Fungsi Tombol Capslock Pada Keyboard

Sebagai pengguna komputer atau laptop, tentunya kamu harus memahami fungsi-fungsi dari setiap tombol pada keyboard. Salah satunya adalah fungsi tombol Capslock yang paling sering digunakan.

Terlebih lagi buat kamu yang nanti ingin bekerja di kantoran dan pekerjaannya berhubungan dengan komputer atau laptop, seperti mengetik dan membuat dokumen.

Buat kamu yang belum tau,  fungsi tombol capslock adalah untuk merubah semua huruf yang diketik menjadi huruf kapital atau huruf besar.

Tombol capslock biasanya berada disebelah kiri keyboard, berdekatan dengan tombol CTRL, Shift, TAB dan ESC.

Kelebihan dari fungsi tombol capslock ini adalah membuat huruf yang diketik menjadi huruf besar dalam sekali tekan saja. Artinya, kamu tidak perlu menekan tombol capslock terus-menerus seperti yang dilakukan pada fungsi tombol shift, setiap kali ingin membuat huruf besar.

Jika ingin membuat hurufnya menjadi normal kembali (huruf kecil), kamu bisa menekan kembali tombol Capslock-nya.

Tombol capslock ini sedikit dispesialkan, karena diberikan lampu indikator yang menyala untuk memberi tanda bahwa tombol tersebut sedang aktif dan tidak menyala apabila tidak sedang aktif.

Cara Menggunakan Tombol Capslock

Fungsi Tombol Capslock Pada Keyboard

Huruf besar yang dibuat melalui capslock tidak boleh sembarangan digunakan, karena secara umum orang-orang mengenal penggunaan huruf besar sebagai ungkapan perasaan marah atau menggunakan nada tinggi.

Kecuali memang kamu sudah terbiasa mengetik dengan bahasa atau nada ngegas melalui ketikan kepada teman terdekat saja dan merekapun bisa memaklumi karena sudah sama-sama mengenal.

Tapi kalo sama orang yang belum terlalu dekat, bisa-bisa tersinggung dan akan memunculkan masalah baru.

Misalkan kamu menggunakan Capslock seperti ini,

“CEPETAN DONG KESININYA!”

“TUGAS UDAH SELESAI BELUM?”

“LAMA BANGET SIH JADI MANUSIA!”

Walaupun kamu merasa ketikan kamu biasa aja dan terkesan santai tanpa adanya perasaan marah, tetap saja orang lain akan memaknai-nya kamu sedang marah atau seakan-akan sedang menaikan nada bicara.

Yah intinya harus disesuaikan saja dengan kalimat yang ingin diketik dan jangan menggunakan huruf besar kalo tidak terlalu perlu banget.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai fungsi tombol capslock pada keyboard, semoga bisa bermanfaat dan dapat dipahami dengan baik.

Leave a Comment