Belajar HTML Part 6: Pengertian Heading Dalam HTML

Pengertian Heading Dalam HTML

Selamat datang di artikel belajar HTML dasar untuk pemula bagian 6 yaitu Pengertian Heading dalam HTML.

Pada bagian ini kamu akan mengenal apa itu Heading, macam-macam Heading dan cara menggunakan Heading dalam bahasa pemrograman HTML.

Pengertian Heading Dalam HTML

Heading adalah sebuah tag HTML yang berfungsi untuk membuat judul pada sebuah halaman website. Heading mempunyai level ukuran yang berbeda, yaitu <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5> dan <h6>.

Dimulai dari tag heading <h1> level ukuran judul yang paling besar dan yang paling terakhir adalah tag heading <h6> level ukuran judul paling kecil.

Penggunaan Heading dalam website sebenarnya adalah sebuah kebutuhan, dimana heading mendefinisikan sebuah judul, bukan untuk memperbesar teks ataupun menebalkan teks.

Selain itu, ada istilah SEO dalam persaingan untuk memperebutkan posisi pertama pada mesin pencari. Nah disini tugas Heading adalah untuk mempermudah mesin pencari mengindeks atau membaca susunan data konten pada halaman website.

Semakin baik susunan suatu halaman website, maka semakin tinggi peluang untuk menampilkan website di halaman mesin pencarian.

Macam-Macam Heading HTML

Hasilnya:

Tag Heading HTML

<h1> sering disebut dengan judul utama
<h2> sering disebut dengan sub judul dari <h1>
<h3> sering disebut dengan sub judul dari <h2>
<h4>, <h5>, <h6> merupakan sub judul yang tidak terlalu penting. Penggunaannya tergantung orang yang mengelola atau membuat suatu website. 
Dimata mesin pencari, Heading sangat berperan penting. Mesin Pencari biasanya menggunakan judul untuk mengindeks struktur dan konten pada halaman website.

Penggunaan Heading dengan Paragraph 

Hasilnya:
Penggunaan Heading Dalam Tulisan
Nah itu dia pembahasan mengenai Belajar HTML Membuat Heading HTML, Intinya heading itu salah satu bagian terpenting HTML dalam membuat struktur halaman website yang baik dari segi penulisan kontennya, seperti menentukan judul dan sub judul yang akan digunakan dalam website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *