Cara Mengecek Kecepatan Website Paling Akurat

Mengecek kecepatan website atau blog merupakan sebuah keharusan. Tidak perlu terlalu sering, cukup beberapa kali untuk mengetahui seberapa cepat loading website kita dalam menampilkan seluruh isi di dalamnya.

Jangan sampai, karena terlalu fokus dengan tampilannya, kita jadi lupa untuk memperhatikan kecepatannya juga. Sehingga website menjadi lambat dan memperburuk kualitasnya di search engine.

Dari beberapa sumber yang ada, mengatakan bahwa website yang memiliki kecepatan lebih dari 3 detik bisa membuat pengunjung pergi. Semua orang tentunya ingin mendapatkan informasi secara cepat, tapi yang perlu diketahui juga adalah tidak semua orang mau menunggu.

Tentunya sangat disayangkan bukan apabila kehilangan pengunjung?

Kita berharap dengan menulis artikel yang berkualitas dapat mendatangkan pengunjung yang banyak, tapi karena website yang lambat, membuat pengunjung pergi begitu saja.

Ditambah, artikel yang kita buat sepenuh hati tidak bisa tersampaikan secara baik karena pengunjung terlalu cepat pergi tanpa sempat membacanya.

Maka dari itu, penting sekali mengecek dan mengetahui kecepatan loading website agar kita dapat memenuhi kebutuhan pengguna internet dalam mencari informasi secara cepat dan mudah.

Cara Mengecek Kecepatan Website Paling Akurat

Salah satu hal yang mempengaruhi SEO pada website adalah kecepatan loading-nya. Ada beberapa tsitus yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan loading website.

Seperti menggunakan GTMetrix, situs terbaik dan paling akurat untuk mengecek kecepatan website. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menggunakannya.

1. Buka GTmetrik

2. Masukan URL website pada kolom yang sudah disediakan.

3. Lalu tekan tombol “Test your site” untuk memulai proses analisa.

Cara Cek Kecepatan Loading Website atau Blog Paling Akurat

4. Setelah itu tunggu proses analisanya selesai, sampai hasilnya terlihat.

Cara Cek Kecepatan Website atau Blog di GTMetrix

Detail Hasil Analisa Kecepatan Website

Bagus tidaknya kecepatan loading website ditentukan berdasarkan gradenya, jika memiliki grade A itu tandanya website kamu memiliki kecepatan yang sangat baik dengan indikasi warna hijau.

Sedangkan grade B, grade C, dan seterusnya bersamaan dengan indikasi berwarna merah, itu artinya kecepatan website kamu perlu dioptimasi lagi.

Tapi tenang saja, kamu akan diberitahu penyebab website menjadi lambat. Misalnya seperti gambar pada halaman tertentu memiliki ukuran yang besar, itu artinya kamu harus memperkecil lagi ukurannya.

Bisa juga terdapat kode Javascript atau CSS yang memberatkan dan kamu akan diperlihatkan kode mana yang harus dihapus berdasarkan analisa yang telah dilakukan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa detail analisa yang akan diperlihatkan,

Memperlihatkan Ukuran Halaman Website

Mengecek dan Memperbaiki Kecepatan Loading Website atau Blog

Semakin besar ukuran halaman website, maka akan semakin berat juga website tersebut dalam menampilkan isinya.

Analoginya seperti kamu mengangkat sebuah beban, jika beban tersebut memiliki ukuran yang sangat besar, maka kamu akan merasa keberatan dan akan lama sampai ke suatu tujuan untuk memindahkan beban tersebut.

Disini alhamdulillah kecepatan website saya memiliki ukuran yang cukup kecil, jadi tidak terlalu membutuhkan banyak waktu untuk menampilkan seluruh isinya.

 

Memperlihatkan Penyebab Loading Website Lambat

Memperlihatkan Penyebab Loading Website Lambat

 

 

 

Pada bagian ini akan diperlihatkan masalah serius yang menyebabkan website kamu menjadi lambat. Jika indikasinya menunjukan warna hijau dan memiliki status Low, itu artinya tidak ada masalah yang harus dikhawatirkan.

Tapi jika mau, kamu masih bisa melakukan optimasi lagi terhadap masalah yang diperlihatkan. Tapi untuk saya pribadi, selama masih dalam tahap aman dan loading website tidak terlalu berat, maka sudah cukup.

Memvisualisasikan Tampilan Website

Memvisualisasikan Kecepatan Loading Halaman Website

Kamu juga akan diperlihatkan visualisasi mengenai jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan bagian per bagian isi dari website kamu. Jika ada bagian yang memakan waktu yang lama, kamu bisa mengoptimasinya.

Dari sini sudah jelas bahwa GTmetrix sangat lengkap dalam menjelaskan setiap detailnya, yang nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan optimasi kecepatan loading website kamu.

Apabila kamu penasaran dengan hasilnya, silahkan mengujinya sendiri. Khususnya pada bagian struktur, Kamu akan perlihatkan apa saja yang harus kamu perbaiki untuk mendapatkan kecepatan website yang memuaskan.

Sampai sini saya rasa sudah cukup penjelasannya, semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Leave a Comment