Cara Install Plugin WordPress Dengan Mudah

Dengan cara install plugin WordPress, kamu bisa menambahkan berbagai fitur tambahan untuk mendukung kinerja website. Tapi sebaliknya, tanpa tambahan plugin, maka website yang kamu buat akan terkesan sederhana dan biasa saja.

Jadi sederhananya, fungsi dari plugin WordPress adalah untuk menambahkan fitur atau fungsi baru pada website untuk tujuan tertentu.

Ada banyak sekali plugin WordPress yang bisa kamu pakai sesuai dengan kebutuhan, baik itu gratis ataupun berbayar. Seperti plugin untuk membuat Toko Online (E-commerce), Landing Page, dan lain sebagainya. Hanya dengan install plugin WordPress, kamu bisa melakukan berbagai Custom. Berikut adalah cara install WordPress paling mudah.

Cara Install Plugin WordPress

Adanya plugin pada WordPress bertujuan untuk mendukung proses pengelolaan website. Hanya saja disarankan untuk tidak menginstall plugin wordpress terlalu banyak, karena dapat berpengaruh pada kecepatan website nantinya.

Sebagai catatan, kamu hanya bisa install plugin WordPress apabila menggunakan wordpress.org, WordPress Localhost atau yang telah dihosting (Self-Host).

Jika tidak bisa install plugin di wordpress, kemungkinan kamu menggunakan wordpress.com, versi gratis yang tidak mendukung untuk melakukan penambahan plugin ataupun tema. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui cara install plugin wordpress.

1. Masuk ke dashboard WordPress kemudian pilih menu Plugins dan pilih Add New.

Install Plugin WordPress

2. Setelah itu kamu bisa mencari plugin menggunakan menu Featured, Popular, dan Recommended pada bagian atas halaman. Tapi cara tersebut kurang efesien, karena dapat memakan waktu. Untuk cara cepatnya, kamu bisa menggunakan menu pencarian.

Cara Mencari-Plugin WordPress

3. Pilih tombol Install Now pada plugin yang ingin diinstall.

Melakukan Install Plugin WordPress

4. Sampai sini plugin telah berhasil kamu install, tapi sayangnya tidak langsung aktif. Silahkan klik tombol Activate untuk mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Plugin WordPress

5. Jika berhasil, maka akan ada tampilan notifikasi Plugin Activated seperti gambar dibawah ini.

Notifikasi Plugin WordPress Aktif

Cara Upload Plugin WordPress

Cara lain untuk menginstall plugin WordPress adalah dengan cara menguploadnya secara manual. Ada banyak sekali tempat yang menyediakan berbagai macam plugin premium, yang mungkin tidak tersedia pada direktori WordPress.

Untuk menggunakan cara ini, pastikan kamu sudah memiliki plugin di komputer kamu. Jika ingin website kamu aman, jangan pernah sesekali mengunduhnya dari internet. Silahkan beli versi premiumnya untuk mendapatkan keamanan yang terjamin.

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, berikut adalah caranya.

1. Pada dashboard WordPress, pilih menu Plugins, pilih Add New, kemudian klik Upload Plugin.

Cara Mengupload Plugin WordPress

2. Kemudian pilih Choose File untuk memilih plugin yang ada di komputer kamu, setelah itu klik Install Now.

Proses Upload Plugin WordPress

3. Jika berhasil, maka akan tampil notifikasi Plugin installed successfully, Langkah selanjutnya tinggal mengaktifkannya saja dengan cara klik tombol Activate Plugin.

Proses Install Plugin WordPress Selesai

4. Pada tahap ini kamu telah berhasil mengupload, menginstall dan mengaktifkan plugin.

Kesimpulan

Menginstall plugin WordPress dapat memberikan pengalaman yang menarik pada saat mengelola sebuah website. Kamu bisa menambahkan, memodifikasi dan membentuk tampilan website yang terbaik sesuai dengan keinginan kamu.

Silahkan install plugin WordPress yang sekiranya dibutuhkan pada saat membuat artikel ataupun untuk menambah fitur tambahan pada Website.

Dengan mengikuti cara install plugin WordPress ini, kamu telah mengetahui langkah-langkah install plugin WordPress, manfaat plugin dan penyebab tidak bisa Install Plugin WordPress.

Leave a Comment