Cara Menghapus Plugin WordPress Paling Mudah

Menginstall plugin WordPress terlalu banyak, bisa menyebabkan loading website menjadi lambat. Untuk itu, kamu perlu mengantisipasinya dengan cara menghapus plugin WordPress atau bisa juga menonaktifkannya apabila tidak terlalu penting untuk digunakan.

Karena percuma saja jika tampilan website terlihat sangat keren dan memiliki banyak fitur, tetapi dari segi pengelolaan dan kecepatannya tidak diperhatikan. Nantinya akan menjadi masalah yang fatal, membuat kehilangan pengunjung hanya karena malas menunggu.

Cara Menghapus Plugin WordPress

1. Masuk ke Dashboard WordPress.

2. Selanjutnya pilih menu Plugins dan klik Installed Plugins.

Cara Menghapus Plugin WordPress Melalui Dashboard

3. Kamu akan diarahkan ke suatu halaman, dimana semua plugin yang pernah kamu Install berada. Kemudian, pilih Plugin mana yang ingin kamu hapus dan pilih Deactivate.

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress

Sampai sini kamu hanya menonaktifkan pluginnya saja dan masih bisa diaktifkan kembali tanpa perlu menginstall ulang plugin tersebut apabila suatu saat ingin menggunakannya kembali. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik tombol Activate. Tapi jika kamu ingin menghapus plugin WordPress, kamu bisa menekan tombol Delete.

Cara Mengaktifkan dan Menghapus Plugin WordPress

Cara Menghapus Banyak Plugin WordPress Sekaligus

Cara diatas cocok digunakan apabila ingin menonaktifkan atau menghapus plugin satu persatu, tentunya cara tersebut akan memakan banyak waktu, jika plugin yang ingin kamu hapus sangat banyak.

Untuk itu, berikut adalah cara paling mudah untuk menonaktifkan dan menghapus banyak plugin WordPress sekaligus.

1. Masuk ke Dashboard WordPress.

2. Pilih Menu Plugins dan pilih Installed Plugins.

3. Ceklis semua plugin yang ingin kamu hapus.

Cara Menonaktifkan dan Menghapus Banyak Plugin WordPress Sekaligus

4. Pilih Deactivate, jika ingin di nonaktifkan saja atau pilih Delete apabila ingin menghapusnya. jika sudah memilih, klik tombol Apply, selesai deh.

Dengan mengikuti tutorial pada artikel ini, kamu sudah paham bagaimana cara menonaktifkan sekaligus menghapus plugin WordPress yang sekiranya kurang penting dalam menunjang pengelolaan website. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah

Leave a Comment