Cara Membuat Akun Academia.edu Dengan Mudah

Untuk membuat akun academia.edu tentunya kamu harus mendaftarnya terlebih dahulu di website resminya, agar kamu mendapatkan akses untuk mengelola dan menggunakan fitur berbagi file yang telah disediakan.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis file penelitian yang ada disana dengan mudah, karena sistemnya yang open source sehingga menjadikannya sebagai wadah penyimpanan dan berbagi file dokumen gratis dengan berbagai format, seperti .doc dan pdf.

Untuk kamu yang belum tau, academia.edu adalah platform akademisi yang digunakan untuk berbagi file seperti laporan, makalah, jurnal, skripsi dan lain sebagainya.

Kamu bisa menemukan berbagai file yang dibagikan oleh pengguna lainnya, kamu juga bisa mengupload file kamu sendiri untuk dibagikan kepada pengguna lainnya.

File yang terupload sifatnya public, tidak hanya ditemukan oleh sesama pengguna academia.edu, melainkan bisa ditemukan oleh pengguna internet lainnya. Maka dari itu pastikan file yang kamu upload adalah file yang memang ditunjukan untuk dibagikan ke semua orang dan bukanlah file pribadi.

Jika kamu ingin mencoba membuat akun academia.edu, berikut adalah langkah-langkahnya.

Baca Juga: Cara Upload File Artikel Ke Academia.edu

Cara Membuat Akun Academia.edu

1. Buka website resminya terlebih dahulu di www.academia.edu

2. Pada halaman utamanya, terdapat pilihan cara untuk mendaftar akun academia.edu. Kamu bisa mendaftar melalui akun google (gmail), akun facebook dan email.

Disini saya akan mencontohkannya menggunakan akun google untuk proses pendaftarannya, kamu juga bisa memilih opsi lain jika kamu ingin.

3. Pilih informasi yang menggambarkan tentang kamu, saya akan mencontohkannya dengan memilih “Anggota Fakultas” yang artinya saya masih mahasiswa pada sebuah fakultas kampus.

Memilih Informasi Akun Academia.edu

4. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman upload file PDF, jika belum memiliki file untuk di upload, silahkan pilih NO, jika sudah punya silahkan pilih YES.

Kamu bisa memilih file kamu dengan cara pilih “Choose Files”, jika tidak punya silahkan pilih skip saja. Sebagai contoh saya akan pilih skip.

Pilihan Upload PDF

Halaman Upload PDF Academia.Edu

5. Langkah berikutnya kamu harus memfollow beberapa pengguna academia.edu lainnya. Karena disini saya tidak kenal dengan mereka, maka saya memilih untuk skip.

Tombol skip akan muncul ketika kamu menekan tombol “Select All” terlebih dahulu untuk menghilangkan ceklis tanda untuk memfollow.

Perintah Mengikuti Pengguna Academia.edu

6. Masukan informasi mengenai kampus kamu dengan menuliskan nama kampus dan jurusannya kamu.

Masukan Informasi Universitas

7. Pilih jenis akun academia.edu yang kamu inginkan, gratis atau berbayar.

Jika menggunakan yang gratis maka kamu akan menikmati fitur yang seadanya, jika menggunakan yang berbayar maka kamu akan menikmati fitur lengkap dari academia.edu.

Saya akan mencontohkannya dengan memilih versi yang gratis, meskipun menggunakan veris gratis tetapi masih bisa mengaksesnya dengan leluasa.

Pilih Jenis Akun Academia.Edu

8. Pada tahap ini akun academia.edu kamu telah berhasil dibuat dan kamu sudah bisa mengupload file-file hasil peneltian kamu.

Berhasil Membuat Akun Academia.edu

Kesimpulan:

Dengan adanya platform adacemia.edu, memudahkan kamu menyimpan dan berbagi file penelitian kamu. Sehingga orang lain yang membutuhkannya bisa menjadikan penelitian kamu sebagai dasar referensinya.

Platform ini juga bisa digunakan secara umum, untuk mengupload berbagai format file lainnya diluar dari penelitian, sehingga apapun yang dibagikan bisa mempermudah bagi orang yang membutuhkannya.

Leave a Reply