Cara Menyimpan Gambar Dari Internet Ke Komputer

Ada berbagai macam gambar yang bisa kamu simpan dari internet ke galeri komputer atau laptop pribadi. Entah itu gambar yang bersumber dari google, sosial media, forum, atau situs penyimpanan gambar gratis dengan kualitas tinggi.

Salah satu sumber yang digunakan oleh banyak orang dalam mencari dan menyimpan gambar dari internet ke komputer atau laptop adalah google. Karena saat ini, google merupakan sumber data terluas yang ada di internet.

Berbagai data di internet bisa dengan mudah kamu cari dan gunakan, salah satunya adalah data gambar yang bisa kamu simpan secara gratis. Untuk beberapa kasus, gambar sangatlah dibutuhkan, seperti untuk bahan desain, dijadikan background desktop komputer atau untuk bahan pengobat rindu ketika kangen sama mantan.

Internet dan Google hanya sebagai sumber datanya saja, sedangkan gambar yang ada, beberapa milik orang lain yang telah ter-upload.m Artinya, banyak gambar gratis yang bisa kamu temukan, tetapi ada juga gambar yang mengharuskan kamu membayar terlebih dahulu untuk menggunakannya, dan ada juga yang sifatnya privasi dan harus meminta izin terlebih dahulu apabila ingin menggunakannya.

Tapi tenang saja, gak perlu bingung atau khawatir memikirkan gambar mana yang sekiranya bisa kamu pakai. Karena hampir semua gambar yang ada di internet itu memang gratis.

Selagi gambar tersebut tidak digunakan untuk kepentingan perusahaan, jurnalis, editor atau penulis, yah sah-sah aja dipakai. Tapi kalo udah berurusan sama pekerjaan, biasanya ada tata kerama dalam menggunakan gambar di internet, yaitu meminta izin dan mencantumkan sumbernya.

Cara Menyimpan Gambar Dari Internet Komputer dan Laptop

1. Pertama, buka web browser. Kamu bisa menggunakan google chrome, mozila firefox, dan lain sebagainya.

2. Setelah itu buka www.google.com dan ketik kata kunci gambar yang ingin kamu cari. Sebagai contoh, misalkan saya mengetik “Gambar Hello Kitty” dan tekan Enter.

Cara Mencari Gambar di Google Untuk Disimpan ke Galeri Komputer atau Laptop

3. Lalu akan tampil beberapa gambar yang sedang kamu cari. Untuk melihat lebih banyak gambar, klik menu Gambar di Google.

Menyimpan Gambar Dari Internet ke Komputer atau Laptop

4. Selanjutnya, kamu hanya perlu mencari dan memilih gambar yang ingin kamu simpan. Jika sudah, klik kanan gambar tersebut menggunakan mouse, atau apabila menggunakan laptop, klik kanan pada trackpad dan pilih save images.

Cara Menyimpan Gambar Dari Internet Lewat Komputer atau Laptop

5. Kemudian, pilih lokasi penyimpanan gambar dan berikan nama. Kalo sudah, klik save.

Pastikan juga format gambar yang kamu pilih adalah JPEG/JPG/PNG. Kamu juga bisa menyimpan gambar menggunakan format lain dengan memilih “All Files” pada “Save as Type”, dan tambahkan format gambar yang kamu inginkan dibelakang gambar tersebut.

Mengganti Format Gambar Yang Ingin Disimpan

Setelah mengikuti cara diatas, maka gambar akan otomatis tersimpan ke galeri komputer atau laptop berdasarkan lokasi penyimpanan yang telah kamu pilih.

Tidak hanya mengandalkan Google, kamu juga bisa menyimpan berbagai gambar dari internet ke komputer atau laptop secara gratis melalui media sosial, seperti facebook, twitter atau bahkan forum. Cara menyimpannya pun sama saja, selama gambar tersebut berada dan bisa diakses oleh internet, maka kamu bisa menyimpannya.

Tapi ada satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum menyimpan gambar dari internet ke komputer, yaitu perhatikan status gambar tersebut dan penggunaannya.

Pastikan gambar yang kamu simpan bukanlah berstatus privasi, misalkan foto orang lain dan digunakan untuk aktivitas penipuan. Maka hal tersebut akan melanggar hukum mengenai penyalahgunaan data.

Karena dunia internet itu menakutkan, terlebih lagi akan ada jejak digitalnya. Jadi gunakanlah dengan bijak segala sesuatu yang kamu dapatkan di internet. Kamu bisa meminta izin terlebih dahulu atau mencantumkan sumbernya, agar kamu bisa belajar menghargai seseorang dan kamu pun akan dihargai.

Sampai sini saya rasa cukup mengenai penjelasannya, semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Leave a Comment