Cara Menghapus Postingan Blog Yang Benar

Dalam beberapa hal, mungkin kamu memutuskan untuk menghapus postingan blog yang telah kamu buat. Entah karena artikel sudah tidak menarik ataupun terjadinya kesalahan penulisan yang membuat hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Apapun alasan kamu menghapus postingan blog, saya yakin itu adalah alasan terbaik untuk kamu sebagai pemilik blog. Karena seperti yang kita tau, mengelola blog tidaklah mudah. Bukan sekedar memperhatikan tampilan dan kecepatan blog saya, melainkan ada sebuah konten yang harus kita buat. Dimana, konten merupakan sebuah tantangan yang wajib dihadapi bagi seorang blogger. Karena tanpa konten, blog hanyalah sebuah kerangka web kosong yang ada di internet.

Berbicara mengenai menghapus postingan blog, mungkin akan terdengar mudah untuk dilakukan. Hanya dengan menekan tombol delete pada dashboard, maka artikel akan terhapus. Jika dikatakan mudah, memang benar caranya sesederhana itu.  Namun yang perlu diketahui adalah setiap artikel yang sudah di posting akan langsung terindeks di mesin pencarian Google.

Jika artikel yang sudah terindeks tiba-tiba menghilang, apa yang akan terjadi?

Yang terjadi adalah blog kamu masih menampilkan artikel tersebut di internet akan tetapi yang akan terlihat hanyalah halaman Error 404 Not Found. Jadi, setiap kali ada pengunjung yang menemukan artikel kamu di internet maka mereka akan tidak menemukan apa-apa.

Apakah error tersebut berpengaruh terhadap blog dikemudian hari? jawabannya adalah sangat berpengaruh. Blog kamu akan kehilangan traffik atau yang yang paling parahnya adalah blog kamu akan dianggap jelek oleh mesin pencari Google.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu perlu mengetahui aturan khusus bagaimana cara menghapus postingan blog yang benar agar tidak mengalami error yang akan berdampak buruk pada blog kamu. Berikut adalah cara menghapus artikel postingan blog yang benar.

Cara Menghapus Artikel Postingan Blog Yang Benar

1. Masuk ke Google Search Console Terlebih Dahulu.

2. Pilih Removals.

Cara Menghapus Postingan Blog Yang Benar

3. Pilih Add Request.

Request Penghapusan Link Postingan Blog

4. Masuk ke dashboard blog kamu, entah itu blogger ataupun wordpress. Lalu salin URL postingan yang ingin dihapus, setelah itu paste URL postingan tersebut di form penghapusan Google Search Console.

Masukan URL Link Postingan Blog

Akan ada 2 opsi penghapusan, yaitu:

  1. Menghapus URL artikel yang bersangkutan saja
  2. Menghapus URL artikel beserta seluruh artikel yang berawalan dengan URL artikel yang kamu hapus.

Opsi penghapusan ini biasanya berhubungan dengan cache penelusuran seseorang di internet, jadi apapun opsi yang kamu pilih akan sama saja. Saya sendiri terkadang menghapus URL artikel menggunakan opsi yang pertama dan beberapa kali menggunakan opsi yang kedua.

5. Jika sudah pilih Next dan pilih Submit Request.

Pilih Submit Request

6. Selesai dan URL postingan blog sedang dalam tahap proses penghapusan. Tunggulah beberapa hari sampai statusnya berubah menjadi terhapus.

Proses Penghapusan URL Postingan Blog

Kesimpulan:

Proses penghapusan artikel di mesin pencari Google ini bersifat sementara, yang artinya kamu masih bisa melakukan pengindeksan ulang apabila kamu membuat artikel dengan URL yang sama seperti artikel yang pernah kamu hapus sebelumnya.

Jadi, tujuan dari teknik menghapus postingan blog ini adalah untuk meminimalisir error pada blog kamu. Karena blog yang memiliki banyak error akan tidak baik di mata mesin pencari Google yang mungkin akan menyebabkan posisi artikel kamu akan menurun.

Leave a Reply