Pengertian Attachment dan Fungsinya Pada Email

Pengertian Attachment dan Fungsinya Pada Email

Pengertian Attachment Pada Email dan Fungsinya Attachment merupakan bagian dari email yang biasa digunakan untuk mendukung pesan yang akan dikirimkan berupa dokumen atau file.

Attachment pada email ini juga sebagai salah satu alternatif cara mengirimkan dokumen atau file kepada seseorang melalui jarak jauh.

Dalam bahasa Indonesia, Attachment artinya “Lampiran”. Dengan kata lain, adanya Attachment ini untuk melampirkan sebuah dokumen atau file.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasannya.

Pengertian Attachment

Attachment adalah fasilitas yang disediakan oleh email untuk melampirkan file atau dokumen yang dikirimkan bersama pesan yang kita tulis di email.

Penggunaan Attachment atau lampiran juga tidak sembarangan loh, kalo gak perlu-perlu amat yah gak usah dipakai.

Contohnya penggunaan Attachment misalkan, mengirimkan tugas ke guru atau dosen, mengirim file lamaran kerja, mengirim laporan kerja ke atasan atau teman kerja, mengirim file ke sesama teman dan lain sebagainya.

Jadi sekiranya pesan tersebut butuh memperlihatkan dokumen atau file, disitulah Attachment harus digunakan.

Fungsi Attachment

Attachment dalam email berfungsi untuk mengirimkan file beserta pesan yang ditulis pada email yang bertujuan agar pesan yang di kirimkan melalui email lebih lengkap karena disertakan dengan lampiran.

Contoh penggunaan Attachment, misalkan saya akan mengirimkan email ke dosen perihal skripsi.

Yang saya tandai warna merah adalah file lampiran saya, yaitu file doc atau microsoft word, sedangkan yang saya tandai warna biru adalah cara untuk melampirkan file ke dalam email.

Dokumen atau file yang dilampirkan bisa berupa gambar, doc (Microsoft Word), ppt (Power Point), file rar, musik, video dan lainnya.

Nah, kurang lebih begitulah pengertian Attachment, fungsi Attachment dan cara menggunakan Attachment. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *