Belajar Cara Membuat Heading di HTML

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat heading di HTML, dimana heading adalah sebuah tag HTML yang berfungsi untuk membuat judul pada sebuah halaman website. Heading mempunyai level ukuran yang berbeda, yaitu <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5> dan <h6>.

Dimulai dari tag heading <h1> level ukuran judul yang paling besar dan yang paling terakhir adalah tag heading <h6> level ukuran judul paling kecil. Penggunaan Heading dalam website sebenarnya adalah sebuah kebutuhan, dimana heading mendefinisikan sebuah judul, bukan untuk memperbesar teks ataupun menebalkan teks.

Selain itu, ada istilah SEO dalam persaingan untuk memperebutkan posisi pertama pada mesin pencari. Nah disini tugas heading adalah untuk mempermudah mesin pencari mengindeks atau membaca susunan data konten pada halaman website.

Semakin baik susunan suatu halaman website, maka semakin tinggi peluang untuk menampilkan website di halaman mesin pencarian.

Baca Juga: Cara Membuat Blockquote di HTML

Belajar Cara Membuat Heading di HTML

Untuk membuat heading, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan tag <h1> sampai <h6> saja pada penulisan bahasa pemrograman HTML. Berikut adalah macam-macam heading HTML.

Membuat Heading di HTML

 

Keterangan Level Heading:

<h1> sering disebut dengan judul utama
<h2> sub judul dari<h1>
<h3> sub judul dari <h2>
<h4>, <h5>, <h6> merupakan sub judul yang tidak terlalu penting dan penggunaannya tergantung orang yang mengelola suatu website.

Dimata mesin pencari, heading sangat berperan penting. Mesin pencari biasanya menggunakan judul untuk mengindeks struktur dan konten pada halaman website.

Contoh Penggunaan Heading

Contoh Penggunaan Heading di HTML

Kesimpulan:

Heading di HTML digunakan untuk membuat sebuah judul dan sub-judul pada halaman website. Jika kamu sering membuka website di internet yang berisi informasi berupa artikel, biasanya terdapat heading di dalamnya.

Heading tersebut digunakan untuk membuat struktur konten menjadi lebih baik dimata mesin pencari, sehingga memungkinkan artikel-artikelnya berada di posisi pertama mesin pencari seperti Google.

Untuk banyaknya heading yang digunakan tergantung seberapa banyak pembahasan yang akan dijabarkan, tetapi pada umumnya yang paling sering digunakan adalah <h1> sampai <h3>.

Leave a Reply