Program Python Pengecekan Kata Palindrom

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat program sederhana python yaitu pengecekan kata palindrom. Dikutip dari Wikipedia, Palindrom adalah sebuah kata, frasa, angka maupun susunan lainnya yang dapat dibaca dengan sama baik dari depan maupun belakang (spasi antara huruf-huruf biasanya diperbolehkan).

Sederhananya, jika kamu memiliki sebuah kata dan apabila kata tersebut dibaca dari depan ataupun belakang memiliki pengejaan yang sama, maka kata tersebut adalah kata Palindrom.

Baca Juga: Cara Membuat Deret Fibonacci Di Python

1. Contoh Pertama Kata Palindrom:

L (1)
E (2)
V (3)
E (4)
L (5)

Jika dibacanya mulai dari angka 1 sampai 5, maka akan menghasilkan kata “LEVEL”. Tetapi, jika dibacanya mulai dari angka 5 sampai 1 maka sama saja akan menghasilkan kata “LEVEL”.

2. Contoh Kedua Kata Palindrom:

Never Odd Or Even = (Neve r)-(o DD)-(o R)-(even)

Jika kata yang dibaca dari depan, lalu dibaca ulang dari belakang tetapi tidak menghasilkan pengejaan yang sama, maka kata tersebut bukanlah palindrom. Dengan program ini kita akan tau, kata mana saja yang disebut dengan kata Palindrom.

Program Python Pengecekan Kata Palindrom

Contoh Program Pengecekan Kata Palingdrom Dengan Python

Untuk menjalankan program ini saya menggunakan Python versi 3.7.2 dengan text editornya yaitu PyCharm. Jika versi yang kamu gunakan berbeda dengan yang saya punya, tidak ada salahnya mencoba dengan versi Python yang kamu gunakan.

Nah itu dia cara membuat program pengecekan kata palindrom dengan Python, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply