Belajar HTML Part 16: Membuat Textarea Di HTML

Cara Membuat Text Area Di HTML

Selamat datang di artikel belajar HTML dasar untuk pemula bagian 16, yaitu cara membuat textarea di HTML. Pada bagian ini kamu akan mengenal apa itu textarea dan bagaimana cara membuat textarea di HTML.

Pengertian Textarea

Textarea adalah wadah yang digunakan sebagai inputan untuk memasukan teks dengan jumlah yang banyak dan dapat menampung lebih dari 1 baris inputan teks.
Cara kerjanya hampir sama dengan form input type text, bedanya adalah textarea lebih dikhususkan untuk memasukan teks panjang, seperti komentar, keterangan, alamat atau bahkan catatan.

Cara Membuat Textarea Di HTML

Untuk membuat Textarea, kamu bisa menggunakan tag pembuka <textarea> dan tag penutup </textarea>.

Contoh:

Hasil Membuat Text Area Di HTML

Kamu juga bisa menambahkan atribut cols (lebar kolom) dan rows (tinggi kolom) untuk mengatur ukuran kolom textarea.

Contoh:

Membuat Textarea Dengan Cols dan Rows
Jika dibandingkan dengan kode yang pertama, ukuran textarea akan terlihat berbeda. Meskipun begitu, kamu masih bisa mengatur ukuran textarea tanpa menggunakan cols dan rows. Caranya adalah dengan menarik ujung kolom textarea.
Sekarang kita akan mencoba membuat textarea yang inputannya dikirimkan dan diproses disuatu halaman.

Contoh:


Membuat Textarea Yang Diproses

Kode diatas akan mengirimkan hasil inputan ke halaman proses.php dengan metode post.
Terdapat atribut name juga yang digunakan sebagai identitas apabila textarea digunakan di dalam form, maka atribut name berfungsi sebagai identitas textarea tersebut.

Sampai disini, kamu telah mengetahui apa itu textarea dan bagaimana cara membuat textarea di HTML. Kamu bisa bereksperiment menggabungkan textarea dengan form dan membuat pemrosesan hasil input yang dilakukan oleh textarea.

Leave a Comment