Mengenal Apa Itu E-Money Beserta Contohnya

Mengenal Apa Itu E-Money Beserta Contohnya

Semakin ke sini, era digital memang semakin menguasai segala bidang. Bahkan, sudah banyak merambah ke bidang keuangan.

Sedangkan salah satu istilah yang akhirnya muncul adalah E-Money dan tentunya sejauh ini Anda pun sudah banyak mendengarkan.

Nah, untuk Mengenal apa itu E-Money lebih jauh, berikut adalah ulasan mengenai pengertian E-Money dan Jenis-Jenis E-money yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Berbagai Jenis E-Money di Indonesia

Mengenal Apa Itu E-Money Beserta Contohnya

Pengertian E-Money

Pengertian E-Money

E-money ini biasa juga di sebut dengan uang elektronik yang bisa membantu pembayaran setiap orang secara online.

Uang elektronik ini sendiri merupakan jenis uang yang tersimpan dalam sebuah sistem.

Katakan saja sejenis chip atau server. Di Indonesia sendiri, E-Money adalah salah satu hal yang sangat bermanfaat karena selain pembayaan online, juga akan mudah menyimpan uang.

Daftar Jenis E-Money Di Indonesia yang Di Sediakan Bank

Daftar Jenis E-Money Di Indonesia yang Di Sediakan Bank

Sebenarnya ada banyak sekali yang menyediakan E-Money di Indonesia yang berlatar belakang dari Bank. Dan diantaranya ada beberapa bank terkenal masuk dalam daftar tersebut, yakni Mandiri, BCA dan BNI. Sedangkan ulasan lebih lanjutnya, sebagaimana berikut.

1. Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu Bank yang  banyak peminatnya di Indonesia. Dan di Bank ini ada juga E-Money yang tersedia dalam beberapa jenis. Yang pertama adalah Indomart Card untuk belanja di Indomart, GazCard yang bisa di gunakan membeli bahan bakar minyak di pertamina, dan yang ketiga adalah  E-Toll yang akan mempermudah akses tol Anda dengan kartu ini.

2. BCA

Tidak hanya bank Mandiri, Bank BCA juga menyediakan E-Money dalam dua jenis yang berbeda, yakni Flazz dan Sakuku. Jika berbicara mengenai E-Money dalam bentuk kartu, bisa di katakan bahwa Flazz adalah yang pemimpin diantara yang lain. Sedangkan untuk Sakuku, pembayaran bisa di lakukan menggunakan smartphone dengan scan kode QR.

3. BNI

BNI juga menyediakan E-Money yang bisa di manfaatkan siapa pun pula tanpa terikat harus menjadi nasabahnya. Dalam hal ini E-Money BNI memang hanya ada satu saja yang bisa di gunakan untuk berbagai fungsi. Namanya adalah Tapcash yang sudah di luncurkan seja tahun 2015. Tentu saja penggunaannya sama denagn beberapa E-Money yang lain.

Daftar Jenis E-Money Di Indonesia Yang Di Sediakan Operator Seluler

Tidak hanya terbatas pada bank saja, di sini operator seluler beberapa juga memiliki E-Money. Diantaranya seperti operator yang sudah terkenal di berbagai penjuru, yakni telkomsel.

Selanjutnya ada juga di Indosat Ooredo yang tidak kalah tenar dan yang terakhir adalah XL. Nah, berikut ini merupakan ulasan terkaitnya.

1. Telkomsel

Telkomsel memiliki layanan E-Money yang bernama Tap cash. Dengan Tap cash ini, pengguna bisa melakukan pembayaran dengan teknologi NFC. Jadi, jika Anda sudah memiliki smartphone yang support teknologi ini, langsung saja gunakan layanan penuh kemudahan tersebut. Terutama bagi yang tinggal di jabodetabek dan sekitarnya.

2. Indosat Ooredo

Tak hanya telkomsel, Indosat yang penggunanya juga tak kalah banyak ini juga sudah memiliki E-Moneynya yang di sebut dengan dompetku. Layanan ini bisa Anda dapatkan dengan akses pada *789#. Nah, setelah berhasil mengaksesnya Anda bisa nikmati banyak sekali layanan yang di sediakan.

3. XL

Yang terakhir, E-Money dari operator seluler ini di sediakan oleh XL. Namanya adalah Tunaiku. XL Tunaiku ini sendiri memiliki sistem yang cukup mirip dengan dompetku dari Indosat. Di dalamnya Anda bisa membayar tagihan, mencairkan uang, belanja online maupun offline dan masih banyak lagi.

Leave a Comment