangat Posesif dan Ketat

Saya pernah mendownload file yang saya yakini, file itu adalah bersih bukan virus dan beberapa sering memindahkan file dari luar ke dalam komputer saya yang saya yakini juga tidak ada virusnya. Tetapi, windows 10 sangat ketat dan tidak percaya pada sembarang file yang masuk ke dalam komputer. 

Alhasil, file-file tersebut langsung dikarantina. Yah meskipun pada akhirnya file tersebut masih bisa dikembalikan dan digunakan. File yang saya masukan itu beberapa software dan game, mungkin itu yang membuat file saya dicurigai.

2. Cepat Dalam Mencurigai Virus dan File-File Berbahaya

Saya pernah mendownload software bajakan yang mungkin teman-teman juga pernah dengar istilah crack, agar software bisa menjadi full versi tanpa harus membelinya dengan harga yang mahal.

Software yang ingin saya crack tersebut ternyata langsung dihapus oleh Windows Defender dan langsung dikarantina. Sehingga, untuk bisa menginstallnya saya harus mematikan Windows Defender terlebih dahulu.

3. Tidak Berat, Tidak Mengganggu, Aman dan Gratis

Meskipun agak merepotkan harus mematikan Windows Defender terlebih dahulu agar bisa menginstall software atau game bajakan, tapi setidaknya Windows Defender ini membuat saya aman dari serangan virus yang masuk ke dalam komputer saya.

Saya akan diberitahukan jenis virus apa yang menyusup ke dalam komputer saya sehingga saya bisa langsung menghapusnya jika benar-benar membahayakan.

Apakah Semua File Dari Luar Komputer Akan Terhapus Jika Dimasukan Kedalam Komputer?

Jawabannya, TIDAK.

File seperti word, pdf, foto, musik dan sebagainya akan aman. Hanya file-file yang dicurigai saja.

File yang dicurigai juga tidak akan langsung terhapus, akan dimasukan ke dalam karantina dulu untuk menanti izin dari kita apakah file tersebut diizinkan atau tidak, jika diizinkan maka file tersebut bisa diakses atau dipersilahkan masuk ke dalam komputer kita.

Windows Defender adalah Antivirus yang cerdas, jadi gak usah khawatir file-file penting akan terhapus. Hanya yang terdeteksi saja yang akan dihapus atau dikarantina.


Itu adalah alasan saya kenapa windows 10 gak butuh antivirus tambahan, tapi terserah teman-teman mau menggunakan antivirus tambahan atau tidak karena ini adalah pengalaman saya selama menggunakan Windows 10 bersama Windows Defender.

Windows 10 adalah windows versi terbaru saat ini dan pastinya soal keamanan sudah lebih baik dari pada versi windows sebelumnya, itu aja sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *