Apakah Blogspot Bisa Daftar Google Adsense?

Buat teman-teman yang baru saja terjun ke dunia blog dan memilih platform blogger.com sebagai tempat untuk menulis artikel serta menghasilkan uang, pasti sering bertanya-tanya “Apakah Blogspot Bisa Daftar Adsense?”

Waktu memulai ngeblog, khususnya demi uang. Banyak sekali pertanyaan aneh yang bakalan bikin pusing otak kita. Jadi kesannya seperti mikir mulu, gerak enggak. Jadi mau dapet duit kok kebanyakan mikir bukannya banyakin tindakan.

Memang bisa dimaklumi sih, terlebih lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul tersebut merupakan salah satu pondasi dan modal awal bagi blogger pemula agar tetap konsisten menulis artikel sambil berusaha untuk mendapatkan uang.

Jika pertanyaan tersebut belum terjawab, biasanya akan ragu-ragu untuk melanjutkan blog dan akhirnya terhenti begitu saja. Sayang banget bukan?

Agar teman-teman tetap semangat menulis artikel dan memiliki tujuan untuk menghasilkan uang melalui blog mesikpun tanpa mengeluarkan modal untuk memulainya, izinkan saya untuk menjelaskan cara daftar Google Adsense dan apa saja syarat agar blog diterima Google Adsense, khususnya untuk domain gratisan seperti blogspot ini.

Apakah Blogspot Bisa Daftar Google Adsense?

Beberapa orang yang terjun ke dunia blog ada yang sudah mempersiapkan diri dengan memenuhi segala biaya pengelolaan blog, seperti membeli domain, hosting dan template blog.

Tapi ada juga yang membuat blog hanya sekedar hobi menulis, tanpa memikirkan persiapan materi, memanfaatkan hal-hal gratis terlebih dahulu dengan sedikit menyisipkan harapan agar bisa menghasilkan uang.

Lalu apakah blog gratisan seperti blogspot bisa mendaftar Google Adsense dan menghasilkan uang?

Pertanyaan ini selalu menghantui saya pada saat pertama kali terjun ke dunia blog, karena gak ada salahnya kan menyalurkan hobi menulis sambil menghasilkan uang. Jadi untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus membedah-nya dengan mengetahui terlebih dahulu apa itu blogspot dan Google Adsense.

Blogspot adalah nama domain dari platform blogger.com yang dikelola oleh google sebagai tempat untuk membuat blog gratis dan menulis berbagai macam artikel.

Sedangkan Google Adsense adalah salah satu layanan iklan yang dikelola oleh google. Dimana orang yang mengiklankan produknya melalui Google, harus membayar terlebih dahulu, barulah produk mereka bisa ditayangkan pada layanan iklan Google Adsense.

Alurnya seperti ini:

Pengiklan – Membayar ke Google – Google Menayangkan Produk di Google Adsense – Google Adsense Tampil di Blog atau Youtube – Pemilik Blog atau Youtube Yang Menayangkan Iklan Google Adsense akan Mendapatkan Uang.

Dari penjelasan diatas kita bisa ambil kesimpulan bahwa gak mungkin dong Google menolak blogspot yang jelas-jelas produknya sendiri. Selain itu, mau ditayangkan dimana iklan-nya kalo gak ada kita sebagai conten creator.

Maka dapat disimpulkan bahwa jenis blog apapun dan domain gratisan seperti blogspot sekalipun bisa didaftarkan Google Adsense asalkan sesuai dengan syarat dan kebijakan Google Adsense.

Syarat Blog Diterima Google Adsense

Disitus resminya pada bagian persyaratan Google Adsense, sebenarnya sudah dijelaskan mengenai cara mendaftarkan blog ke Google Adsense dan syarat agar blog diterima Google Adsense.

Tapi disini saya akan menjelaskannya secara singkat, bahwa syarat blog bisa diterima Google Adsense adalah sebagai berikut:

  1. Berusia 18 tahun
  2. Semua artikel original
  3. Tidak membahas hal negatif, berbau bajakan, merugikan orang lain dan mengandung hak cipta.
  4. Minimal harus ada 10 Artikel
  5. Semua link navigasi terarah dengan baik, seperti menu dan sub-menu.
  6. Layout blog harus rapih, jangan terkesan seperti blog baru.
  7. Blog setidaknya harus berumur, jangan baru buat langsung daftar!

Penyebab Blogspot Sulit Diterima Google Adsense

Ada beberapa kasus dimana blogspot sulit diterima Google Adsense, yaitu blog belum rapih, banyak link yang tidak mengarah ke tempat yang semestinya, artikel copas atau mungkin melanggar kebijakan yang sudah ditentukan.

Ada yang sekali daftar diterima, 7 kali baru diterima atau bahkan ada yang sampai puluhan kali baru diterima. Faktor keberuntungan juga berpengaruh disini.

Banyak kok blogger pemula dengan domain blogspot yang bisa daftar Google Adsense dan diterima lalu menghasilkan banyak uang.

Jadi yang terpenting adalah masalah kualitas blog aja sih, masalah konten, dan tetap berusaha, jangan menyerah.

Logikanya gini, masa iya kamu menawarkan suatu produk yang belum layak dan masih ada cacatnya tapi mau untung yang banyak. Gimana mau dapet untung, yang beli juga kan gamau dapet produk jelek.

Kurang lebih penjelasannya seperti itu dan saya rasa sudah cukup jelas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment