Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay Dan Barang Terkirim

Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay

Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay Dan Barang Terkirim –  Disini saya akan menceritakan pengalaman pertama saya membeli barang di ebay. Sebuah pengalaman menegangkan dimana baru pertama kalinya dalam hidup saya belanja online dengan toko online luar negeri dan juga mata uang luar negeri yaitu dolar.

Mungkin kamu sudah tau ya kalo Ebay adalah toko online luar negeri terbesar dimana hampir semua negara melakukan transaksi jual beli disana. Dimana untuk melakukan transaksinya kita bisa menggunakan paypal sebagai metode pembayarannya.

Dari pengalaman saya ini, saya sudah membuatkan sebuah artikel mengenai Tips Membeli Barang di Ebay agar barang aman dan cepat terkirim.

Nah langsung aja ini dia cerita saya mengenai proses pembelian barang di Ebay.

Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay

Waktu awal-awal mengerti paypal dan memiliki  saldo sebesar $100, saya iseng-iseng mencoba membeli barang di ebay. Karena waktu itu saya belum mengerti caranya mencairkan dollar ke rupiah, maka dari itu saya memutuskan untuk membelanjakannya saja.

Kebetulan barang yang saya beli adalah barang yang sedang saya butuhkan, yaitu sebuah smartphone karena smartphone yang saya miliki sudah rusak parah.

Saya membeli sebuah Smartphone android 4G LTE yang tidak terlalu bagus, tetapi menurut saya sudah cukup untuk sekedar internetan dan juga sosialisasi seperti sms dan melakukan panggilan telepon.

Smartphone yang saya beli adalah DOOGEE 5,5″ HD LTE 4G Dual SIM Mobile Smartphone 2/16GB 8MP QuadCore Android 5.1. Harganya pada waktu itu sekitar 1 Juta-an.

Pengalaman Beli HP di Ebay


Tidak lupa, saya membeli casingnya juga. Karena barang ini dari luar negeri, takutnya di Indonesia tidak ada yang menjualnya. Harganya sekitar 50 ribu-an.

Beli Kesing HP Di Ebay



Kebetulan juga barang yang saya beli tersebut sudah Free Shipping, tidak ada biaya tambahan untuk pengirimansaat melakukan pembelian tersebut. Jadi, saya membeli 2 barang yaitu Smartphone 4G LTE dan Case nya dari Seller yang berbeda tetapi masih satu negara, yaitu dari Hongkong.

Setelah memilih produk mana yang akan saya beli, saya langsung melakukan pembayaran.

Proses Penerimaan Barang


Karena ini adalah pembelian pertama saya di toko online luar negeri, tentu rasanya tegang sekali.

Saya selalu berfikir seandainya barang yang saya beli tidak kunjung datang, atau saya ditipu, atau mungkin ada kurir bule yang datang kerumah saya tapi dia gatau alamatnya.

Saya selalu berfikiran negatif dan gelisah, karena barang belum juga sampai padahal sudah memasuki minggu ke 2.

Lalu akhirnya saya mengatakan pada diri saya bahwa apabila barang tersebut tidak juga datang, saya akan mencoba ikhlas dan menjadikannya pelajaran.

Tepat pada minggu ke 3, tiba-tiba ada bapak-bapak kantor pos datang kerumah saya, kebetulan pada saat itu saya sedang berada di depan rumah bersama teman sekolah saya.

Langsung saya tanya beliau,

“Maaf pak, nyari siapa ya?”

“Lagi nyari mas Wendy, apa benar ini rumahnya?” – Tukang Pos

“Oh iya pak, saya sendiri. Kenapa ya?”

“Ini ada kiriman paket” – Tukang Pos

“Oh iya pak dengan saya sendiri Wendy Andriyan, isinya handphone kan?” 

“Oh saya kurang tau, silahkan cek sendiri aja nanti ya” – Tukang Pos

“Berapa ongkos kirimnya pak?”


“Engga ada biaya pengiriman mas” – Tukang Pos


“Baik pak, terimakasih”

Ketika saya menerima paket, saya langsung izin ke teman saya untuk ke dalam sebentar untuk membuka paket. Tapi yang bikin saya heran kok paketnya ringan banget. Padahal kan saya belinya Smartphone.

Langsung aja saya buka dan ternyata…..

Jreng… Jrengg…

Sebuah casing Smartphone yang saya terima dan bodohnya saya adalah saya lupa kalo saya membeli casing nya juga.

Tapi karena salah satu barang yang saya beli telah sampai, saya langsung optimis kalo barang selanjutnya juga akan sampai juga.

Memasuki Minggu Ketiga…

Tepat pada siang hari ketika saya dan orang tua sedang makan siang bareng, lalu ada tukang pos yang memanggil-manggil dari luar. .

Langsung aja saya tinggalkan piring saya dan bergegas mengambil paketnya.  Ternyata yang mengirim paketnya adalah bapak-bapak tukang pos yang minggu lalu mengirim casing hp.

Kali ini paketnya berbeda, terasa sedikit berat yang dibalut dengan plastik dan lakban yang super ketat.

Karena saya yakin paketnya berisi Smartphone, saya memutuskan untuk membuka paket tersebut dihadapan orang tua saya sekaligus ada niatan untuk pamer hehe…

Setelah dibuka dan ternyataaa….

Jrenggg…. Jreengggg…


Sebuah smartphone yang masih disegel, dengan bau produk baru yang khas.

Kedatangan Smartphone Yang Dibeli Dari Ebay

Saya sangat bersyukur karena barang yang saya pesan dari luar negeri akhirnya sampai dengan keadaan tanpa lecet sedikitpun. Dan hal ini adalah pengalaman teristimewa berbelanja di situs luar negeri dan bertransaksi dengan penjual luar negeri.

Segera saya membuka situs ebay untuk berterimakasih kepada penjual karena telah mengirimkan barangnya dengan baik dan juga saya memberikan positif feedback atau ulasan positif yang baik mengenai seller tersebut.

Kesimpulan:

1. Ebay menurut saya adalah situs jual beli produk antara negara yang sangat mudah, aman dan terpercaya. Ebay juga memiliki fitur chat langsung dengan penjual serta perlindungan terhadap pembeli jika merasa ditipu. Jadi, jika barang tidak sampai. Kita bisa melaporkannya ke Ebay atau bisa berkonsultasi dengan penjual. Maka uang kita akan dikembalikan.

2. Ebay pun memiliki desain web yang mudah dimengerti dan dipahami


3. Dan untuk mengenai barang yang saya beli ebay, tidak terkena pajak atau bea cukai apapun. Entah itu dari pihak ebay ataupun dari kantor pos, walaupun beli barangnya melebihi 50$.

Karena ada beberapa orang yang bilang, jika belanja diatas 50$ barang akan terkena pajak atau bea cukai di indonesia. Tapi nyatanya, saya bersyukur barang saya aman tanpa tersenggol pajak atau bea cukai sedikitpun.

Pengiriman ebay ke indonesia tentunya menggunakan berbagai jenis layanan, tergantung asal dari si penjual, dan setelah sampai ke indonesia, barang akan dikirimkan oleh kantor pos.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan, semoga ada pencerahan untuk kamu yang ingin beli barang di Ebay.

24 thoughts on “Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay Dan Barang Terkirim”

  1. Saya beli handphone seharga $89 + case $5 total $94 dollar dan sampai tanpa pajak beacukai atau pajak kirim dari tukang pos, gratis. Tapi, saya pesan barang kedua dari ebay yaitu laptop android seharga $50an tetapi diminta pajak beacukai sebesar 7rb dan kita harus ngambil sendiri ke kantor pos yang sebelumnya sudah diberi tahu melalui surat dari pak pos.

    Jadi initinya, jika barang beratnya kira kira lebih dari 1kg, kemungkinan ada pajak beacukainya 🙂

    Reply
  2. Untuk saat ini berat dan ukuran barang ditentukan oleh blanjadotcom. Coba bayangkangkan pasta procesore seharga 3 us dollar lewat ebaydotblanjadotcom jadi Rp. 1,474,800. Lama pengiriman sekitar 2 bulanan. Kapok dah

    Reply
  3. gan mau tanya, saya nggak punya paypal.. kalo belanja di ebay pakai kartu kredit gt bisa kah? ato mungkin bisa dishare cara belanja di ebay pake kartu kredit? thanks.

