Belajar Cara Membuat Paragraf di HTML

Pada artikel ini kita akan belajar cara membuat paragraf di HTML, dimana Paragraf dalam HTML adalah tag yang digunakan untuk membuat suatu element penulisan. Dalam penggunaannya, paragraf digunakan untuk membuat suatu teks atau tulisan pada halaman website.

Kita bisa membuat paragraf di HTML dengan tag <p> dan pastinya selalu diakhiri dengan tag penutupnya, yaitu </p>. Tag paragraf sendiri bisa dikombinasikan dengan beberapa tag lainnya untuk membuat suatu paragraf yang menarik.

Kamu bisa membaca artikel Element Dasar HTML untuk sedikit memahami dasar penggunaan tag paragraf pada html sebelum mulai mengenal membuat paragraf, beberapa contoh paragraf beserta penggunaannya.

Cara Membuat Paragraf di HTML

Pada dasarnya paragraf hanyalah susunan kata yang terbentuk menjadi beberapa kalimat yang tersusun rapih, kalimat yang dijelaskan pada artikel ini pun masuk ke dalam bagian paragraf. Tapi dalam proses membuat paragraf, terdapat beberapa cara penggunaannya yang bisa disesuaikan dan bahkan dikombinasikan dengan beberapa tag HTML lainnya.

Berikut adalah contoh kodenya:

Membuat Paragraf Di HTML

Kode diatas adalah struktur dasar dalam membuat halaman website, dimana tag <p> untuk membuat paragraf diletakan di dalam <body>. Karena segala sesuatu yang akan ditampilkan nantinya berada di dalam tag <body>.

Itu hanyalah sebuah contoh, bahkan kamu masih bisa membuat paragraf hanya dengan menggunakan tag <p> saja.

Paragraf Dengan Link Break

Line Break biasa kita sebut dengan baris baru, tag yang digunakan adalah <br>. Ketika kamu menggunakan line break, maka paragraf tidak akan menyatu dengan panjang. Mau tidak mau akan terbuat baris baru sesuai dengan tag yang disisipkan dalam kode.

Berikut adalah contoh kodenya:

Menambahkan Line Break di Paragraf
Pada kode diatas saya mencontohkan penggunaan tag <p> dan tag <br>, dimana kamu tetap bisa membuat paragraf tanpa menggunakan tag paragraf sekalipun dan tanpa menggunakan tag line break, maka teks akan tersambung tanpa baris baru.

Paragraf Dengan Italic dan Bold

Paragraf yang kita buat bisa kita beri efek seperti garis miring dan tebal, biasanya digunakan untuk menekankan suatu teks atau kalimat yang dianggap penting. Untuk membuatnya cukup menggunakan tag <i> dan tag <b>.

Berikut adalah contoh kodenya:

Membuat Garis Miring dan Huruf Tebal Pada Paragraf

Posisi Paragraf Di HTML

Jika kamu pernah menggunakan Microsoft Word, maka posisi paragraf sudah tidak asing lagi. seperti rata kiri, rata kanan, rata tengah dan rata kanan kiri. Dalam bahasa pemrograman khususnya web, posisi paragraf ini juga bisa diatur dan sangat penting dalam penggunaannya.

Berikut adalah contoh kodenya:
Mengatur Posisi Paragraf

Kesimpulan:

Dalam membuat paragraf di HTML, harus menggunakan tag <p> khususnya apabila diterapkan pada halaman website. Karena bagaimanapun juga, setiap bahasa pemrograman memiliki strukturnya sendiri dalam menciptakan sesuatu dan harus digunakan apabila dibutuhkan.

Penggabungan tag seperti line break, italic dan bold hanyalah salah satunya saja. Kamu masih bisa menambahkan tag lain yang bisa dikombinasikan dengan tag paragraf sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply