Pengertian Adobe Premiere dan Fungsinya

Cara Menambahkan Teks di Adobe Premiere

Menambahkan teks atau title pada video di Adobe Premiere merupakan salah satu unsur terpenting dalam editing video, dimana teks yang ditambahkan pada video akan menjadi penjelasan tambahan.

Tidak hanya sebagai penjelasan tambahan saja, penambahan teks pada video menjadi unsur komunikasi antara video dengan orang yang melihatnya.

Sebagai contoh, apabila kamu memiliki sebuah video, namun kamu tidak menambahkan suara sebagai media penjelasan pada video tersebut. Maka kamu bisa menjelaskan isi video Ttersebut dengan teks.

Atau misalkan kamu memiliki video dan video tersebut memiliki suara untuk menjelaskan isi dari video, akan tetapi suaranya kurang terdengar jelas atau ada kesalahan pengucapan. Nah, kamu bisa menambahkan teks di dalamnya sebagai pendukung suara di video kamu.

Selain menjadi penjelasan tambahan, menambahkan teks di video akan sangat bermanfaat bagi teman tuli, yaitu orang yang (mohon maaf) memiliki kekurangan dalam pendengaran.

Jadi, video yang akan kamu buat melalui proses editing di Adobe Premiere bisa dinikmati oleh semua orang, termasuk teman kita yang memiliki kekurangan.

Untuk menambahkan teks atau title di adobe premiere, berikut adalah caranya.

Baca Juga: Pengertian Adobe Premiere dan Fungsinya

Cara Menambahkan Teks di Adobe Premiere Pro CC 2019

Untuk menambahkan teks atau title, saya akan mencontohkannya dengan Adobe Premiere Pro CC 2019.

1. Langkah pertama bukalah aplikasi Adobe Premiere

Tampilan Adobe Premiere CC 2019

Gambar diatas adalah tampilan dari Adobe Premiere CC 2019, disini saya sudah menyediakan bahan yaitu sebuah background dan sebuah gambar Adobe Premiere.

Selanjutnya, saya ingin menambahkan teks.

2. Buka menu File – New – Legacy Title

Cara Menambahkan Title di Adobe Premiere

3. Lalu ada settingan New Title, kamu bisa mengganti nama title dengan nama yang kamu suka. Untuk ukurannya, biasanya dia sudah menyesuaikan. Pilih saja OK.

Menambahkan Teks di Adobe Premiere dengan Legacy Title

4. Pilih Type Tool, yang gambarnya huruf T, lalu klik dilayer. Setelah itu tuliskan teks yang ingin kamu tulis.

Untuk mengganti gaya tulisan, pilih tanda panah kebawah dibagian font family. Kalo sudah klik close atau tanda silang merah.

Perhatikan gambar ya,

Menambahkan Teks di Adobe Premiere Dengan Type Tool

4. Setelah di close, title tidak hilang. Dia akan masuk ke Project. Sekarang kamu drag and drop title ke timeline.
Drag and Drop Title ke Timeline Adobe Premiere

Perhatikan gambar diatas, Apabila kamu ingin menampilkan teks pada video di Adobe Premiere, pastikan posisi title berada diatas, sedangkan video berada dibawahnya.

Ketika title sudah di tarik ke timeline, maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

Selesai Menambahkan Title di Adobe Premiere

Sampai sini kamu sudah berhasil menambahkan teks di Adobe Premiere, kamu bisa menyesuaikan posisi teks melalui title yang sudah kamu buat atau menggunakan Effect Controls dan mengatur posisi teks kamu.

Effect Controls

Leave a Comment