Belajar Cara Membuat Hyperlink Di HTML

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat hyperlink di HTML. Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu memahami pengertian hyperlink dan cara kerja hyperlink di HTML

Hyperlink adalah suatu teknik berpindah halaman dengan cara mengklik suatu teks yang telah dirubah fungsinya menjadi sebuah tombol. Ketika kursor mendekati sebuah teks yang diberi fungsi hyperlink, maka kursor akan bisa mengkliknya dan akan diarahkan ke halaman yang sudah ditentukan sebelumnya.

Teks hyperlink akan berbeda dari teks biasa dan biasanya memiliki warna biru yang menandakan bahwa teks tersebut adalah hyperlink.

Alur Hyperlink di HTML
Alur Hyperlink

Di HTML sendiri, hyperlink dibuat karena berbagai alasan. Seperti membuat navigasi menu pada website, yang menghubungkan halaman satu dengan halaman yang lainnya sehingga memberikan kemudahan akses bagi orang yang mengunjunginya.

Jika kamu pernah mencoba fitur hyperlink pada microsoft word atau microsoft powerpoint, seperti itulah cara kerja hyperlink pada html yang tidak berbeda jauh.

Nah itu dia penjelasan mengenai hyperlink, sekarang kita akan mencoba membuat hyperlink di html.

Cara Membuat Hyperlink Di HTML

Untuk membuat hyperlink, kita memerlukan tag pembuka <a> dan tag penutup </a> yang nantinya jika ditulis dalam bahasa pemrograman HTML menjadi seperti berikut.

<a href=”url“>link text</a>

Ganti URL dengan link tujuan sedangkan link text ganti dengan deskripsi hyperlink. Jika saya coba memberikannya sebuah URL tujuan dan link text seperti berikut ini,

<a href=”https://www.wendyandriyan.info/belajar-cara-membuat-paragraf-di-html/“>Belajar Cara Membuat Paragraf di HTML</a>

Maka hasilnya akan menjadi Belajar Cara Membuat Paragraf di HTML.

Namun ada juga URL tujuannya bukan sebuah URL halaman website, melainkan sebuah file HTML. Maka kamu bisa mengganti URL dengan nama file tersebut. Seperti berikut ini,

<a href=”caramembuatparagraf.html“>Belajar Cara Membuat Paragraf di HTML</a>

Hal tersebut biasa disebut dengan hyperlink local atau hyperlink yang mengarah dari satu file html ke html lainnya. Biasa diterapkan pada server local seperti localhost ataupun web hosting.

Sampai tahap ini kamu sudah berhasil membuatnya, langkah selanjutnya adalah kamu hanya perlu menggunakannya sesuai dengan kebutuhanmu saja. Sekian tutorial cara membuat hyperlink di HTML, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply