Apa sih Perbedaan Link dan URL?

Sering dianggap sama oleh sebagian orang karena tidak mau ribet dalam mengartikannya, terdapat perbedaan antara link dan URL dari segi fungsi dan cara kerjanya.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan kata link dan URL, karena telah melihat ataupun mendengarnya dari berbagai sumber.

Link dan URL sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak istilah yang ada di dalam internet. Banyak sekali istilah-istilah di internet yang sangat sulit untuk dihafalkan.

Tidak hanya sulit, beberapa istilah tersebut terkadang memiliki nama dengan arti yang sama dan cenderung membingungkan, seperti halnya link dan URL ini. Sehingga beberapa orang yang penasaran akhirnya memilih mencari tau perbedaan-perbedaan tersebut.

Saya sendiri merupakan salah satu orang yang gak mau ribet dan menganggap bahwa link maupun URL itu sama, bahkan untuk mempermudah saya dalam mengingat kedua istilah tersebut, saya menyebutnya dengan nama “Domain” sebuah website.

Karena menurut saya, link dan URL memiliki maksud dalam menggambarkan sebuah halaman website. Website sendiri lebih dikenal oleh banyak pengguna internet dengan sebutan link ataupun URL.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan mengenai perbedaan antara link dan URL.

Perbedaan Link dan URL

Apa itu Link?

Link atau biasa disebut dengan tautan adalah sebuah alamat website yang diberi fungsi untuk mengarahkan seseorang ke halaman tertentu dengan cara mengkliknya.

Alamat website yang dimaksud adalah sebuah URL, nah disinilah yang membuat link dan URL bisa dikatakan sama karena saling berkaitan satu sama lainnya.

Pada umumnya link memiliki warna biru yang bertujuan untuk membedakannya dengan tulisan biasa. Jika tulisan biasa tidak bisa diklik, maka link dapat di klik dan langsung mengarahkannya ke halaman website yang dituju.

Untuk lebih mudah menggambarkannya, berikut adalah contohnya.

A: “Eh tau gak cara nulis artikel untuk blogger pemula?”

B: “Belajar aja di Blog Wendy, lengkap banget tipsnya”

A: “Boleh minta linknya gak?”

B: “Nih linknya www.wendyandriyan.info/10-tips-cara-menulis-artikel-untuk-blogger-pemula/

Coba perhatikan contoh dialog diatas, sering kali ada orang lain atau teman kita sendiri yang meminta sebuah link untuk keperluan tertentu. Misalkan meminta link untuk belajar tentang materi sekolah, membuat makalah, belajar komputer dan lain sebagainya.

Pada contoh diatas, linknya berupa sebuah URL website. Tetapi penggunaan link juga bisa diterapkan pada tulisan tertentu. Misalkan,

Klik disini untuk mengunjungi Google.com” – Ketika kamu klik maka akan mengarah ke google.

Klik disini untuk mengunjungi blog sederhana saya” – Ketika diklik maka akan mengarah ke blog saya.

URL memiliki kepanjangan yaitu Uniform Resource Locator yang biasa digunakan untuk mencari lokasi sumber file di internet.

Sumber file pada internet disimpan ke dalam sebuah penyimpanan yang disebut dengan hosting, lalu URL ini nantinya akan mengambil file yang ada di dalam sebuah hosting.

File yang disimpan di dalam sebuah hosting sangat beragam, seperti gambar, audio dan bahkan file-file yang membentuk suatu website.

Semua yang ada di internet memiliki media penyimpanannya tersendiri dan kapasitasnya sangat besar, sehingga bisa menampung banyak sekali file-file yang bisa kita dapatkan.

Contohnya adalah Google, ketika kamu mengetikan sesuatu yang kamu cari, maka yang akan muncul adalah berbagai file yang ada pada penyimpanannya Google.

Itu adalah penjelasan menurut saya berdasarkan hasil analisa dari berbagai sumber, untuk mencari kebenarannya lebih lanjut kamu bisa baca-baca informasi yang ada di internet.

Apa itu URL?

Setelah memahami apa itu link, sebenarnya kamu sudah bisa mengetahui apa itu URL. Sederhananya, URL adalah alamat dari suatu website dimana URL tidak bisa di klik kecuali telah menjadikannya sebuah link.

URL sendiri biasa digunakan untuk mengidentifikasi suatu halaman website agar dapat terbaca dan tampil di internet. Berikut adalah beberapa contoh URL.

www.facebook.com – URL ini adalah website sosial media yang bernama Facebook. 

www.google.com – URL ini adalah website mesin pencari yang bernama Google.

www.wendyandriyan.com – URL ini adalah website pribadi yang bernama Blog Wendy.

Setiap URL yang ada di internet memiliki penamaan dan isi yang berbeda-beda. Jadi dengan adanya URL, memudahkan suatu website dapat dikenali dengan mudah oleh mesin pencari Google maupun pengguna internet.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah URL adalah alamat pada sebuah website yang tidak bisa di klik, sedangkan Link adalah alamat pada sebuah website yang bisa diklik dan mengarah ke suatu halaman website tertentu.

Nah itu dia penjelasan mengenai perbedaan link dan URL dalam dunia internet, semoga artikel ini dapat dipahami dengan mudah dan dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Leave a Reply