    Reply
  4. Paypal itu wadah tempat menampung mata uang luar negeri yang berbentuk digital.internet. Untuk penggunaan kartu kredit setau saya sih gabisa. Kecuali, masnya minta jasa membeli barang dari ebay dan mas hanya perlu membayar jasa tersebut.

    Sepertinya untuk jasa pembelian ebay sudah banyak sekarang namun harus berhati-hati juga ya 🙂

    Reply
  5. gan mau tanya, saya stelah pembayaran lewat kartu kredit ko tidak ada nmer trackingnya yah? lngsng cman tulisan "Thanks Your Order Has Been Placed 1 item" udah ga ada nmer trackingnya
    mohon pencerahanya gan

    Reply
  6. Gabisa langsung ada nomor trackingnya mas. Biasanya sih nunggu seminggu baru ada dan muncul di list belanja yang sudah dibeli, tergantung sellernya juga sih.

    Dan untuk tracking number juga, ga semua pembelian di ebay mendapatkan tracking number loh.

    Dalam seminggu atau paling lama 2 minggu jika tidak mendapatkan tracking number, mas bisa bertanya langsung ke sellernya. Nanti akan dijawab kok biasanya 🙂

    Reply
  7. Biasanya tertera pada ebaynya gan, Misalkan agan beli barang sebesar 10$ dan disana tertera pajaknya yang bertuliskan (Import Charge) dan kalo agan beli barang dan sudah beserta Import Chargenya. Maka agan tinggal nunggu aja paketnya dirumah sampai tanpa memikirkan pajak dikantor pos.

    Tapi kalo tanpa import charge untuk harga diatas 100$ menurut saya akan kena beacukai dan agan akan menerima surat yang dikirim ke agan untuk mengambil paket tersebut.

    Kurang lebih seperti itu gan 🙂

    Reply
  8. Gan mau tanya saya kan ada niat mau beli barang di ebay harganya 140 poundsterling.barang dari negara lithuania tapi di situ ga ada pajaknya.trus sya chat sama sellernya dia juga ga tau mengenai pajak di negara kita.jd kan saya bingung gan..dia cuma bilang freeshipping.sampe di rumah.tp kan saya takut pajaknya lbh besar.karna barang ter sebut beratnya -+ hampir 3kg.mohon informasinya gan

    Reply
  9. Free shipping itu artinya tidak ada biaya tambahan gan dari sananya, jadi sudah ditanggung dari sana. Untuk Beacukai, kemungkinan dengan berat yang melebihi 3kg agan bisa kena beacukai yang lumayan. Bisa agan cari di google hitung-hitungan beacukainya.

    Dari pengalaman saya sih saya dua kali beli barang, yaitu HP dan Laptop Android, Disatu sisi Laptop dan HP yang saya beli harganya tinggian HP sedangkan Laptop harganya rendah dibawah HP. Tetapi yang kena pajak malah yang Laptop tersebut. Kurang lebih 1kg beratnya dan kena cukai cuma 7 rb 🙂

    Reply
  10. Setau saya pajak di bea cukai bukan ditentukan dari berat barang gan, tapi dari harga barang yang tertera di kwitansi. Jadi tergantung sellernya, kalau dia ngerti pasti di kwitansi pembeliannya dikasih harga murah dibawah $50 supaya tidak kena pajak. Tapi kalau di kwitansinya dikasih harga aslinya yang diatas $50 ya pasti kena pajak (hitung2annya silakan gooling aja).
    Pengalaman saya beli sepatu di ebay yang barangnya dikirim dari German, harga sekitar 70 Euro (sekitar Rp 1,2 juta), begitu sampai di kantor pos, masuk ke bea cukai dan kena pajak sekitar Rp 400 ribu.
    Tetapi saya pernah dikirimin majalah dari Arizona USA, barang tetap ambil di kantor pos, kita cuma dapat surat panggilan bahwa ada kiriman dari USA. Dan dikenai biaya Rp 7.000,-
    Setahu saya, biaya Rp 7.000 itu hanya untuk biaya repacking, karena bea dan cukai selalu membuka dan memeriksa semua barang yang masuk.
    CMIIW

