Belajar Cara Membuat Format Text Di HTML

Sebelum membahas bagaimana cara membuat format text di HTML dan apa saja macam-macam format text, kamu udah tau belum apa itu format text di HTML?

Buat kamu yang belum tau, format text adalah sebuah format penulisan yang digunakan untuk membuat suatu teks menjadi berbeda dan menarik, atau sederhananya kamu bisa menyebutnya dengan gaya penulisan pada suatu teks.

Format penulisan ini biasanya dimaksudkan untuk memberi penekanan atau penegasan terhadap suatu teks yang dianggap penting.

Dalam suatu website, format teks ini cukup penting karena memberikan variasi menarik pada teks yang ada di halaman web, entah itu judul ataupun konten. Format text pada HTML sebenarnya sudah sering kamu gunakan tanpa kamu sadari.

Sebagai contoh yaitu ada italic, bold dan underline, yang merupakan format penulian paling sering kamu lihat atau mungkin kamu gunakan pada aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word.

Dalam bahasa pemrograman HTML khususnya yang biasa digunakan dalam website, berikut adalah macam-macam format teks di HTML.

Baca Juga: Belajar Cara Membuat Paragraf di HTML

Macam-Macam Format Text di HTML

1. Membuat Teks Menjadi Tebal

Perintah untuk mengatur huruf tebal pada html adalah Bold, adapun tag yang digunakan adalah <b> dan </b>.


2. Membuat Teks Menjadi Miring

Perintah untuk membuat teks atau tulisan menjadi miring adalah italic, adapun tag yang digunakan adalah tag <i> dan </i>.

3. Membuat Teks Bergaris Bawah

Perintah untuk membuat teks atau tulisan bergaris bawah adalah underline, adapun tag yang digunakan adalah tag <u> dan </u>.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah pemformatan teks yang paling sering digunakan di bahasa pemrograman HTML.

Tag Penjelasan
<b> Membuat Teks Tebal (bold)
<i> Menjadikan Teks Miring (italic)
<u> Menambahkan Garis Bawah Pada Teks (underline)
<small> Merubah Ukuran Teks Menjadi Kecil
<strong> Teks tebal (mirip dengan bold)
<sub> Pangkat Atas (Subscript)
<sup> Pangkat Bawah (Superscript)
<ins> Teks Bergaris Bawah mirip dengan underline
<del> Garis Tengah/Teks Dicoret
<mark> background berwarna
Contoh Penulisan Format Text di HTML

 

Macam-Macam Pemformatan Text di HTML

Kesimpulan:

Penulisan format teks dalam bahasa pemrograman dalam sebuah konten biasanya digunakan untuk menonjolkan suatu teks agar orang lain dapat dengan mudah melihatnya. Meski untuk variasi atau gaya penulisan, pemformatan teks sebenarnya digunakan pada point-point tertentu saja hal itu dikarenakan agar orang yang melihat teks dalam konten suatu website tidak kebingungan.

Leave a Reply