Fungsi Tombol Shift Pada Keyboard

Buat kamu yang sering menggunakan komputer atau laptop pasti sudah sering melihat seperti apa tombol shift itu. Tapi taukah kamu, apa fungsi tombol shift pada keyboard yang digunakan untuk mengetik tersebut?

Fungsi tombol shift pada keyboard adalah untuk membuat huruf yang ingin diketik menjadi kapital (huruf besar) secara manual dan juga untuk menginput simbol yang berada dibagian atas tombol atau angka pada keyboard.

Berbeda dengan fungsi tombol capslock yang bisa membuat huruf kapital hanya dengan sekali tekan saja. Dengan shift, kamu harus menekannya setiap kali ingin menuliskan huruf kapital.

Itu adalah berdasarkan penggunaan untuk mengetik saja. Disatu sisi, untuk beberapa kasus berdasarkan penggunaannya dalam aplikasi komputer, tombol shift berfungsi untuk membuat suatu objek memiliki ukuran atau bentuk sejajar apabila ingin menggeser, memanjangkan, atau ingin mengecilkan dan membesarkannya.

Misalkan ingin membuat bentuk lingkaran yang sempurna di aplikasi Photoshop, cukup dengan menekan tombol shift, lalu tarik kursor hingga membentuk lingkaran.

Cara Menggunakan Tombol Shift Pada Keyboard

Fungsi tombol shift pada keyboard tidak bisa bekerja sendirian. Untuk menggunakan tombol Shift, harus dikombinasikan dengan tombol lainnya. Misalkan kamu ingin membuat huruf A menjadi kapital, kamu harus menekan tombol shift + A secara bersamaan.

Sedangkan untuk memasukan simbol ke dalam komputer, misalkan simbol !. Kamu perlu menekan tombol kombinasi CTRL + 1 secara bersamaan. Karena simbol ! berada diatas atau di dalam tombol keyboard angka 1.

Contoh lainnya yaitu tombol kombinasi antara Shift + Enter, hasilnya akan menciptakan paragraf baru.

Tombol Shift memungkinkan keyboard bekerja secara multifungsi, kalo tidak seperti itu maka saat ini keyboard memiliki banyak tombol untuk menjalankan setiap tugasnya dan sudah pasti menjadi hal yang merepotkan karena tidak efesien.

Menekan tombol shift sendirian pun tidak akan menghasilkan perintah apapun, kecuali menekannya dengan tombol lain atau menekannya secara terus menerus yang nantinya akan muncul notifikasi sticky keys.

Sampai sini saya rasa sudah cukup penjelasan mengenai fungsi dan cara kerja tombol shift. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Nah, itu dia penjelasan mengenai fungsi tombol shift pada keyboard komputer atau laptop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Leave a Comment