    Reply
  11. met sore mas Wendy, saya mau tanya nih kebetulan pengen coba belanja online via ebay juga.

    saya baru signup paypal, lalu bagaimana cara mengisi saldo paypal nya ?
    kedua, kartu debit/kartu kredit kita kan rupiah, kurs yg dipakai US$, bisa tolong dijelaskan dgn penglaman mas Wendy ?
    ketiga, saldo paypal minimal harus ada berapa ?
    keempat, bagaimana cara bayar pakai paypal, apakah sama seperti bayar pakai kartu kredit ?

    terimakasih mas Wendy.

    Reply
  12. Menurut saya, paypal kan rekening digital, tentu uangnya digital pula. Yang membedakannya itu hanya kurs atau mata uangnya saja.

    1. saya baru signup paypal, lalu bagaimana cara mengisi saldo paypal nya ?
    Jawab:
    Cara mengisinya bisa dengan menggunakan jasa jual beli saldo paypal, jadi nanti uang asli yang kita miliki kita tuker dengan dollar sesuai dengan kesepakatan antara si pembeli dan si jasa.

    Cara alternatifnya adalah kamu bisa mengikuti program periklanan yang ada di internet untuk menghasilkan dollar. Mungkin jika saya sempat akan saya buatkan situs mana saja yang bisa dijadikan untuk menghasilkan uang.

    2. kedua, kartu debit/kartu kredit kita kan rupiah, kurs yg dipakai US$, bisa tolong dijelaskan dgn penglaman mas Wendy ?
    Jawab :
    Dari pengalaman saya dan dari apa yang saya ketahui, ebay kan situs luar negeri atau semacam amazon juga tuh, ga mungkin kalo kita pake kartu debet atau keredit negara kita kan? soalnya kan jual beli internasional hehe jadi musti pake uang digital semacam dollar ini yang ada di paypal.

    Waktu saya beli smartphonesaja di ebay, saya belum punya rekening. Karena bingung dollar yang saya punya mau diapakan, saya mencoba beli smartphone dengan pembayaran paypal. Saya waktu itu hanya daftar akun ebay saja dengan mencantumkan nama alamat untuk pengiriman dan alhamdulilah dalam jangka waktu sebulan barang sudah sampai. Mungkin karena saya beli di hongkong kali ya yang dekat dengan indonesia hehe.

    3. ketiga, saldo paypal minimal harus ada berapa ?
    Jawab :
    Saldo paypal ga ditentuin kok, tapi ada yang bilang kalo paypalnya belum verifikasi ada semacam batasannya. Terakhir kali saya megang dollar itu sebancak $100 tepat saya mencoba beli smartphone di ebay. Dan tidak ada notifikasi batasan atau lainnya padahal paypal saya belum verifikasi karena saya sendiri belum mengerti caranya hehe.

    4. keempat, bagaimana cara bayar pakai paypal, apakah sama seperti bayar pakai kartu kredit ?
    Jawab :
    Hampir sama, hanya lebih mudah paypal kalo menurut saya. Jika akun paypal sudah ada saldonya, dan kita ingin membeli sesuatu yang cukup dengan saldo paypal kita. Kita bisa klik barang tersebut dan langsung klik buy saja. Info lengkapnya bisa tanya penjualnya bisa pake google translate.

    Jika barang dalam waktu 1 bulan belum sampai, coba tunggu sampai 10 hari setelah 1 bulan lewat. Jika barang belum sampai dan seller tidak merespon. Kita bisa mengadukannya ke paypal dan ebay sehingga uang bisa kembali lagi.

    Mungkin hanya itu yang bisa saya jawab, jika saya ada salahnya bisa teman-teman lainnya koreksi. Karena saya berkata hanya sesuai pengalaman saja hehe. Semoga membantu ya 🙂

    Reply
  13. Mas saya bingunh cara menggunakan paypal padahal saya ingin banget belanja baju bayi utk anak saya di situ patpatshopping tp pembayarannya harus menggunakan paypal sdgkan sy sm skali tdk tahu cara menggunakannya.. apakah mas bs mmpunyai solusi utk saya.. trimd

    Reply

Leave a Comment