Belajar HTML Part 7: Membuat Paragraf Di HTML

Selamat datang di artikel belajar HTML dasar untuk pemula bagian 7 yaitu Membuat Paragraf Di HTML.

Pada bagian ini kamu akan mengenal apa itu Paragraf HTML dan cara membuat paragraf di HTML.

Untuk lebih mudah memahami cara penulisan syntax kodenya, ada baiknya kamu memahami materi sebelumnya yang berjudul Kode Dasar HTML dan Mengenal Element HTML.

Pengertian Paragraf di HTML

Paragraf adalah sebuah tag yang digunakan untuk membuat suatu element penulisan. Dalam penggunaannya, paragraf digunakan untuk membuat suatu tulisan pada halaman website.

Kita bisa membuat paragraf dengan tag <p> dan diakhiri dengan tag </p>. Tag paragraf sendiri bisa dikombinasikan dengan beberapa tag lainnya untuk membuat suatu paragraf yang menarik.

Membuat Paragraf Di HTML

Berikut adalah contoh kode membuat paragraf di HTML:

Hasilnya:

Membuat Paragraf Di HTML

Membuat Paragraf Di HTML Dengan Link Break

Paragraf yang ingin kamu buat tergantung keinginan kamu, kamu bisa menambahkan beberapa tag lainnya. Seperti tag <br> yang dikenal dengan line break, baris baru atau enter.
Berikut adalah contoh kode membuat paragraf dengan Line Break di HTML:

Hasilnya:

Membuat Paragraf Dengan Line Break

Perhatikan kodingannya ya, diatas adalah contoh penerapan paragraf dengan tambahan tag <br> dan penerapan tanpa tag <p> dan <br> agar lebih banyak yang bisa dicontohkan.

Membuat Paragraf Di HTML Dengan Italic dan Bold

Ketika membuat sebuah paragraf di HTML, kita bisa membuat paragrafnya berubah menjadi garis miring dan hurufnya tebal loh. Caranya dengan menggunakan tag <i> dan <b>.

Berikut adalah contoh kode membuat paragraf dengan Italic dan Bold di HTML:

Hasilnya:

Membuat Paragraf Italic dan Bold

Posisi Paragraf Di HTML

Di HTML, selain membuat paragraf kamu juga bisa mengatur posisi paragraf tersebut. Ada 4 posisi paragraf yang bisa kamu pilih, yaitu posisi rata kiri, rata kanan, rata tengah dan rata kanan kiri.
Berikut adalah contoh kode membuat paragraf dengan posisi yang berbeda:

Hasilnya:

Membuat Paragraf Berbeda Posisi
Kesimpulannya adalah ketika ingin membuat paragraf di HTML, selalu gunakan tag <p> dan </p> agar paragraf tersusun dengan baik di halaman website. 

Penggunaan tag <br>, <i> dan <b> hanyalah tambahan saja pada contoh pembuatan paragraf di HTML ini. Kamu bisa menggunakan tag dan element lain dalam membuat paragraf di HTML.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *