Cara Membuat Sticky Widget di Blogger

Membuat sticky widget di blogger, tentunya akan sedikit menguntungkan bagi kamu yang ingin menonjolkan sesuatu yang menarik agar mendapatkan perhatian lebih dari pengunjung blog.

Misalnya kamu memiliki sebuah iklan banner yang berisi penawaran mengenai produk dan jasa. Dengan memanfaatkan fungsi sticky yang ditambahkan ke dalam blog, maka memiliki kemungkinan yang sangat besar bagi pengunjung untuk tertarik, mengklik atau bahkan membelinya.

sticky widget berfungsi untuk membuat widget tertentu menjadi menetap, tidak akan berpindah tempat dan akan berjalan mengikuti kursor ketika halaman blog digulir keatas ataupun bawah.

Berdasarkan penggunaannya, sticky sering kali digunakan pada bagian sidebar untuk menutupi kekosongan yang ada pada halaman blog ketika pengunjung sedang membaca sebuah artikel yang mengharuskannya menggulir ke bagian bawah.

Sehingga pengunjung akan selalu melihat widget yang ditampilkan sekalipun sedang sibuk membaca artikel. Dengan begitu kamu sudah memanfaatkan kekosongan tersebut menjadi sebuah peluang dengan informasi-informasi tambahan atau apapun itu berkat bantuan sticky.

Buat kamu yang ingin melihat cara kerja sticky itu seperti apa, kamu bisa melihatnya pada blog ini di bagian sidebar. Nah, untuk membuatnya kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

Cara Membuat Sticky Widget di Blogger

1. Masuk ke dashboard blogger.com.

2. Masuk ke Edit HTML pada dibagian tema blog.

3. Silahkan kamu cari kode </body>, dan letakan kode dibawah ini tepat diatasnya.

4. Ganti tulisan #HTML1 dengan ID widget yang ingin dijadikan sticky. Untuk mengetahui ID Widget, silahkan baca artikel cara mengetahui ID Widget pada blogger.

5. Jika sudah, simpan tema dan lihat hasilnya.

Pada tahap ini kamu sudah berhasil membuat sticky widget. Pastikan kamu hanya menggunakan sticky untuk widget yang dianggap penting saja, seperti popular post dan recent post untuk dilihat oleh pengunjung dan dapat meningkatkan kunjungan artikel lainnya.

Untuk iklan Google Adsense sendiri saya belum tau apakah akan melanggar kebijakan jika menggunakan fungsi sticky ini. Tetapi, menurut beberapa sumber yang saya baca, cara ini melanggar kebijakan dari Google Adsense.

Meskipun begitu, kembali lagi ke kamu sebagai si pemilik blog. Kamu mau menggunakannya untuk apa dan dibagian mana, itu adalah hak kamu. Yang jelas jangan terlalu banyak menggunakan fungsi ini pada beberapa widget sekaligus karena akan menyebabkan bentrok. Kamu bisa mencoba menggunakannya pada bagian header ataupun sidebar.

Leave a Reply