Cara Mengubah Permalink Blogger Tanpa Kehilangan Traffic

Tidak hanya wordpress yang permalinknya bisa diubah sesuka hati, ternyata kamu juga bisa mengubah permalink blogger dengan menggunakan fitur custom permalink yang telah disediakan oleh blogger.

Hanya saja terdapat perbedaan pergantian permalink antara wordpress dan blogger. Jika wordpress permalinknya diganti, maka mesin pencari google akan otomatis mengindeksnya. Berbeda dengan blogger jika permalinknya diganti, mesin pencari google akan menganggapnya sebagai error.

Tapi tenang saja, pada artikel ini saya akan menjelaskan cara mengubah permalink blogger beserta mengatasi error tersebut. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan traffic pada artikel yang permalinknya kamu ganti.

Pengertian Permalink

Permalink adalah alamat unik yang dimilik oleh setiap blog atau website untuk mengidentifikasi atau mengenalkan suatu halaman pada mesin pencari seperti Google, baik itu halaman statis ataupun halaman artikel.

Karena unik, permalink tidak akan pernah sama dan akan selalu berbeda. Meskipun kamu memaksa untuk membuat sebuah permalink yang sama, maka kemungkinan yang terjadi adalah 2 hal, yaitu:

  1. Permalink kamu akan menjadi error.
  2. Permalink kamu akan otomatis berubah dengan penambahan angka dibelakangnya.

Sebagai contoh,

Kamu membuat sebuah artikel dengan permalink : www.domain.com/2020/08/belajar-membuat-artikel.html,

Ketika kamu membuat artikel dengan permalink yang sama, maka akan berubah menjadi https://domain.com/2020/08/belajar-membuat-artikel_2.html.

Hal itu berlaku pada blogger, beberapa kali mungkin kamu menemukan sebuah permalink yang tidak enak dilihat dan tidak sesuai keinginan. Padahal, permalink adalah salah satu bagian yang berpengaruh dalam SEO. Maka dari itu, kamu perlu merubahnya. Berikut adalah cara merubah permalink blogger.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Dari Academia.edu

Cara Mengubah Permalink Blogger Tanpa Kehilangan Traffic

1. Edit artikel kamu yang ingin diganti permalinknya.

Pilih edit artikel untuk mengubah permalink blogger

2. Setelah itu pilih Revert to draft.

Pilih Revert to Draft

3. Pada menu permalink, pilih custom permalink. Lalu ganti permalink sesuai dengan keinginan kamu, setelah itu pilih publish.

Ganti Permalink Blogger Sesuai Yang Kamu Inginkan

Pada tahap ini, permalink lama pada artikel telah berubah menjadi permalink baru. Akan tetapi, artikel pada mesin pencari google akan mengalami error atau not found. Sehingga, ketika pengunjung blog menemukan artikel kamu di internet, mereka hanya akan menemukan halaman error.

Hal itu disebabkan karena URL artikel tersebut sudah terindeks dan tidak lagi sama karena permalinknya sudah berubah. 

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan 2 cara, yaitu mengindeks ulang URL artikel ke Google Search Console yang kemungkinan besarnya posisi artikel kamu di mesin pencari akan turun atau hilang.

Dan cara yang kedua adalah melakukan redirect permalink lama ke permalink baru, yaitu mengalihkan URL artikel lama ke URL artikel baru dengan memanfaatkan fitur Custom Redirects dari blogger. Sehingga ketika pengunjung menemukan artikel kamu di mesin pencarian google, maka pengunjung akan dialihkan ke artikel dengan permalink yang baru. Dengan begitu kamu tidak akan kehilangan traffic blog,

Untuk melakukan redirect permalink blogger, berikut adalah caranya.

Cara Redirect Permalink Lama ke Permalink Baru di Blogger

1. Pada dashboard blogger, pilih menu Setting, pilih Search Preferences dan pilih edit pada Custom Redirects.

Redirect Permalink Blogger Agar Tidak Kehilangan Traffic

2. Masukan permalink lama pada kolom from dan permalink baru pada kolom to.

Masukan Permalink Lama dan Baru pada Custom Redirects

Yang perlu kamu perhatikan adalah kamu cukup memasukan URL belakangnya saja, seperti contoh dibawah ini:

Link Lama: https://namadomain/2020/07/pengertian-manajemen-aplikasi-dan.html

Link Baru: https://namadomain/2020/07/pengertian-manajemen-aplikasi-dan fungsinya.html

3. Setelah itu kamu bisa pilih save dan Save Changes untuk menyimpan pengaturan.

Kesimpulan:

Artikel dengan permalink lama akan otomatis mengarahkan pengunjung ke artikel dengan permalink baru. Artikel kamu akan tetap mendapatkan traffic seperti biasanya terganting pada posisi artikel kamu berada. Sekalipun artikel kamu berada di halaman pertama dan melakukan perubahan para permalink blogger, hal itu tidak akan berpengaruh.

Leave a Reply