Belajar HTML Part 10: Membuat Komentar Di HTML

Membuat Komentar Di HTML

Selamat datang di artikel belajar HTML dasar untuk pemula bagian 10 yaitu Membuat Komentar Di HTML. Pada bagian ini kamu akan mengenal apa itu komentar di HTML dan belajar cara membuat komentar di HTML.

Pada dasarnya, komentar tidak hanya ada di HTML. Tetapi ada disetiap bahasa pemrograman. Membuat komentar pada bahasa pemrograman tidaklah sama, semua memiliki tag yang berbeda.

Salah satunya adalah komentar pada HTML yang menggunakan tag pembuka <!– dan tag penutup –>.

Tag komentar di HTML sendiri digunakan untuk membuat sebuah keterangan pada kode yang kamu tulis di Text Editor, akan tetapi Tag komentar tidak akan ditampilkan pada web browser.

Keterangan ini berfungsi sebagai pengingat saja untuk diri sendiri mengenai cara kerja atau tugas dari setiap kode yang nantinya akan kamu tulis.

Meskipun terlihat biasa saja, nyatanya komentar dalam bahasa pemrograman adalah sebuah keharusan dan sangat penting. Terlebih lagi jika kode yang akan kamu tulis panjang sekali.

Cara Membuat Komentar Di HTML

Sebuah kode ataupun sebuah teks yang berada di dalam tag <!– dan –> akan terbaca sebagai komentar dan tidak akan ditampilkan di web browser.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh kodenya.

Hasil Dari Tag Komentar HTML

Coba perhatikan kode diatas, <!– ini adalah komentar HTML –> dan <!– Tag p itu untuk membuat paragraf ya –> adalah sebuah komentar.

Maka dari itu hasilnya tidak akan tampil di web browser, melainkan yang tampil adalah paragraf yang tidak dibungkus dengan tag komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *