Cara Membuat Website WordPress di Localhost

Kamu bisa membuat website WordPress di Localhost menggunakan XAMPP, dengan cara menginstall WordPress di komputer tanpa harus memiliki hosting dan domain.

Selain gratis, kamu bisa belajar mengelola Website berbasis CMS WordPress dengan berbagai kelebihannya, seperti menginstall plugin, menggunakan berbagai tema menarik dan mengatur tata letak website sesuai dengan keinginan.

Mengapa Membuat Website WordPress di Localhost?

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa membuat website WordPress offline gratis di Localhost, sebelum menerapkannya secara langsung dan bisa diakses oleh pengguna internet lainnya.

Harga hosting dan domain yang cukup mahal, membuatnya wajib dipertimbangkan dalam menentukan tujuan membangun website, agar website tidak terlantar dan uang yang dikeluarkan tidak sia-sia.

WordPress offline pada jaringan lokal ini menjadi solusi terbaik dalam membuat simulasi rancangan website. Setelah yakin ingin menggunakannya, kamu bisa mengonlinekan website kamu dengan cara menyewa hosting dan domain. Setelah itu, hanya perlu menyalin hasil rancangan desainnya saja.

Untuk membuat website WordPress di localhost, kita perlu menginstall server lokal XAMPP pada komputer agar bisa menjalankan WordPress secara gratis.

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah paket software yang mencakup semua hal yang dibutuhkan untuk membuat server lokal (localhost) di komputer kamu.

Untuk membuat website WordPress yang berada di server lokal, kamu perlu menginstall Apache yang digunakan sebagai server web, PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai server Database.

Menginstall kebutuhan server tersebut secara terpisah tentunya cukup merepotkan, maka dari itu dibuatlah XAMPP yang bertujuan untuk menjadikan komputer kamu sebagai server pribadi dan nantinya dapat digunakan untuk membangun website seperti WordPress.

XAMPP memiliki berbagai paket server yang lengkap dan saat ini bisa dipakai untuk sistem operasi Windows, Mac Os dan Linux.

Mari kita coba mulai menginstall XAMPP dan mengaturnya untuk menjalankan website WordPress kamu.

Cara Install XAMPP di Komputer

1. Pertama, kamu perlu mengunjungi website XAMPP dan mengklik tombol Download sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

Download Xampp

Tampilan setup pada saat proses installasi mungkin akan berbeda seperti yang ditunjukan pada artikel ini, tergantung sistem operasi apa yang kamu digunakan. Tapi disini saya akan mencontohkannya menggunakan Windows.

2. Setelah download XAMPP, kamu harus mengklik dan menjalankan proses installasi.

Proses Install XAMPP

3. Lalu XAMPP akan bertaya mengenai lokasi penyimpanan dan paket server mana saja yang ingin kamu install. Pada bagian ini biarkan saja penggaturannya default, klik tombol ‘Next’ untuk menyelesaikan proses penginstallan.

Setelah selesai, centang opsi ‘start the control panel now’ dan klik tombol ‘Finish’. Maka, panel kontrol XAMPP akan otomatis dijalankan.

Proses Installasi XAMPP Selesai

4. Disini kita membutuhkan Apache sebagai Web Server dan MySQL sebagai server database. Silahkan klik tombol ‘Start’ disebelah Apache dan MySql.

Control Panel XAMPP

5. Jika terdapat pemberitahuan mengenai Firewall Windows, klik tombol Allow Access agar kedua server dapat berjalan di komputer kamu.

Notifikasi Izin Menjalankan Apache Server dan MySQL

Apabila berhasil dijalankan, Apache dan MySQL akan ditandai dengan warna hijau.

Sekarang kamu sudah siap untuk membuat website dan menginstall WordPress di localhost meggunnakan XAMPP.

Membuat Website WordPress di Localhost Dengan XAMPP

1. Pertama, Anda perlu download WordPress. Kunjungi situs WordPress.org dan klik tombol ‘Download WordPress’.

Cara Download WordPress

2. Setelah selesai mengunduh WordPress, kamu perlu mengekstrak file zip tersebut, dan kamu akan melihat sebuah folder dengan nama wordpress. Salin folder ini.

Folder WordPress

3. Selanjutnya, buka folder instalasi XAMPP.

Jika tidak mengubah lokasi penyimpanan pada saat proses penginstallan, maka lokasi folder XAMPP secara default berada:

di Windows, C:/Program Files/XAMPP/htdocs atau C:/Xampp/htdocs

Di Mac OS, /Applications/XAMPP/htdocs.

4. Letakan folder wordpress yang sudah kamu salin sebelumnya di dalam folder htdocs.

Menyalin Folder WordPress ke Folder Htdocs

Kamu bisa mengganti nama folder wordpress dengan nama website kamu atau dengan nama apapun yang kamu inginkan.

Pastikan tidak menggunakan spasi pada nama folder. Hal ini akan mempermudah kamu dalam menemukan dan mengakses website WordPress di server lokal.

Sebagai contoh, saya akan menggantinya dengan nama website1.

5. Selanjutnya, buka web browser dan ketik URL berikut ini.

https://localhost/website1/

website1 adalah nama folder wordpress yang sudah diganti nama, silahkan sesuaikan dengan nama folder kamu. Jika tidak ingin menggantinya dan tetap menggunakan nama wordpress pun tidak masalah.

Ketika sudah memasukan URL pada web browser, kamuakan dialihkan ke halaman proses installasi WordPress, dan diminta untuk memilih bahasa. Setelah memilih bahasa, pilih ‘Continue’.

Proses Install WordPress di LocalHost Dengan XAMPP

6. Pada layar berikutnya, kamu akan melihat pemberitahuan bahwa WordPress membutuhkan nama database, nama pengguna database, kata sandi, dan informasi host.

Persiapan Menginstall WordPress di Localhost

7. Disini kamu harus membuat database terlebih dahulu, caranya buka tab baru pada web browser dan ketik URL berikut ini.

https://localhost/phpmyadmin/

Setelah itu akan tampil hamalan PhpMyAdmin, disinilah tempat untuk membuat dan mengelola database dengan tampilan yang sederhana.

Klik Database dan isi nama database tersebut sesuai dengan keinginan. Setelah itu klik tombol ‘create’ untuk melanjutkan.

Membuat Database di PhpMyAdmin

Sekarang database telah berhasil dibuat dan sudah bisa digunakan untuk website WordPress kamu.

8. Kembali ke halaman instalasi WordPress di /localhost/website1/ dan klik ‘Let’s Go’.

Kamu akan diminta untuk memasukan informasi terkait database WordPress. Isi dengan informasi berikut ini:

Nama Database: masukan nama database yang telah dibuat sebelumnya.

Nama Pengguna: isi dengan root.

Kata Sandi: kosongkan saja.

Database Host: isi dengan Localhost.

Melakukan Setting Database WordPress Localhost

Setelah selesai, klik tombol ‘Submit’ untuk melanjutkan.

9. Pada langkah selanjutnya, WordPress akan meminta kamu untuk memasukan informasi tentang website yang akan kamu buat.

Mulai dari memasukan judul website, usernamepassword dan email yang akan digunakan untuk masuk ke dashboard WordPress.

Setelah mengisi semua informasi, klik tombol ‘Install WordPress’ untuk melanjutkan.

Memasukan Informasi Website WordPress

10. Sampai sini kamu sudah berhasil install website WordPress di Localhost. Silahkan masukan username dan password yang sebelumnya sudah dibuat, untuk mengakses dashboard WordPress.

Cara Login WordPress di Localhost

Cara mengakses website kamu dikomputer, cukup buka web browser kesayangan kamu dan ketik URL /localhost/website1/wp-admin untuk menjalankan WordPress.

Kesimpulan

Dengan mengikuti artikel ini, kamu sudah paham bagaimana cara menginstall WordPress di Localhost menggunakan XAMPP dan berhasil membuat website WordPress di Localhost.

Setelah login dan masuk ke bagian dashboard, masuk ke menu Appearance. Disana kamu bisa melakukan penyesuaian terhadap website yang telah kamu buat, seperti memilih tema, menambahkan, menu dan widget, serta mengatur tata letak website seperti membuat landingpage atau toko online mungkin.

Tersedia juga berbagai macam plugin menarik yang bisa kamu install, untuk menambahkan fitur atau fungsi keren ke dalam Website sesuai dengan kebutuhan.

Sampai sini saya rasa cukup penjelasannya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment