Belajar HTML Part 1: Pengertian HTML

Pada panduan belajar HTML Part 1 ini kita akan membahas mengenai pengertian HTML.

Sebelum memulai lebih jauh untuk mempelajari bahasa pemrograman HTML, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu HTML dan kelebihannya.

Artikel mengenai panduan belajar HTML ini akan dibagi menjadi beberapa bagian, dimana setiap bagiannya akan saling berhubungan dalam membahas bahasa pemrograman HTML.

Mulai dari Pengertian HTML, text editor HTML, mengenal tag dan element, membuat kerangka website sederhana dan lain sebagainya hingga kamu bisa menguasai dasar pengkodingan bahasa pemrograman HTML.

Setidaknya untuk menjadi seorang yang ahli dalam bahasa pemrograman khususnya HTML, memahami basicnya terlebih dahulu sangatlah penting.

Maka dari itu, berikut adalah ulasan mengenai pengertian HTML dan kelebihannya.

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yaitu bahasa pemrograman dasar yang digunakan untuk membuat sebuah website.

Halaman web yang ditampilkan bisa berupa isi halaman web atau objek-objek seperti teks, audio, video, animasi, maupun gambar.

Dalam dunia pemrograman web, HTML merupakan sebuah pondasi dasar pada halaman Web. Struktur web yang akan kita buat dibentuk melalui bahasa pemrograman HTML. 

Baca Juga: Belajar HTML Part 2: Text Editor HTML

Layout Web HTML

Ektensi atau format HTML ini adalah .html (dot html) yang nantinya bisa kamu tampilkan atau kamu akses melalui web browser seperti Mozila Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Microsoft Edge dan lain sebagainya.

Untuk membuat sebuah website, kita tidak menggunakan HTML saja.

Ada beberapa bahasa yang dapat mendukung pembuatan website yang nantinya kita buat melalui HTML, yaitu CSS, Javascript dan juga bisa dengan PHP untuk membuat website yang dinamis.

Kelebihan Bahasa Pemrograman HTML

  1. Dapat disisipi bahasa pemrograman lainnya seperti PHP, Perl, JavaScript, VBScript, dan lainnya.
  2. HTML bersifat fleksibel karena mengguakan editor karakter ASCII
  3. Dapat dibuat mengunakan berbagai platform, artinya bisa dibuat mengunakan berbagai jenis komputer dengan sistem operasi yang berbeda-beda.
  4. Dapat disisipkan berbagai unsur tambahan seperti gambar, animasi, video, link, audio dan lain sebagainya.
  5. Sederhana dan mudah dimengerti.

Apakah Website Bisa Dibuat Hanya Dengan HTML Saja?

Kamu masih bisa membuat sebuah website hanya dengan HTML saja, tapi website yang kamu buat hanyalah dasarnya saja.

Tidak menarik, tidak memiliki fungsi tambahan dan terkesan hanya terlihat kerangkanya saja apabila hanya menggunakan HTML.

Kamu butuh CSS untuk memberi kesan menarik pada website, kamu butuh javascript untuk memberikan perintah pada website dan kamu butuh beberapa bahasa pemrograman lainnya untuk mendukung website yang ingin dibuat sesuai dengan keperluan kamu.

Kesimpulan:

Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bahasa pemrograman HTML adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website dasar dengan cara membentuk struktur halaman web (kerangka) yang nantinya dapat ditampilkan hasilnya melalui Web Browser.

Leave a Reply